kamera mirrorless atau dslr
shutterstock_2061660221-min
  • Home
  • Fotografi
  • Bagusan Kamera Mirrorless atau DSLR ? Pecahkan Jawabannya
Fotografi

Bagusan Kamera Mirrorless atau DSLR ? Pecahkan Jawabannya

Bingung ya memilih kamera mirrorless atau DSLR? Keduanya memiliki daya tariknya sendiri, tetapi mana yang lebih unggul?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari mengeksplorasi lebih detail untuk membantu kamu membuat keputusan yang cerdas dalam memilih kamera yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.

Bingung Pilih Mirrorless atau DSLR ?

lebih baik kamera mirrorless atau dslr
shutterstock_2035621616

Portabilitas dan Ketahanan

  • Kamera Mirrorless: Dengan ukuran dan bobot yang ringan, kamera mirrorless sangat nyaman dibawa ke mana saja. Ideal untuk perjalanan dan pemotretan sehari-hari.

 

  • Kamera DSLR: Meskipun lebih berat, kamera DSLR menawarkan kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Sehingga cocok untuk pengambilan gambar di lingkungan yang lebih ekstrem.

Fungsi Live View dan Lensa/Aksesori

  • Kamera Mirrorless: Meskipun pilihan lensa dan aksesori lebih terbatas, kamera ini hadir dengan fungsi Live View, sehingga memungkinkan kamu untuk melihat hasil foto melalui layar LCD atau viewfinder elektronik. Dengan fitur ini, kamu dapat dengan cepat menyesuaikan pengaturan dan komposisi foto.

 

  • Kamera DSLR: Meskipun tidak memiliki fungsi Live View, kamera DSLR menawarkan pilihan lensa yang lebih luas dan aksesori yang melimpah. Dengan berbagai macam lensa, kamu dapat mengeksplorasi berbagai jenis fotografi maupun menciptakan efek foto yang unik.

Performa Fokus Otomatis dan Pengaturan Manual

  • Kamera Mirrorless: Kamera ini menonjol dalam sistem fokus otomatis yang cepat dan responsif. Ideal untuk menangkap momen bergerak dalam sekejap. Selain itu, kamera ini cocok untuk fotografer pemula yang ingin mengambil kendali penuh atas pengaturan kecepatan rana, bukaan, dan ISO.

 

  • Kamera DSLR: DSLR menawarkan genggaman yang nyaman. Apalagi dengan tombol-tombol yang intuitif, kamu dapat dengan mudah mengakses pengaturan manual. Pada beberapa jenis kamera ini, juga terdapat sistem fokus otomatis yang canggih untuk mengambil objek bergerak secara presisi.

Harga Kamera mirrorless dan DSLR

Harga kedua jenis kamera ini bervariasi tergantung pada merek, model, dan spesifikasi yang kamu pilih. Namun, secara umum, kamera mirrorless cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada DSLR dengan spesifikasi yang setara.

Hal ini terjadi karena teknologi canggih yang ditanamkan dalam kamera mirrorless, seperti sensor gambar yang tinggi dan sistem fokus canggih. Namun, jika mencari spesifikasi lebih sederhana, maka kamu bisa menemukan kamera dengan harga lebih rendah

Namun, DSLR dengan spesifikasi yang serupa cenderung lebih terjangkau. Alasannya, karena teknologi DSLR telah ada lebih lama dan memiliki banyak pengguna.

Dalam hal ini, kamu memiliki peluang lebih besar untuk menemukan kamera yang sesuai dengan anggaranmu. Terlebih lagi ada banyak pilihan model kamera yang tersedia, sehingga kamu dapat  mendapatkan kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jadi lebih baik kamera mirrorless atau DSLR?

bagus mana kamera dslr atau mirrorless
shutterstock_644414635

Saat memilih antara kamera DSLR dan mirrorless perhatikan faktor harga dan manfaat sebagai pertimbangan utama dalam pengambilan keputusanmu.

Jika kamu memiliki anggaran terbatas, DSLR bisa menjadi pilihan yang lebih menguntungkan. Namun, jika kamu punya fleksibilitas anggaran dan ingin teknologi terkini dengan desain yang ringkas, kamera mirrorless bisa memberikan manfaat lebih.

Namun, tetap keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Penting untuk membandingkan beberapa model kamera dari kedua jenis ini sebelum membuat keputusan akhir. Perhatikan spesifikasi, fitur, performa yang sesuai dengan gaya fotografi yang kamu inginkan.

Setelah kamu memilih kamera yang cocok, dunia menanti untuk melihat karya-karya fotografi yang kamu hasilkan dengan menjadi Kontributor Shutterstock

Sebagai salah satu platform stock foto terbesar di dunia, Shutterstock menawarkan peluang luar biasa bagi fotografer untuk mendistribusikan dan menjual karya mereka kepada jutaan pengguna di seluruh dunia yang datang dari ragam industri bisnis. Yuk, gabung sekarang juga

Related posts

7 Aksesoris Kamera DSLR Untuk Pemula dan Fungsinya

Admin Original

Mengupas Perbedaan Antara Fotografi dan Fotografer Dalam Industri Kreatif

Admin Original

17 Jenis Anjing Fotogenik Untuk Objek Fotografi

Admin Original

Ragam Citarasa 15 Menu Takjil Untuk Dibagikan

Admin Original

Apa Perbedaan Gambar Berlisensi dan Gambar Tanpa Lisensi

Admin Original

Cara Mencari Sumber Foto Asli dan Terverifikasi

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp