Konten visual
shutterstock_2146965973
  • Home
  • Marketing
  • 13 Solusi Memiliki Konten Visual Berkualitas Hemat Budget
Marketing

13 Solusi Memiliki Konten Visual Berkualitas Hemat Budget

Memiliki konten visual yang menarik dengan anggaran terbatas menjadi tantangan bagi sebagian besar bisnis. Meskipun demikian, jangan khawatir karena Riz Visual akan memberikan tips profesional untuk mengatasi permasalahan tersebut, tanpa mengorbankan kualitas dan kreativitas.

Tips Membuat atau menciptakan Konten Terbaik Dengan Budget Terbatas

solusi kreatif yang hemat budget
Shutterstock -2225142957

Step 1: Buat Perencanaan ke Depan

Perencanaan sangat penting ketika menciptakan konten visual dengan anggaran terbatas. Misalnya, buatlah konten marketing perbulan atau perminggu terlebih dahulu yang sesuai dengan tujuan, target audiens, dan pesan yang ingin disampaikan. Hal ini akan membantu kamu untuk menghindari kesalahan dan memanfaatkan konten visual semaksimal mungkin.

Step 2 : Memahami Audiens

Langkah beriktunya untuk menciptakan visual yang memikat dengan budget terbatas, yaitu memahami siapa target audiensmu. Kemudian cari tahu juga preferensi konten yang mereka sukai lebih dekat. Melalui informasi ini, kamu dapat membuat visual yang cocok dengan audiens dan meningkatkan interaksi di berbagai platform.

 Step 3: Menggunakan Stok Gambar Berkualitas tinggi

Percayakah kamu kalau menggunakan stok gambar berkualitas tinggi yang biasanya tersedia pada platfrom mikrostok seperti Shutterstock, memberikan banyak keuntungan bisnis yang melebihi biaya pembeliannya.

Mulai dari membantu untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran, memastikan konsistensi merek secara profesional, bahkan menghemat waktu dan biaya produksi karena tidak perlu mengambil foto atau merancang grafik dari nol.

Step 4 : Gunakan Team Subscription Plan

Konten visual tim
shutterstock_1687550977

Team Subscription License merupakan lisensi resmi dari RizVisual, yang memberikan akses multiseat kepada tim untuk berkolaborasi dan berbagi akses ke jutaan perpustakaan konten visual dari koleksi Shutterstock.

Dengan lisensi ini, beberapa anggota tim dapat mencari, mengunduh, dan menggunakan konten visual secara bersamaan. Di samping itu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli gambar dan video yang menjadi kebutuhan konten bisnismu. Cara ini akan menghemat biaya dan waktu, serta mempersingkat proses kreatif.

Step 5: Memanfaatkan Ulang Konten

Memanfaatkan ulang visual yang sudah ada, dapat membantu kamu menciptakan konten visual dengan gaya baru tanpa harus memulai dari nol. Misalnya, kamu dapat mengubah gambar grafik, menjadi infografis.

Alternatif lainnya, gunakan lisensi gambar yang memberikan akses tanpa batas untuk konten marketing campaignmu.

Step 6: Menggunakan Free Tools Desain

Ada beberapa tools desain gratis yang tersedia untuk membuat konten visual layaknya profesional. Di antaranya adalah Shutterstock yang menyediakan berbagai elemen desain, hingga template yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Step 7: Simple & Penuh Makna

Jika kamu hanya memiliki stok konten visual yang terbatas, itu bukanlah menjadi suatu halangan untuk membuat konten yang berkualitas. Manfaatkan sumber daya yang ada dan cobalah untuk membuat desain sederhana, minimalis namun penuh makna.

Step 8: Pilih Warna dengan Bijak

Cara lainnya untuk memiliki konten visual terbaik dengan budget terbatas adalah selalu bijak menggunakan warna. Alasannya sendiri, karena warna memiliki dampak besar pada efektivitas konten visual. Maupun memiliki efek untuk membangkitkan emosi target audiens.

Step 9: Gunakan Tipografi yang Efektif

Tipografi adalah elemen penting yang memiliki dampak besar pada efektivitas konten visual. Jadi, jangan heran meskipun visual sudah apik, namun tipografi tidak tepat seperti, sulit dibaca karena ukuran dan jenis huruf, maka pesan akan diabaikan audiens.

Step 10: Ciptakan Konten Visual Interaktif

Konten visual interaktif dapat menjadi cara yang baik untuk memikat audiens dan meningkatkan traffic maupun impression pada situs web, maupun platfrom sosial media lainnya. Contoh dari konten visual interaktif termasuk kuis, survei, dan infografis interaktif.

Step 11: Membuat Konten Shareable

Konten shareable menjadi solusi yang tepat untuk memaksimalkan penggunaan konten visual dengan anggaran terbatas, karena dapat membantu meningkatkan jangkauan dan engagement dari konten yang dibuat.

Pastikan untuk menggunakan format konten JPEG atau JPG, agar mudah dibagikan di media sosial dan mepersingkat waktu mengunduh.

Step 12: Manfaatkan Visual yang Menciptakan Emosi

Melibatkan objek visual seperti foto manusia, atau sebuah peristiwa dapat mendorong target audiens merasa lebih terhubung dengan merek dan produk secara sisi emosional. Sehingga, dengan menggunakan dua jenis visual di atas, kamu dapat menyampaikan pesan tanpa harus banyak memberikan teks.

Step 13: Gunakan Lisensi Resmi

Menggunakan lisensi resmi sesuai dengan kebutuhan, dapat menjadi solusi tepat yang membawa banyak keuntungan bagi penggunanya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari salah satu platform mikrostok terpercaya, Riz Visual ( Partner resmi Shutterstock)

  • Lisensi resmi memberikan akses ke jutaan gambar berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara berulang tanpa biaya tambahan.
  • Penggunanya berhak untuk menggunakan gambar secara sah di berbagai ragam platform media
  • Terhindar dari masalah hukum yang timbul karena penggunaan gambar ilegal
  • Meningkatkan kredibilitas visual dan merek secara keseluruhan
  • Menunjukan kesan profesional dan kredibilitas brand.
  • Menguatkan daya tarik visual yang dibagikan di media sosial dan platform lainnya

Selain keuntungan di atas, Riz Visual juga menyediakan berbagai jenis lisensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, jika pengguna memerlukan konten untuk keperluan promosi besar seperti iklan billboard atau merchandise, maka tersedia Enhanced license atau Media.

Sementara itu jika memerlukan konten visual untuk memperkaya artikel atau sosial media berskala kecil, maka Standard License ( editorial) menjadi pilihan yang tepat.

Dengan berbagai tips profesional dan adanya solusi dari RizVisual, kini para bisnis dapat memiliki konten visual terbaik meskipun dengan anggaran terbatas.

Related posts

Rahasia Bisnis Sukses: Atur Biaya Pemasaran dengan Cermat

Admin Original

6 Strategi Visual Yang Efektif Menciptakan Engagement

Admin Original

10 Tips Sukses Memulai Bisnis yang Mengubah Mimpi Jadi Nyata

Admin Original

Visual Marketing Memproses Informasi 60.000X Lebih Cepat

Riz V

Hebat! Ini Manfaat Visual Storytelling Untuk Bisnis

Admin Original

Wow, Pizza Hut Berani Ngubah Nama Setelah 37 Tahun Berdiri ?

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp