Apa itu Shutterstock
shutterstock_174813998
  • Home
  • Shutterstock
  • Mengenal Apa Itu Shutterstock: Platform Visual yang Menyulap Industri Kreatif
Shutterstock

Mengenal Apa Itu Shutterstock: Platform Visual yang Menyulap Industri Kreatif

Bicara soal Shutterstock tentunya selalu banyak cerita menarik dan ragam pertanyaan yang muncul. Mulai dari Apa itu Shutterstock, sejarah, siapa pendirinya hingga fakta lainnya yang menarik perhatian.

Nah, untuk melihat sederet keajaiban itu, mari lihat seluruh infonya di bawah ini

Bagian 1: Sejarah Kelahiran Shutterstock

Jon ORINGER
shutterstock_501004900

Dalam tahun-tahun awal berdirinya, Shutterstock hanya sekadar impian seorang fotografer dan pengusaha yang visioner. Namun, dengan tekad serta semangat platfrom mikrostok ini berhasil menghadapi tantangan yang ada.

Berikut adalah perjalanan luar biasa perusahaan ini yang akan menginspirasi

Dari Impian Jadi Nyata

Ketika fikiran dunia masih terbelenggu oleh batasan, pada tahun 2002 seorang pemberani bernama Jon Oringer muncul.

Seorang fotografer dan pengembang perangkat lunak, membuka jalan bagi para kreator untuk mengekspresikan diri maupun menyampaikan pesan melalui gambar-gambar yang menakjubkan.

Dengan menggabungkan keterampilan fotografi serta teknologi, ia telah melahirkan gagasan inovatif yang  mengubah dunia.

Melompati Rintangan

Dengan bermodalkan 3000 koleksi foto pribadi dan US$ 10.000, Jon Oringer, memulai perjalanan pertamanya dengan menawarkan hasil karyanya melalui sebuah website sederhana yang menjadi cikal bakal Shutterstock.

Langkah inilah yang menjadi gebrakan bagi seluruh pelaku industri di berbagai belahan dunia. Bahkan dalam perjalanannya, dengan koleksi yang terus bertambah yang berkolaborasi dengan inovasi teknologi, platform mikrostok Shutterstock terus melampaui batasan dalam dunia visual.

Eksplorasi dan Pertumbuhan

Melangkah maju dengan langkah tegar, Shutterstock menerima pujian yang tak terbendung dari para fotografer di seluruh dunia. Pada tahun 2003, tonggak bersejarah pun tercipta ketika 30.000 foto dapat diunduh secara gratis, memberikan akses lebih luas kepada para pencinta visual.

Tak berhenti di situ, lima tahun kemudian, pintu revolusi terbuka dengan layanan berlangganan pertama dalam industri ini. Dari saat itu, platform yang menawarkan konten visual berkualitas tinggi telah menjual lebih dari 18.000.000 gambar, menjelma menjadi landasan utama yang mengubah lanskap industri fotografi.

Maka tak heran, dengan keberanian serta visi besar inilah, membawa pria yang tumbuh di Scarsdale, New York, berada di peringkat ke-41di antara 100 entrepreneur terpilih di Silicon Alley.

Bagian 2: Menelusuri Jejak Sang Pemimpin

shutterstock apa itu
shutterstock_1560906071

Perjalanan hidup Jon Oringer, pendiri Shutterstock, merupakan kisah hidup yang melibatkan ketekunan, inovasi, dan keberanian dalam meraih kesuksesannya. Mari kita mengupas perjalanan inspiratif pria yang mengubah dunia fotografi ini.

Berawal Dari Hobi

Jon Oringer, lahir pada tanggal 2 Maret 1969, tumbuh besar di Scarsdale, New York.

Rasa cintanya terhadap komputer sejak usia dini, mendorong  ia untuk mengejar pendidikan di bidang Ilmu Komputer dan Matematika di Stony Brook University, yang di mana ia meraih gelar sarjana dengan prestasi gemilang.

Namun, Jon tidak berhenti di situ. Ia terus memperluas wawasan dan pengetahuannya dengan melanjutkan pendidikan magister di bidang Ilmu Komputer di Columbia University. Dalam perjalanan ini, ia tidak hanya mengasah kemampuan teknisnya, tetapi juga menemukan kedalaman minatnya dalam fotografi.

Seiring dengan eksplorasinya di dunia fotografi inilah, Jon mulai menyadari akan kesulitan para pelaku kreatif mencari foto berkualitas tinggi untuk keperluan mereka. Masalah inilah yang mendorongnya untuk mengubah menciptakan platform inovatif Shutterstock.

Merubah Paradigma Industri Fotografi

Dalam semangat kewirausahaan, ia mulai menjual foto-foto hasil karyanya sendiri melalui sebuah website. Namun, tidak lama setelah diluncurkan, Jon mendapati tantangan baru yang sekaligus menjadi kesempatan emas bagi kesuksesannya.

Keluhan muncul karena stok foto yang tersedia di website Jon terlalu sedikit untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Karena itu, ia melihat keluhan ini sebagai peluang untuk menciptakan solusi yang lebih baik.

Dalam momen inilah, Jon mengubah model bisnisnya menjadi platform bagi para fotografer lain. Ia mengundang fotografer-fotografer talenta untuk bergabung, menjual, dan mendistribusikan karya mereka melalui Shutterstock.

Konsep marketplace yang revolusioner ini membawa perubahan besar dalam industri fotografi. Dengan semakin banyaknya fotografer yang berkontribusi, Shutterstock dapat menawarkan jutaan foto dan konten visual berkualitas tinggi kepada para industri kreatif di seluruh dunia.

Dalam perjalanan yang penuh inspirasi ini, Jon Oringer telah membuktikan bahwa tantangan dapat menjadi pendorong bagi kesuksesan.

Bagian 3: Fakta Menarik Tentang Shutterstock

Shutterstock
shutterstock_1745901473

Jika kamu bertanya apa itu Shutterstock? maka sederhananya platfrom mikrostok ini adalah surga bagi para fotografer dan sumber inspirasi tanpa batas.

Untuk mengetahui lebih baik, mari telusuri fakta-fakta menarik yang  mengungkap kehebatan platform mikrostok ini!

Sumber Konten Visual yang Tak Terbatas

Dalam era yang semakin terhubung secara visual, konten memainkan peran krusial dalam menyampaikan pesan dan membangun koneksi emosional dengan audiens.

Mengerti akan kebutuhan di atas, Shutterstock hadir sebagai sumber kekayaan visual tak terbatas bagi para fotografer dan kreator di seluruh dunia.

Inspirasi di Ujung Jari

Shutterstock telah menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia, baik itu pemilik bisnis hingga pembuat konten kreator.

Karena, memang konten visual yang tersedia di platform ini telah menjadi kekuatan pendorong di industri periklanan, media, dan penerbitan, untuk bisa menciptakan ragam karya yang tak terlupakan.

Mengubah Aturan Permainan Industri Fotografi

Tak bisa dipungkiri, kehadiran Shutterstock telah mengubah lanskap industri kreatif secara keseluruhan.

Dengan jutaan pengguna aktif, platform ini bukan saja menjadi tempat untuk menemukan konten visual berkualitas tinggi, tapi juga memberikan ruang bagi para kreator dan pengguna untuk berinteraksi, berbagi ide, dan saling menginspirasi.

Selain itu, dalam komunitas kreatif yang luas ini, mereka bisa saling mendukung, memberikan dorongan, maupun menciptakan dampak positif yang luar biasa bagi industri kreatif.

Platfrom yang Memberikan Ketenangan

Salah satu aspek yang membuat Shutterstock menjadi pilihan utama bagi para kreator adalah lisensi resmi yang mereka tawarkan.

Dalam industri kreatif, lisensi resmi adalah kunci untuk melindungi hak cipta, memastikan keamanan penggunaan konten, dan mematuhi aturan hukum yang berlaku. Dengan lisensi inilah pengguna mendapatkan perlindungan hukum yang kuat dan rasa tenang yang tak ternilai.

Kehadiran Shutterstock yang Mengubah Industri Kreatif

Industri Kreatif
shutterstock_1653839683

Melalui perjalanan inspiratif ini, kamu bisa tahu apa itu Shutterstock, dan bagaimana platfrom ini mengubah industri kreatif. Serta, membuka pintu dunia imajinasi yang tak terbatas bagi para pelaku seni dalam satu platform yang sama.

Tak hanya itu, kehadirannya juga menjembatani pengguna dengan ribuan konten visual menakjubkan yang menghidupkan imajinasi dan membawa kreativitas ke level lebih tinggi.

Ayo, buka sayapmu, lepaskan imajinasi, dan jadilah bagian dari revolusi kreatif ini. Shutterstock siap mewujudkan impianmu dan membantu kreativitasmu meraih puncak kejayaan.

Related posts

Ragam Manfaat Menggunakan Artificial Intelligence Untuk Bisnis

Cindy Halida

5 Fitur Shutterstock AI yang Bikin Edit Foto Online Mudah & Cepat

Cindy Halida

Pssst! Ini Strategi Sukses Menjadi Shutterstock Contributor

Cindy Halida

Mengupas Rahasia Data Foto yang Paling dicari di Shutterstock

Cindy Halida

Ragam Manfaat Shutterstock Bagi Pelaku Industri Kreatif

Cindy Halida

Cara Menjadi Shutterstock Contributor Dari Nol Hingga Sukses

Cindy Halida

1 comment

Cara Menjadi Shutterstock Contributor Dari Nol Hingga Sukses - Rizvisual January 8, 2024 at 9:33 pm

[…] Baca juga: Mengenal Apa Itu Shutterstock: Platform Visual yang Menyulap Industri Kreatif […]

Reply

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp