CTR click through rate
shutterstock_By Cagkan Sayin
Marketing

Mengapa CTR Bukan Hanya Angka, Tapi Strategi Bisnis

“CTR itu bukan metrik, angka / statistik”

CTR atau Click-through rate adalah

Indikator kesuksesan Kampanye pemasaran

Indikator ketertarikan dan interaksi pengguna pada konten / iklan bisnis

So, kalau bisnis ngerti Tujuan, dan rumus CTR

Bisnis, brand/merek bisa melnagkah maju di tengah ketidakpastian di dunia pemasaran digital.

Terutama di tengah tren bisnis yang berubah cepat.

Let’s dig deeper now

Apa Itu CTR

Apa itu CTR
shutterstock_By Elnur

Click-Through Rate adalah rasio antara jumlah klik iklan/konten/ link pada sebuah situs.

Semakin tinggi CTR, berarti efektifitas kampanye berhasil mengubah kampanye menjadi tindakan/klik.

Indikator CTR

Untuk menghitung Rasio klik-tayang gunakan dua indikator ini

Impressions: jumlah iklan ditayangkan

Clicks: jumlah iklan diklik

Rumus & Contoh CTR 

rUMUS CTR
shutterstock_By ilikeyellow

Misalnya, jika sebuah iklan ditampilkan 1.000 kali dan menerima 50 klik,

Maka CTR-nya adalah

(50/1000)×100% = 5% 

Dengan rumus ini, kamu dapat dengan cepat mengukur performa iklan atau konten.

CTR yang Bagus Itu Berapa?

Click THROUGH rate
shutterstock_By Momentum studio

Namun, secara umum, berkisar 2% – 5%.

Untuk konteks lebih spesifik:

A. Search Engine Advertising (Google Ads, Bing Ads)

Menurut webfx.com inilah ukuran Click-Through Rate Yang baik untuk

  • Bing Ads is 2.83%.
  • Google Ads is 1.91%

B. Social Media Advertising (Facebook, Instagram, Twitter)

Click-Through Rate yang baik untuk iklan media sosial berkisar antara 1% hingga 2%.

Tapi, lagi-lagi beda industri beda indikatornya.

C. Email Marketing

Click-Through Rate untuk kampanye email umumnya berada di kisaran 1% hingga 5%.

Tapi, sektor atau produk tertentu bisa mendapatkan Click-Through Rate lebih tinggi,

Terutama jika kampanye dikirim pada audiens yang tersegmentasi.

D. Display Advertising

CTR untuk iklan tampilan seringkali lebih rendah, berkisar antara 0,1% hingga 0,5%.

Perlu diingat, jangan bergantung pada Click-through rate,

Selalu libatkan metrik lainnya, termasuk tingkat konversi dan nilai pelanggan .

Kenapa? ini alasannya

Issue CTR dalam Dunia Marketing

CTR di dunia marketing
shutterstock_By Prostock-studio

Meskipun klik jadi metrik yang penting untuk mengevaluasi kampanye pemasaran digital,

Ada beberapa alasan mengapa bisnis tidak boleh hanya mengandalkan Click-Through Rate sebagai penentu kesuksesan:

»CTR yang Tinggi Bukan Selalu Terbaik

Terlalu fokus pada Click-Through Rate bisa membuat hilangnya fokus pada konversi dan hasil akhir kampanye.

»Quality of Traffic

Click-Through Rate tidak memberikan informasi tentang seberapa relevan atau kualitas lalu lintas yang dihasilkan.

Jadi, pastikan pengunjung yang mengklik iklan benar-benar tertarik pada produk/layanan yang ditawarkan.

» Ad Fraud dan Click Bots

CTR yang tinggi tidak selalu mencerminkan interaksi yang bermanfaat.

Karena beberapa pihak bisa menggunakan menggunakan click bots untuk meningkatkan klik tanpa minat nyata dari manusia.

» Variabel Eksternal

Berbagai faktor eksternal, seperti tren pasar, musim, atau perubahan algoritma mesin pencari,

Bisa memengaruhi Click-Through Rate tanpa menggambarkan perubahan yang sebenarnya dalam minat/ kebutuhan konsumen.

»Tujuan Bisnis yang Lebih Besar

Click-Through Rate hanya salah satu dari banyak metrik.

Berbeda tujuan maka metrik yang digunakan juga berbeda.

Apakah ada Cara Meningkatkan CTR?

click through rate
shutterstock_By NicoElNino

Untuk meningkatkan Click-Through Rate pada kampanye digital cobalah optimalkan dengan elemen Visual

Mengapa Visual Penting untuk CTR?

  • Relevansi

Visual yang relevan dengan pesan dan kebutuhan target audiens.

Efektif meningkatkan daya tarik dan memotivasi pengguna untuk melakukan klik.

  • Interaktif

Elemen visual yang interaktif, juga bisa meningkatkan keterlibatan audiens secara signifikan.

  • Eye-Catching

Unsur kreatif serta daya tarik visual (warna-grafis),

Bisa membuat iklan standout,  serta meningkatkan Click-Through Rate

 

Dengan mengintegrasikan visual yang menarik,

Bisnis bisa menciptakan kampanye yang menarik perhatian, meningkatkan efektivitas, dan sukses mencapai tujuan bisnis.

Segera optimalkan visual iklan dan saksikan peningkatan kinerja secara menyeluruh!

Hubungi tim RizVisual untuk diskusi lebih lanjut.

Related posts

Strategi Marketing yang Baik Dan Sukses di Era Digital

Admin Original

Cara Membuat Email Marketing yang Menarik & Interaktif

Admin Original

Kuasai 8 Cara Membuat Visual Storytelling yang Berdampak

Admin Original

Pentingnya Fungsi Warna dan Efeknya Pada Visual Marketing

Admin Original

Rahasia Email Marketing yang Menarik Audiens

Admin Original

Mau Bisnis Sukses? Wajib Paham TOfu, MOfu, BOfu

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp