cara membuat email marketing newsletter yang efektif
shutterstock_423422092
  • Home
  • Marketing
  • Rahasia Cara Membuat Email Marketing Newsletter yang Efektif
Marketing

Rahasia Cara Membuat Email Marketing Newsletter yang Efektif

Sudah banyak mengirim email tapi penjualan dan awarness belum juga meningkat? mungkin salah satu penyebabnya adalah cara membuat email marketing newsletter yang belum optimal.

Tapi, jangan khawatir karena kali ini Riz Visual akan membagikan informasi cara membuat email yang efektif dan efisien untuk meningkatkan keterlibatan audiens yang semakin luas. Sehingga nantinya akan mendongkrak awarness, penjualan, hingga memperkuat merek bisnis.

Cara membuat email marketing newsletter yang efektif

cara membuat email marketing newsletter
shutterstock_582382183

Email marketing newsletter merupakan salah satu cara pemasaran yang efektif untuk menjangkau audiens. Namun, tentunya perlu trik profesional agar pesanmu menarik perhatian secara maksimal.

Subjek email dengan poin unik

Subjek email yang unik akan mendorong rasa penasaran audiens untuk membuka email yang dikirimkan. Selain itu jangan lupa untuk membuat subjek secara jelas, singkat, namun memiliki unsur kejutan atau relevan.

Gunakan template menarik

Template email yang menarik dan profesional akan meningkatkan kepercayaan audiens terhadap sebuah bisnis. Karena itu perhatikan elemen penting di dalamnya seperti, warna, background, maupun footer agar tetap relevan.

Sajikan konten bermanfaat

Konten email newsletter yang baik bukan saja harus menarik untuk audiens, tapi juga bermanfaat. Eleman lainnya yang tidak kalah penting relevansi informasi bagi audiens. Ketiga hal itulah yang menjadi kunci audiens terus menunggu email newsletter bisnismu.

Dukung dengan tampilan visual

Menurut penelitian visual dapat menyampaikan pesan 60.000 x lebih cepat daripada tulisan. Mengerti akan hal ini sangat penting untuk memperhatikan tampilan visual untuk meningkatkan ketertarikan audiens membuka email bisnismu. Ingat, untuk selalu memilih gambar dan lisensi yang tepat agar tidak berujung ke meja hijau.

CTA yang spesifik

Jangan lupa untuk menyertakan CTA yang jelas agar audiens tahu apa yang harus dilakukan setelah membaca email tersebut. Karena tujuan dari CTA sendiri yaitu untuk membuat audiens bergerak mencari tahu, maupun membeli produk atau layanan.

Cara membuat marketing newsletter custom

Newsletter email martketing

Ingin menampilkan tampilan yang spesifik dan unik, kamu bisa membuatnya dengan berbagai cara salah satunya berkreasi melalui Shutterstock editor. Untuk caranya lihat di bawah ini

Tentukan ukuran newsletter

Penting untuk mempertimbangkan ukuran dimensi, untuk ukuran standar industri adalah 2550 x 3300 piksel, atau 8,5 x 11 inci. Namun alternatifnya, ada beberapa pilihan ukuran yang bisa kamu pilih

  • Email pendek: 1200 x 1800 piksel
  • Email sedang: 1200 x 2400 piksel
  • Email panjang: 1200 x 3000 piksel

Untuk menemukan ukuran pilihan, buka halaman web klik Buat dan kustom size untuk spesifikasi template kanvas yang tepat.

Dapatkan inspirasi

Cara jitu untuk memulai perjalanan desain adalah dengan mencari inspirasi dari portfolio lainnya, yang akan membantu kamu untuk menemukan tema yang sesuai dengan merek dan konten newsletter tersebut. Sebagai contoh, jika audiens target berorientasi bisnis perusahaan, maka hindari warna neon yang menonjolkan kesan casual. 

Ciptakan konten visual yang unik

Sekarang saatnya untuk mulai mendesain! Untuk memulainya klik  File > Create new > Templates dan ketik “email” di pencarian. Geser hingga menemukan template favoritmu dan sesuaikan dengan font, bentuk, efek, grafik, maupun gambar yang menarik.

Sumber gambar sendiri bisa kamu dapatkan dengan mengunduh langsung dari desktop, atau melalui stok gambar Shutterstock yang beragam. Cari tahu tutorial lengkapnya disini 

Tahapan membuat email newsletter yang benar

Email marketing
shutterstock_1075784411
Membuat email newsletter yang efektif membutuhkan beberapa tahapan yang tidak mudah, tapi dengan mengikuti instruksi di bawah ini kamu akan semakin mudah membuatnya

Tentukan tujuan dari newsletter

Sebelum kamu memulai membuat newsletter, pastikan untuk memiliki tujuan yang ingin dicapai melalui pesan tersebut. Apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, memperkuat merek, atau membangun hubungan dengan pelanggan? Tujuan ini akan membantu kamu dalam memilih konten yang tepat untuk newsletter.

Kumpulkan konten newsletter

Sebelum mengatur konten yang akan dikirim, kumpulkan terlebih dahulu konten yang relevan seperti, artikel, tips, berita, promosi, dan sebagainya. Saat mengumpulkannya pastikan konten tersebut sesuai dengan tujuan newsletter bisnis.

Pilih desain template

Untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan keterlibatan mereka. Pilihlah template dan desain newsletter yang terlihat profesional. Jangan ragu, untuk menguji berbagai format, tata letak dan aspek lainnya yang efektif untuk menarik target audiens kamu.

Kirimkan newsletter secara konsisten

Mengirim newsletter secara konsisten, akan mendorong meningkatnya brand awareness. Hal ini terjadi karena pelanggan terus melihat dan mengingat merek bisnis secara konsisten. Selain itu, dengan mengirimkan newsletter engagement juga akan ikut meningkat, serta membuat audiens terhubung dengan merek tersebut.

Analisis performa

Terakhir, pantau dan analisis performa newsletter secara teratur. Mulai dari menganalisa data, klik, dan tingkat respons, yang dapat membantu kamu mengambil kesimpulan apakah newsletter tersebut efektif atau perlu peningkatan.

Efek negative bisnis tanpa email marketing

Email Newsletter marketing
shutterstock_574971547

Email marketing dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis, seperti meningkatkan penjualan, loyalitas pelanggan, memperluas jangkauan merek, dan lain sebagainya. Namun, jika bisnis memilih  tidak menggunakan email marketing, maka tidak heran muncul beberapa dampak negatif, antara lain:

Hilangnya calon customer 

Bisnis yang tidak menggunakan email marketing, berpotensi untuk kehilangan customer potensial yang menjadi kunci pertumbuhan bisnis secara siginifikan.

Interaksi dengan pelanggan berkurang

Kurangnya interaksi dan konten yang relevan akan membuat bisnis berpotensi besar kehilangan pelanggan yang sudah ada . Karena itu sangat penting untuk mengirimkan informasi secara konsisten.

Kurangnya pengenalan akan brand

Email marketing dapat membantu bisnis memperkenalkan merek mereka kepada pelanggan baru dan meningkatkan kesadaran merek. Tanpa cara ini bisnis tidak dapat dikenal khalayak luas secara massive.

Kurangnya penjualan

Bayangkan bagaimana customer dapat mengetahui informasi produk atau layanan terbaru jika hanya memanfaatkan satu channel marketing misalnya sosial media. Karena itulah perlu adanya email marketing yang tidak kalah efektif untuk menyampaikan pesan.

Dari point di atas, terlihat betapa pentingnya email marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif. Namun, kembali lagi untuk hasil optimal kamu harus memahami cara membuat email marketing newsletter yang efektif. Dengan memahami semua detail maka peluang untuk meningkatkan keterlibatan customer akan semakin besar.

Tidak kalah penting, perhatikan konten visual yang menarik, agar pesan tersampaikan secara maksimal. Sebagai partner resmi Shutterstock, Riz Visual akan membantu bisnis mendapatkan akses ke berbagai gambar terbaik dengan lisensi resmi untuk  meningkatkan kualitas email marketingmu. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa pesanmu tetap menarik, bermanfaat, serta aman dari masalah hak cipta.

Related posts

Intip Strategi NIKE Bersinar di Industri Olahraga Selama 59 Tahun

Cindy Halida

8 Tips Hemat Biaya Visual Hingga Puluhan Juta

Cindy Halida

Lihat Hebatnya Manfaat Augmented Reality Dalam Bisnis

Cindy Halida

Cara Memilih Gambar Untuk Meningkatkan Reputasi Brand

Cindy Halida

Yuk Pahami 11 Strategi Bisnis di Era Digital Ini

Cindy Halida

6 Strategi Visual Yang Efektif Menciptakan Engagement

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp