Foto komersial
shutterstock_offset_2130958640
Fotografi

Serba Serbi Foto Komersial yang Wajib Kamu Tahu

Dalam dunia pemasaran dan periklanan, foto komersial memainkan peranan yang sangat penting. Karena jenis foto ini efektif untuk mempromosikan produk, beriklan, membuat brosur, hingga memperkaya situs web, dan media pemasaran lainnya.

Untuk mengetahui lebih dalam, Rizvisual ingin mengajak kamu menjelajahi definisi, tujuan, ciri-ciri, serta cara penggunaan yang efektif.

Apa yang dimaksud Foto Komersial

Foto komersial adalah
shutterstock_1234824691

Foto komersial adalah jenis gambar yang dibuat dan digunakan dalam konteks bisnis. Foto-foto ini diciptakan dengan tujuan spesifik untuk mempromosikan, memasarkan, atau menjual produk atau jasa.

Bahkan, dalam dunia pemasaran jenis foto ini efektif sebagai alat komunikasi visual untuk mempengaruhi dan menarik minat audiens agar terlibat lebih jauh dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, keberadaannya juga berguna untuk memperkaya materi pemasaran seperti brosur, situs web, media sosial, dan media pemasaran lainnya.

Ciri-ciri Foto Komersial yang Efektif

  • Relevan dengan Target Audiens: Foto komersial harus sesuai dengan demografi, preferensi, dan karakteristik target audiens. Faktor di atas akan membuat foto menghadirkan pesan yang relevan dan mempengaruhi audiens secara lebih efektif.

 

  • Kualitas Visual yang Tinggi: Kualitas konten visual harus menjadi fokus utama, baik itu visual resolusi yang baik, pencahayaan yang tepat, fokus terbaik, dan komposisi menarik. Dengan memperhatikan hal tersebut, kamu bisa menciptakan kesan profesional tentang kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

 

  • Minimalis: Agar pesan jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan banyak elemen atau komposisi gambar. Perhatikan juga pemilihan background gambar dan warna teks.

 

  • Mencerminkan Brand Identity: Foto komersial harus konsisten dengan identitas merek dan gaya visual yang ingin ditampilkan. Hal inilah yang akan membantu membangun kesan yang profesional maupun memperkuat citra merek di mata audiens.

Fungsi Foto Komersial

Fungsi foto komersial
shutterstock_2170712513
  • Mempromosikan produk atau jasa : Efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa kepada target audiens. Serta membantu menggambarkan fitur, hingga manfaat produk secara visual, yang  menarik minat calon konsumen, maupun mendorong untuk melakukan pembelian.

 

  • Membangun kesadaran merek: Untuk membangun identitas merek yang positif dan membantu konsumen mengenali merek bisnis, manfaatkan visual yang akan membantu menciptakan asosiasi positif secara berkala.

 

  • Menciptakan ikatan emosional: Melalui gambar yang memicu emosi positif atau menggambarkan situasi yang relevan dengan kebutuhan konsumen, kamu bisa menciptakan ikatan emosional antara merek dan konsumen.

 

  • Memperkaya materi pemasaran: Menyajikan informasi menggunakan visual berkualitas tinggi, akan menarik perhatian audiens, maupun membuat materi pemasaran tersampaikan secara efektif di berbagai marketing funnel.

 

  • Membantu membedakan dari pesaing: Foto komersial yang unik dan berbeda dapat membantu merek membedakan diri di tengah dalam persaingan yang kompetitif.

Cara Membuat Foto Iklan Komersial yang Efektif

  • Identifikasi Tujuan Pemasaran: Tentukan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan melalui konten visual. Apakah itu untuk memperkenalkan produk baru, meningkatkan kesadaran merek, atau mempengaruhi pembelian?

 

  • Relevansi adalah kunci : Pilih foto komersial yang memvisualisasikan nilai produk atau jasa secara jelas kepada target audiens.

 

  • Gunakan Foto Berlisensi resmi: Pastikan untuk menggunakan foto dengan lisensi resmi agar terhindar dari masalah hukum. Jadi, temukan semua kebutuhan visualmu melalui platform Shutterstock yang menyediakan koleksi konten visual terbaik.

 

  • Integrasikan Foto dengan Materi Pemasaran Lainnya: Gabungkan hasil foto dengan materi pemasaran lainnya, seperti teks, grafik, dan elemen desain lainnya, untuk menciptakan pesan yang lebih lengkap dan kuat.

Dengan menggunakan foto komersial yang tepat, bisnis dapat meningkatkan daya tarik pemasaran mereka, menciptakan citra merek yang kuat, dan mempengaruhi audiens dengan cara yang efektif. Untuk memperoleh akses ke berbagai koleksi visual berkualitas, kunjungi agen Shutterstock.com resmi di Indonesia sekarang juga.

Related posts

Kuasai Dasar-Dasar Fotografi Ini Untuk Menjadi Fotografer Handal

Cindy Halida

Ragam Citarasa 15 Menu Takjil Untuk Dibagikan

Cindy Halida

Merangkul Masa Depan Fotografi Dengan Deteksi Wajah Online

Cindy Halida

Tips Mengoptimalkan Iklan Digital dengan Stok Foto

Cindy Halida

5 Perbedaan Landscape dan Portrait yang Wajib DiKetahui

Cindy Halida

12 Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula dan Harganya

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp