Teknik fotografi
shutterstock_1678596028
  • Home
  • Fotografi
  • Level Up Kreatifitasmu Dengan 10 Teknik Fotografi Kreatif Ini
Fotografi

Level Up Kreatifitasmu Dengan 10 Teknik Fotografi Kreatif Ini

Bosan dengan teknik fotografi yang itu itu saja, dan ingin mengekspresikan atau meningkatkan kreativitas dengan cara baru?

Jangan khawatir! dalam informasi menarik dari RizVisual kali ini, kamu akan menemukan 10 teknik fotografi kreatif yang bisa dicoba pada tahun 2023. Mulai dari teknik long exposure hingga infrared photography, yang akan memberikan inspirasi bagi kamu untuk mendorong batas kreatifitasmu ke level berikutnya.

Teknik Teknik Fotografi Kreatif

Multiple Exposure Photography

Multiple Exposure Photography
shutterstock_1134647393

Multiple exposure photography adalah teknik fotografi yang menggabungkan beberapa gambar menjadi satu foto. Untuk melakukannya, kamu bisa mengambil beberapa foto dari objek yang sama atau dengan menggabungkan gambar dari objek yang berbeda. Sehingga, menghasilkan sebuah kompilasi foto unik yang mengagumkan.

Drone Photography

Drone Photography
shutterstock_1890120610

Drone Photography  semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Alasannya sendiri karena dengan drone, kamu bisa mengambil gambar pemandangan dari ketinggian yang mustahil didapatkandengan teknik fotografi pada umumnya. Jadi di tahun 2023, cobalah untuk memasukan drone photgraphy ke dalam portofolio agar memberi warna yang berbeda.

Light Painting

Light painting Photographer
shutterstock_1678596028

Salah satu teknik fotografi yang menggunakan eksposur panjang untuk menangkap gerakan cahaya. Hal ini bisa bisa dilakukan dengan memindahkan sumber cahaya ke depan kamera atau dengan menggunakan flash jarak jauh. Hasilnya karya dengan sentuhan unik seperti foto surreal dan penuh warna akan menjadi salah satu karya ikonikmu.

Tilt-Shift Photography

Teknik fotografi
shutterstock_1105315604

Teknik fotografi kreatif yang memanipulasi fokus dan perspektif gambar, sehingga menciptakan ilusi dunia mini atau memperbesar kedalaman bidang pada objek foto. Kuncinya terletak pada pengaturan yang tepat, sehingga kamu bisa mengubah objek sederhana menjadi mahal.

High-Speed Photography

High-Speed Photography
shutterstock_192884369

Sesuai namanya dengan teknik High-speed photography, kamu harus bisa menangkap objek yang bergerak dengan sempurna. Tips untuk mengambil foto dengan teknik ini adalah menggunakan shutter speed cepat dan flash untuk menghasilkan foto epik.

Jangan khawatir jika belum berhasil pada percobaan awal, karena memang diperlukan latihan dan pengalaman hingga akhirnya kamu bisa menangkap gambar yang dinamis dan mengasyikkan.

Macro Photography

Teknik fotografi Makro
shutterstock_1821875063

Ingin memiliki portfolio bernilai tinggi, cobalah Macro photography yang memiliki tantangan tersendiri bagi setiap fotografer. Karena, kamu harus bisa menangkap objek foto berukuran kecil dan halus secara jelas.

Dalam pengaplikasiannya, gunakan lensa khusus macro atau tabung ekstensi untuk memperbesar hasil foto, menangkap detail-detail rumit maupun menciptakan gambar yang menakjubkan.

Lens Flare Effect

Lens Flare Effect
shutterstock_2029383599

Lens flare effect adalah teknik memotret untuk memberikan efek kreatif, yang terkadang dianggap sebagai kesalahan karena hasil foto menonjolkan elemen garis atau titik.

Efek ini terjadi saat kamu memotret langsung ke sumber cahaya terang, seperti matahari atau lampu sorot. Sehingga menghasilkan efek bervariasi, seperti cahaya yang memanjang seperti garis-garis, hingga titik-titik terang yang tersebar. Sentuhan unik inilah yang memberikan nuansa artistik dan dramatis pada gambar.

Unconventional Framing

Unconventional Framing
shutterstock_423135895

Unconventional framing adalah teknik fotografi yang mendobrak setiap aturan komposisi konvensional. Sebab, para fotorgafer harus memotret objek dari sudut yang tidak biasa atau menggunakan benda-benda di sekitar objek sebagai bingkai. Dengan teknik framing yang tidak biasa, kamu akan menciptakan gambar menarik dan penuh kejutan.

Long Exposure Photography

Long Exposure Photography
shutterstock_1983796754

Dalam teknik fotografi Long exposure, kamu harus menggunakan shutter speed lambat untuk menangkap gerakan yang terlihat dramatis pada foto, seperti air yang tampak mengalir seperti sutra atau awan yang terlihat melintas di langit. Berani coba?

Infrared Photography

Teknik fotografi Infrared Photography
shutterstock_174449009

Di tahun 2023 ini, Infrared photography menjadi salah satu teknik untuk menangkap cahaya kasat mata  dengan menggunakan filter infrared. Untuk hasil akhirnya kamu akan mendapatkan karya yang unik dan penuh dengan warna yang menarik. Meskipun teknik ini agak sulit untuk dilakukan, hasil akhirnya akan membuat kamu terkesan.

Itu adalah 10 teknik teknik fotografi kreatif yang bisa bisa kamu coba pada tahun ini. Setiap teknik ini menawarkan cara yang unik untuk mengekspresikan kreativitas kamu dalam fotografi. Jangan takut untuk bereksperimen dan melangkah keluar dari zona nyaman kamu di dunia fotografi. Siapa tahu, kamu bisa menghasilkan karya ikonik nan indah.

Bahkan lebih dari itu, karya kamu akan akan mendapat nilai lebih saat kamu menjualnya melalui platform mikrostok seperti Shutterstock, yuk viralkan karyamu dan jadikan hobi fotografimu menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah.

Related posts

10 Pilihan Lensa Kamera yang Menaklukkan Dunia Fotografi

Admin Original

Melanggar Batasan 6 Aturan Fotografi yang Mind Blowing

Admin Original

Serba Serbi Intentional Camera Movement Photography

Admin Original

8 Tips Sukses Memulai Bisnis Fotografi Dengan Kamera DSLR

Admin Original

Kuasai Dasar-Dasar Fotografi Ini Untuk Menjadi Fotografer Handal

Admin Original

3 Cara Ningkatin Pendapatan pasif di Shutterstock yang Sederhana & Efektif

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp