• Home
  • Lisensi
  • Batasan Shutterstock Image Subscription yang tidak banyak orang tahu!
Lisensi

Batasan Shutterstock Image Subscription yang tidak banyak orang tahu!

  • Image Subscription dilengkapi dengan Lisensi Standard Shutterstock (Standard License)
  • Batasan hak untuk menyimpan dan menggunakan konten hanya untuk satu orang
  • Tidak dapat digunakan pada media dengan visibilitas tinggi: Billboard  & Videotron
  • Tidak dapat digunakan pada produk maupun barang promosi (Merchandise)

Sejak kami ditunjuk menjadi reseller resmi untuk Shutterstock di Indonesia, Image Subscription Shutterstock merupakan plan yang paling populer digunakan oleh sebagian besar client kami.

Selain karena harganya cukup terjangkau, kualitas estetika dari konten Shutterstock yang ditawarkan melalui plan ini juga sangat baik. Di samping itu, Shutterstock masih merupakan Library terbesar di industri dengan jumlah image sebanyak 424 juta file (terhitung pada 30 September 2022). Sehingga, dengan memiliki Image Subscription, pengguna punya kemungkinan lebih besar menemukan konten yang sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan.

Kemudahan tersebut juga dilengkapi dengan perlindungan Lisensi Standard (Standard License) Shuterstock. Lisensi ini mengijinkan penggunaan tanpa batas pada media sosial dan digital (seperti pada website). Pada umumnya pengguna Image Subscription memanfaatkan sebagian besar quota Image Subscription untuk media digital, sehingga lisensi Standard sudah mencukupi kebutuhan mereka.

Namun karena cakupan Lisensi ini sangat minim, terkadang ada batasan yang banyak pengguna tidak tahu. Sehingga kebanyakan dari mereka, bingung ketika mendapatkan email himbauan dari Shutterstock untuk meng-upgrade lisensi mereka. Dan jika himbauan tersebut tidak direspon, maka account mereka beresiko untuk dibekukan untuk menghindari penyalahgunaan lisensi.

Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui batasan dari lisensi Standard pada Shutterstock Image Subscription. Dan berikut batasan-batasan yang tidak banyak diketahui pengguna (user):

Hak untuk menyimpan & menggunakan hanya untuk satu individu

Hanya ada satu orang yang bisa melisensi konten yang didownload menggunakan Image Subscription Plan

Pada salah satu pasal Terms of Service Shutterstock yang mengatur tentang ijin dan batasan penggunaan koten dengan Standard License, dijelaskan bahwa:

THIS IS A SINGLE SEAT LICENSE AUTHORIZING ONE NATURAL PERSON TO LICENSE, DOWNLOAD AND USE CONTENT. UNLESS YOU UPGRADE TO A “TEAM SUBSCRIPTION” OR “PREMIER PLATFORM” ACCOUNT, NO OTHER PERSONS (INCLUDING EMPLOYEES, CO-WORKERS OR INDEPENDENT CONTRACTORS) MAY ACCESS YOUR ACCOUNT OR USE CONTENT LICENSED THROUGH YOUR ACCOUNT.

Artinya Standard license merupakan lisensi single seat yang hanya mengijinkan satu individu/ orang untuk melisensi, mendownload dan menggunakan konten. File atau konten yang didownload tersebut tidak diperkenankan untuk dibagikan ke orang lain termasuk karyawan di perusahaan yang sama, rekan kerja ataupun pihak ketiga (outsource).

Dengan demikian Standard License cocok digunakan oleh freelancer yang biasanya bekerja sendiri, atau pada perusahaan yang hanya memiliki satu orang designer.

Namun, Standard License tidak menjamin perlindungan pemakaian yang membutuhkan kolaborasi antar anggota designer. Jika pengguna butuh agar konten dapat dibagikan ke anggota lain, maka pengguna dapat mengupgrade plan Image Subscription menjadi Team Subscription yang memberikan multi-seat archiving rights (hak menyimpan dan menggunakan konten untuk kelompok).

Tidak dapat digunakan pada media dengan visibilitas tinggi: Billboard  & Videotron

Standard License tidak melindungi penggunaan pada Billboard

Standard License sebenarnya mengijinkan penggunaan pada media cetak, hanya saja terbatas pada 500.000 eksemplar. Dan juga terbatas pada 500.000 impresi.

Sebagai contoh, pengguna dapat menggunakan konten image pada packaging / kemasan maupun poster iklan selama jumlah keseluruhan cetaknya tidak melebihi 500.000 eksemplar.

Kemudian batasan 500.000 impresi akan dinilai dari seluas apa visibilitas media yang digunakan. Pada Out of Home Media (OOH), Standard license dapat mengijinkan penggunaan pada banner ataupun poster yang mengarah ke ruang privat (seperti komplek shopping mall). Sedangkan pada Billboard dan Videotron yang pada umumnya mengarah ke ruang publik dengan visibilitas yang tinggi, Standard license belum mencukup perlindungan penggunaan tersebut.

Untuk dapat memiliki perlindungan yang sesuai untuk penggunaan pada media Billboard atau Videotron, pengguna dapat memilih lisensi Enhanced ataupun Media License.

Tidak dapat digunakan pada produk maupun barang promosi

Penggunaan pada barang promosi membutuhkan lisensi yang lebih tinggi

Walaupun dapat digunakan pada media cetak termasuk kemasan (packaging), Standard License belum cukup untuk melindungi penggunaan pada produk maupun barang promosi.

Hal ini dikarenakan, penggunaan image pada produk akan dapat memberikan dampak langsung pada nilai komersil yang dapat diterima pengguna, sehingga para kreator mengkehendaki lisensi yang nilainya lebih tinggi pula.

Oleh sebab itu, pengguna perlu mendapatkan Enhanced License atau Media License jika memerlukan konten Shutterstock untuk digunakan pada produk maupun barang promosi.

Kami harap dengan mengetahui batasan-batasan di atas, Anda dapat lebih terbantu dalam menentukan apakah Image Subscription merupakan plan yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai batasan lisensi Standard, Anda dapat menghubungi kami lewat Whatsapp ataupun email dengan mengisi form berikut:

Contact Us

Selamat berkarya!

 

Related posts

Persingkat Proses Kreatif Dengan Team Subscription Plan

Admin Original

Pilihan Shutterstock License Untuk Menjawab Segala Kebutuhan

Riz V

Mengenal Royalty Free (Bebas Royalti), Pilihan Ideal untuk Mendukung Proyek Kreatif

Admin Original

3 Resiko Besar Saat Pakai Lisensi Shutterstock yang Salah!

Admin Original

Jenis lisensi Shutterstock Apa yang Ideal Untuk Bisnis Saya?

Admin Original

Jenis Jenis Lisensi Shutterstock yang Ideal Untuk Bisnismu

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp