aksesoris kamera dslr untuk pemula
shutterstock_1196199376
Fotografi

7 Aksesoris Kamera DSLR Untuk Pemula dan Fungsinya

Memulai perjalanan fotografi dengan kamera DSLR memang menantang, tetapi tidak perlu khawatir karena untuk menciptakan kreativitas tanpa batas kamu bisa memanfaatkan aksesoris kamera DSLR untuk pemula.
Dengan memiliki aksesoris kamera yang tepat, kamu bisa menjelajahi berbagai gaya fotografi, dan meningkatkan pengalaman memotret secara keseluruhan. Memahami hal ini, kami telah menyusun daftar aksesoris kamera DSLR yang efektif untuk mengambil hasil foto terbaik.

Aksesoris Tambahan Kamera DSLR

Tripod Aksesoris Kamera DSLR Untuk Pemula yang Ciptakan Stabilitas Tanpa Batas

tripod aksesoris kamera dslr
shutterstock_45927046

Impian setiap fotografer adalah memiliki foto yang tajam dan bebas dari gerakan. Dengan tripod, impian itu dapat menjadi kenyataan! Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000.

Tripod bukan saja mitra setia yang meminimalkan getaran, tapi juga memberikan stabilitas untuk kameramu Dengan demikian, kamu dapat mengambil foto dengan kecepatan rana lambat atau menciptakan komposisi yang kompleks.

Selain itu, bagi para pecinta landscape, tripod adalah alat yang tak boleh terlewatkan untuk memastikan kejernihan dan ketajaman dalam setiap bidikan pemandangan yang menakjubkan.

Filter Lensa – Sentuhan Khusus untuk Hasil Foto

Filter Lensa
shutterstock_2015803469

Bagi para fotografer, filter lensa adalah palet ajaib yang dapat memberikan sentuhan khusus pada foto-foto mereka. Berikut adalah beberapa jenis filter lensa yang menarik untuk dipertimbangkan:

Filter UV

Filter ini tidak hanya melindungi lensa kamera dari sinar ultraviolet dan debu, tapi juga memberikan kejernihan gambar yang lebih baik pada gambar. Dengan berinvestasi dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000, kamu dapat melindungi serta meningkatkan kualitas lensa secara bersamaan.

Filter CPL

Filter polarisasi adalah alat kreatifitas untuk mengurangi refleksi dan meningkatkan saturasi warna. Dengan menggunakan filter CPL yang berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 800.000, kamu dapat menghasilkan foto dengan kedalaman warna yang menakjubkan.

Filter ND

Dengan kemampuannya mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke lensa, filter ND ini menjadi senjata rahasia bagi pemotretan di luar ruangan.

Lewat filter ini kamu bisa menggunakan kecepatan rana yang lebih lambat atau membuka aperture lebih lebar. Untuk memilikinya kamu perlu mengeluarkan budget sekitar Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000.

Tas Kamera – Melindungi Investasi Berharga

Tas Kamera
shutterstock_381792241

Perjalanan fotografi yang aman dan nyaman dimulai dengan perlindungan yang tepat. Dapatkan tas kamera khusus untuk DSLR dengan harga mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000.

Tas ini memiliki kompartemen luas untuk menyimpan kamera, lensa, dan aksesori penting lainnya. Pilih desain yang stylish dan tahan cuacauntuk menjaga peralatan fotomu tetap aman dari benturan maupun goresan.

Yuk, nikmati perjalanan fotografi dengan lebih nyaman dengan tas kamera terbaik.

Remote Shutter – Jauhkan Getaran, Ciptakan Keajaiban

Remote Shutter
shutterstock_1489819226

Ambil kendali penuh atas pemotretanmu dengan remote shutter. Dengan berinvestasi mulai Rp 100.000 hingga Rp 500.000, kamu dapat memicu kamera dari jarak jauh, sehingga menghasilkan foto yang bebas dari getaran dan penuh keajaiban.

Jangan lupa, eksplorasi teknik eksposur panjang untuk menciptakan karya seni yang menakjubkan dengan memanfaatkan remote shutter.

Flash Eksternal – Cahaya yang Memukau di Setiap Sudut

jenis aksesoris kamera dslr
shutterstock_246948010

Ketika pencahayaan rendah menjadi hambatan, flash internal kamera mungkin tidak cukup untuk menghasilkan foto yang memukau.

Inilah saatnya flash eksternal hadir sebagai penyelamat! Dengan cahaya tambahan dari aksesoris kamera DSLR untuk pemula ini, kamu akan mendapat karya seni yang luar biasa. Dapatkan aksesoris kamera ini dengan kisaran harga Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000 dan hasilkan bidikan yang mengesankan!

Kartu Memori Tambahan

Memori tambahan kartu
shutterstock_311086604

Menjadi aksesoris tambahan kamera DSLR yang berfungsi untuk menyimpan foto dan video dalam jumlah besar. Berikut beberapa detail menarik tentang kartu memori:

Tipe Kartu Memori

Secure Digital (SD): Tipe kartu memori paling umum yang digunakan pada kamera DSLR. Tersedia dalam berbagai kapasitas dan kecepatan baca/tulis.

    • CompactFlash (CF): Digunakan secara luas dalam kamera DSLR profesional. Lebih besar dan lebih tahan lama dibandingkan dengan kartu SD, dengan kecepatan membaca yang tinggi.
    • XQD/CFexpress: Kartu memori terbaru dengan kecepatan membaca sangat cepat, ideal digunakan Biasanya untuk padkamera DSLR atau mirrorless kelas atas.

Kapasitas dan Kecepatan

    • Kapasitas: Kartu memori tersedia dalam berbagai kapasitas, seperti 32GB, 64GB, 128GB, dan seterusnya. Pilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhanmu.
    • Kecepatan: Kartu memori memiliki kecepatan mmebaca yang berbeda, sehingga mempengaruhi kecepatan penyalinan foto/video dan kinerja burst mode. Umumnya, Kecepatan dinyatakan dalam MB/s atau angka kecepatan “Class” atau “UHS” pada kartu SD (misalnya, Class 10, UHS-I).

Merek dan Harga

Berbagai merek kartu memori terkenal termasuk SanDisk, Lexar, Samsung, dan Kingston. Harga kartu memori bervariasi tergantung pada kapasitas dan kecepatannya. Kisaran harga umumnya mulai dari sekitar $10 untuk kapasitas 32GB hingga $100 atau lebih untuk kapasitas yang lebih besar dengan kecepatan tinggi.

Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas kartu memori dengan kamera sebelum membeli, serta perhatikan rekomendasi produsen tentang kecepatan kartu memori yang diperlukan untuk merekam video atau mengambil gambar dengan fitur kamera tertentu.


Jangan biarkan potensi fotografimu terhenti oleh peralatan dasar. It’s time to level up! Telusuri koleksi aksesoris kamera DSLR untuk pemula yang tersedia di toko fotografi terdekat atau secara online, dan temukan alat-alat yang akan mengubah hasil fotografimu.

Tapi tunggu, ada lebih lagi! Kamu bisa menghasilkan keuntungan dan mengembalikan modal dengan karya-karyamu yang brilian.

Bergabunglah sebagai kontributor Shutterstock, platform mikrostok yang telah dipercaya oleh jutaan orang dari berbagai industri. Bayangkan betapa menakjubkannya saat karya-karyamu diakses oleh orang-orang di seluruh dunia.

Ini saatnya menggenggam peluang yang menarik ini dan menghadirkan fotografi yang tak terlupakan kepada dunia. Ayo, mulai petualanganmu sekarang!

Related posts

Bongkar Rahasia Foto Produk Baju yang Eye-catching

Cindy Halida

8 Tips Sukses Memulai Bisnis Fotografi Dengan Kamera DSLR

Cindy Halida

9 Cara Mendapatkan Uang Dari Hobi Fotografi dan Tips Suksesnya

Cindy Halida

19 Mall Keren Buat Foto di Jakarta Tanggerang

Cindy Halida

Tren Fotografi 2024, More Expressive More Creative

Cindy Halida

Wajib Tahu! Ukuran Upload Foto di Shutterstock yang Optimal

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp