Stok Gambar
  • Home
  • Stok Foto
  • Menggunakan Stok Gambar yang Efektif pada Social Media Marketing
Stok Foto

Menggunakan Stok Gambar yang Efektif pada Social Media Marketing

Salah satu tantangan yang sering terjadi pada social media marketing adalah sulitnya mencari stok gambar berkualitas dan beragam untuk menciptakan konten visual yang memikat audiens

Namun, jangan khawatir di era digital ini, RizVisual ( partner resmi Shutterstock) hadir sebagai penyedia jutaan stok gambar terbaik dengan lisensi resmi. Dengan ketersediaan visual yang kami miliki, setiap marketer dapat mempersingkat proses kreatif maupun meningkatkan efisiensi kerja yang menyenangkan.

Untuk mempelajari bagaimana menggunakan stok gambar secara efektif dan mengapa membeli lebih baik daripada membuatnya sendiri, mari jelajahi artikel ini sampai habis

Mengapa Menggunakan Stok Gambar Untuk Social Media Marketing Lebih Efektif

Stok Gambar
shutterstock_1043910877

Membuat konten visual lebih menarik

Kualitas stok gambar yang bisa kamu temukan pada platfrom mikrostok seperti Shutterstock tidak perlu diragukan lagi, karena Shutterstock memiliki standard tinggi pada setiap foto yang di kirimkan oleh kontributornya.

Sehingga, dengan menggunakan stok foto dari platfrom yang didirikan Jon Oringer ini, akan membantu meningkatkan daya tarik visual secara siginifikan, dan membuat ketertarikan lebih lanjut terhadap konten yang kamu bagikan.

Hemat waktu dan biaya

Membuat gambar kustom yang memiliki nilai unik untuk setiap postingan sosial media sangat memakan waktu dan biaya yang cukup besar, belum lagi jika menggunakan model. Tapi, dengan menggunakan stok gambar, kamu bisa mendapatkan satu solusi untuk semua kebutuhan konten visual.

Memperluas pilihan gambar

Kamu memiliki ide kreatif tapi tidak memiliki sumber daya untuk memproduksinya? tenang, dengan ketersediaan stok gambar kamu sudah memiliki akses ke berbagai jenis gambar, termasuk gambar yang sulit diproduksi sekalipun, seperti yang melibatkan orang, hewan, atau pemandangan luar negeri.

Aman hukum

Menggunakan gambar yang tidak dilindungi hak cipta atau mengambil gambar dari sumber tidak resmi sangat berbahaya dan masuk dalam pelanggaran hukum. Jadi, pastikan kamu memilih gambar berlisensi resmi, agar mendapatkan rasa aman dalam penggunaan konten visual tersebut.

Mempercepat produksi konten

Dengan membeli stok gambar, kamu dapat menemukan berbagai stok gambar yang relevan dengan kebutuhan bisnis dalam waktu singkat. Jadi nggak perlu lagi deh, berpindah dari satu web ke web lainnya untuk mencari konten yang tepat.

Tips Menggunakan Stok Gambar yang Efektif Untuk Social Media Marketing

social media marketing strategy
shutterstock_1874029147

Pilih gambar berkualitas tinggi dan relevan

Kualitas dan relevansi gambar sangat berpengaruh pada daya tarik audiens, terlebih lagi saat ini sudah banyak pilihan konten yang dibuat oleh para pesaing bisnis. Karena itu, untuk menonjol dari persaingan, ingat dua kunci keberhasilan visual di atas.

Sesuaikan visual dengan brand

Keselarasan brand dan visual adalah salah satu cara menunjukan identitas bisnis yang mudah dikenali dan mampu meningkatkan kesadaran merek. Sebagai contoh pengaplikasiannya, jika merek bisnis memiliki kesan ceria dan santai, maka gunakan gambar yang penuh warna untuk menunjukan gaya tersebut.

Optimalkan gambar

Sebelum mengunggah gambar ke media sosial, jangan lupa untuk mengoptimalkannya dengan cara menyesuaikan ukuran, format, dan resolusi yang sesuai dengan platform masing-masing, agar menjaga kualitas gambar terlihat tajam dan jelas. Berikut ini adalah ukuran standard yang perlu kamu ketahui

Instagram

  • Foto: 1080 x 1080 piksel atau 1080 x 1350 piksel (untuk foto vertikal)
  • Video: 1080 piksel lebar x 1920 piksel tinggi (proporsi 9:16)
  • Stories: 1080 piksel lebar x 1920 piksel tinggi (proporsi 9:16)

Facebook:

  • Foto: 1200 x 630 piksel
  • Gambar profil: 360 x 360 piksel
  • Cover halaman: 820 x 312 piksel

Gunakan gambar bercerita

Gambar yang bercerita atau storytelling sangat efektif dalam social media marketing karena lebih menarik perhatian dan membuat audiens berhenti untuk membaca lebih lanjut. Selain itu, penggunaan gambar ini juga dapat menghubungkan merek secara emosional, baik itu membangkitkan perasaan bahagia, cemas, hingga kegembiraan.

Tonjolkan keunikan gambar

Gambar yang menonjolkan keunikan dapat menjadi nilai tambah dari merek atau produk dalam social media marketing. Serta dapat membantu membangun brand awareness, menarik perhatian pengguna, memperkuat identitas merek bisnis dan membuatnya lebih mudah diingat.

Hindari penggunaan gambar berlebihan

Rahasia Untuk membuat konten yang menarik terletak pada keseimbangannya. Cukup gunakan konten visual yang relevan secukupnya dan pastikan bahwa setiap konten tersebut memiliki nilai tambah. Hal ini perlu diperhatikan agar dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara maksimal.

Manfaatkan team subscription license

Untuk membuat social media marketing yang efektif gunakan team subscription license dari Shutterstock, yang memberikan akses kepada seluruh anggota tim untuk mengakses jutaan koleksi gambar berkualitas tinggi.

Dengan lisensi ini kamu bisa menikmati fitur multiseat, yaitu pembelian satu lisensi untuk beberapa pengguna sekaligus. Cara Ini akan membantu perusahaan menghemat biaya secara keseluruhan.

Variasi gambar

Untuk membuat konten lebih menarik dan beragam, gunakan variasi gambar yang akan memberikan kesegaran konten visual secara menyeluruh. Cara ini juga dilakukan untuk menghindari rasa bosan audiens terhadap konten yang disajikan secara berkala.

Tambahkan teks atau ilustrasi

Menambahkan teks atau ilustrasi pada gambar dapat membuatnya lebih menarik dan bermanfaat bagi pengguna. Sebab, kedua elemen di atas dapat memberikan konteks atau menjelaskan pesan pemasaran  dengan lebih jelas.

Jadi, secara keseluruhan menggunakan stok gambar sangat menguntungkan bagi bisnis, bukan saja membantu untuk menciptakan konten yang menarik dalam waktu singkat, tapi juga memaksimalkan social media marketing bisnis kamu.

Nah, pertanyaanya apakah kamu ingin membawa social media marketing ke level yang lebih tinggi? mulailah menjelajahi situs web gambar stok yang terpercaya seperti Shutterstock, dan dapatkan lisensi terbaik untuk bisnismu melalui RizVisual (partner resmi Shutterstock). Happy marketing!

Related posts

Memperkenalkan Sisi Humanis Merek Lewat Foto Karyawan

Cindy Halida

Mau Punya Foto yang Sempurna untuk Merek Atau Brand? Ini Caranya

Cindy Halida

3 Alasan Foto Stok Efektif Mengembangkan Bisnismu

Cindy Halida

Rahasia Memilih dan Menggunakan Foto Stok Untuk Poster

Cindy Halida

Cara Membuat Foto Produk Idul Fitri yang Naikin Penjualan

Cindy Halida

Optimalkan Penjualanmu Lewat 4 Jenis Sales Visual Ini

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp