Cybersecurity
shutterstock_547592083
Shutterstock

Ancaman Cybersecurity di Balik Mengambil Gambar Sembarangan

Tahukah kamu kalau mencomot gambar sembarangan atau mengambil gambar dari sumber yang salah akan memicu serangkaian masalah dalam hal cybersecurity.

Hal ini terjadi karena ketika mengunduh gambar tanpa mengetahui sumber dan kemanannya, maka membuka potensi besar terjadinya peretasan, pencurian data, akibat virus yang melekat pada gambar tersebut. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi bisnis dalam skala besar.

Untuk menghindarinya, penting bagi pengguna untuk memahami cyberscurity, masalah yang sering terjadi, serta solusi untuk mencegahnya.

Apa itu Cybersecurity?

cybersecurity adalah
shutterstock_2137304159

Cybersecurity adalah upaya untuk melindungi sistem, jaringan, dan perangkat digital dari serangan cyber seperti peretasan, pencurian data, dan serangan malware. Proteksi ini sangat penting di era digital, apalagi mengingat semakin canggih teknologi semakin besar pula ancaman cyber yang bisa terjadi kapan saja.

Masalah Cyber yang berdampak besar bagi bisnis

Cybersecurity
Shutterstock 1815224501

Masalah umum yang sering menjadi penyebab terjadinya peretasan, pencurian data, dan serangan malware di antaranya

Mengambil gambar sembarangan

Bagi pebisnis yang mengambil gambar secara sembarangan, akan menyebabkan kerugian serius dalam berbagai aspek bisnis.  Berikut adalah beberapa efek negatif yang timbul di antaranya

  • Menghilangkan nilai profesionalisme, karena sudah melewati batas privasi atau hak cipta orang lain
  • Kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis menurun, yang akhirnya berdampak negatif pada penjualan dan pertumbuhan bisnis.
  • Pelanggaran hukum yang serius, seperti sanksi hukum dan denda dalam jumlah besar akibat mengambil gambar sembarangan
  • Potensi tuntutan hukum pemilik hak cipta atau platfrom resmi, akibat menggunakan gambar tanpa izin atau tidak membayar royalti.

Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis untuk memperhatikan hukum dan etika terkait dengan pengambilan maupun penggunaan gambar. Pastikan juga untuk memiliki izin atau lisensi resmi dari pemilik gambar atau platfrom sumber gambar mikrostok.

Selain itu, patuhi semua aturan dan ketentuan lisensi yang berlaku agar bisnis dapat menghindari efek negatif yang memengaruhi jangka panjang, di samping juga membangun citra bisnis yang positif dan kredibel di mata konsumen.

Malware pada gambar yang bersumber tidak jelas

Steganography malware adalah salah satu jenis ancaman keamanan yang disembunyikan pada sebuah file gambar. Malware pada gambar ini sangat sulit untuk dideteksi oleh perangkat lunak antivirus, karena disamarkan dalam format gambar yang terlihat normal. Maka tak heran, jika banyak orang yang tidak menyadarinya dan merasakan kerugian besar akibat malware ini di kemudian hari, seperti

  • Membuka celah hacker mengambil alih sistem komputer bisnis.
  • Bocornya data penting bisnis kepada khalayak luas.
  • Berpotensi terjadinya pencurian informasi pribadi, seperti kata sandi dan nomor rekening bank.
  • Menyerang komputer orang lain yang menggunakan sistem sama.

Dari kasus di atas terlihat jelas sangat penting untuk selalu berhati-hati saat mengunduh gambar dari internet. Selalu pastikan bahwa gambar yang diunduh berasal dari sumber yang terpercaya. Hindari juga mengambil gambar dari sumber mencurigakan.

Beberapa kerugian bisnis dalam cybersecurity

Kerugian bisnis
shutterstock_176869352

Kerugian finansial

Pengguna dapat mengalami kerugian finansial yang signifikan, akibat malware atau virus yang berasal dari gambar yang  diunduh sembarangan. Sehingga, tanpa disadari Malware merusak perangkat atau mencuri informasi sensitif seperti, nama user dan kata sandi, maupun data penting keuanganmu.

Kehilangan atau kerusakan data

Kerugian data merupakan salah satu masalah serius yang terkait dengan cybersecurity. Karena virus bukan saja dapat mengambil alih sistem komputer, tapi juga menghapus atau merusak data bisnis. Akibat virus ini, bisnis akan terdampak kerugian besar.

Reputasi hancur

Jika data pribadi atau informasi penting bocor akibat serangan cyber, maka reputasi bisnis menjadi negatif bahkan kehilangan kepercayaan dari klien, pelanggan, atau mitra bisnis. Selain itu, bisnis juga kehilangan kesempatan peluang bisnis besar yang sudah menunggu di depan mata.

Kehilangan waktu berharga

Bayangkan banyaknya waktu dan biaya yang harus dikeluarkan, untuk memperbaiki atau mengganti perangkat yang rusak akibat virus. Belum lagi, jika harus menghabiskan waktu untuk memulihkan data yang hilang atau mencari solusi untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem atau perangkat.

Keamanan terancam

Pengambilan gambar sembarangan dapat menimbulkan kerugian yang serius. Bukan saja merusak sistem dan jaringan, tapi juga menciptakan pintu masuk untuk hacker yang dapat mengambil alih sistem kita, mencuri data atau menghapus data penting. Karena masalah keamanan ini, dapat berimbas kepada kerugian finansial dan reputasi yang buruk.

Selain itu, virus juga dapat menyebar ke sistem lain melalui email atau jaringan internet, sehingga menyebabkan masalah yang serius bagi orang lain yang menggunakan sistem tersebut.

Tuntuan hukum

Selain kerugian yang sudah disebutkan, ada hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan yaitu jika pengguna mengambil gambar yang melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual, maka bersiaplah dengan tuntutan hukum atau kerugian finansial yang signifikan.

Kerusakan Perangkat atau Jaringan

Pengambilan gambar yang sembarangan dapat mengundang virus ke dalam perangkat dan jaringan pengguna. Untuk menghindari kerugian ini pengguna harus lebih bijak saat memilih sumber gambar untuk keperluan bisnis mereka.

Solusi Mencegah Risiko Cyber

Berikut adalah solusi untuk mencegah kerugian akibat pengambilan gambar sembarangan yang mudah kamu lakukan

  1. Pastikan selalu mengambil gambar dari sumber yang terpercaya seperti Shutterstock, platfrom mikrostok asal Amerika yang sudah berdiri sejak 2003 lalu. Saat ini sudah tersedia jutaan konten visual seperti, foto, musik, grafik yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Dapatkan lisensi yang tepat untuk menghindari jeratan hukum di masa mendatang.
  2. Hindari mengunduh gambar dari situs web atau platform yang mencurigakan karena berpotensi besar memberikan efek negatif seperti terjadi peretasan, pencurian data, dan serangan malware.

Dengan mengikuti solusi-solusi di atas, pengguna bisnis dapat menghindari risiko kerugian akibat mengambil gambar sembarangan dan menjaga keamanan privasi bisnis. Di samping juga memastikan bahwa gambar yang kamu gunakan aman di masa mendatang.

Related posts

Lisensi Resmi: Melindungi Karya, Wujud Empati dan Dukungan Bagi Industri Kreatif

Admin Original

Perdana, Event Photography Indonesia Bersama Shutterstock

Admin Original

Lampu Merah: Sejarah, Evolusi, Alasan Penggunaan Warnanya

Admin Original

Bagaimana Remove Watermark di Shutterstock? Ini Jawabannya

Admin Original

Waspada! Pelanggaran Hak Cipta Membuat Bisnis Rugi Besar

Riz V

Hoax atau Fakta? Beli Stok Foto Lebih Hemat Daripada Motret Sendiri

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp