kuliner khas indonesia rawon
shutterstock_1782068714
  • Home
  • Fotografi
  • 19 Kuliner Makanan Khas Indonesia yang Lezat Dan Visual Menawan
Fotografi

19 Kuliner Makanan Khas Indonesia yang Lezat Dan Visual Menawan

Kuliner makanan khas Indonesia memiliki banyak variasi dan keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain itu bukan saja rasanya yang enak, makanan khas Indonesia juga memiliki keindahan visual yang cocok menjadi objek foto. Berikut adalah informasi selengkapnya yang harus kamu tahu

Ragam makanan khas kuliner Indonesia

Makanan kuliner khas Indonesia
shutterstock_1332745973

Rendang

Rendang adalah masakan khas dari Sumatra Barat. Menonjol dengan aroma santan yang kuat, rasa pedas, dan gurih. Keunikan dari rendang adalah proses memasaknya yang sangat lama maupun cita rasa tinggi karena menggunakan campuran rempah-rempah terbaik.

Sate

Makanan kuliner khas Indonesia, yang dibuat dari daging ayam atau sapi. Kemudian dimasukan pada tusuk kayu, lalu dibakar dengan arang. Sate memiliki rasa yang gurih dan umumnya disajikan dengan bumbu kacang. Tapi, karena setiap daerah di Indonesia memiliki varian daging maupun bumbu yang berbeda-beda, kamu akan mencicipi citarasa yang beragam.

Nasi Goreng

Nasi goreng
shutterstock_1739586977

Nasi goreng merupakan kuliner khas Indoneisa yang sering dimakan pada pagi hari dengan telur mata sapi dan acar timun segar. Terbuat dari nasi yang digoreng bersama bumbu-bumbu seperti kecap, bawang putih, dan cabai. Namun, sama seperti sate banyak varian rasa yang berbeda dari setiap daerah.

Gado-gado

Makanan sehat yang terbuat dari campuran sayuran hijau seperti kacang panjang, kentang, dan taoge. Agar nikmat, sajikan sepiring gado-gado  dengan bumbu kacang ditambahkan dengan lontong serta emping. Jika ingin membuatnya kamu bisa menggunakan varian sayur yang beda, begitu juga dengan bumbunya.

Soto

Hidangan dengan kuah hangat nikmat dari kaldu ayam atau kaldu sapi. Soto memiliki rasa yang gurih dan umumnya disajikan dengan sayuran, nasi, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal. Jika berkunjung ke daerah di Indonesia, jangan lupa mencicipinya agar kamu menemukan varian bahan dan bumbu dengan keunikan masing-masing.

Nasi Padang

Makanan ikonik khas dari daerah Sumatra Barat memiliki rasa pedas dan disantap bersama beragam lauk olahan santan seperti, ayam pop, rendang, gulai daun singkong, juga sambal yang nggak boleh ketinggalan. Untuk porsinya bisa bikin kenyang seharian apalagi kalau kamu memesan untuk take away.

Bakso

Makanan kuliner khas Indonesia Bakso
shutterstock_1897646326

Bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioka yang direbus lalu disajikan dengan kuah kaldu serta mie atau bihun. Untuk kenikmatan yang paripurna, tambahkan semangkuk bakso dengan bawang goreng dan cabai, wah jadi ngiler ya? cocok banget menjadi hidangan utama saat musim hujan, atau hidangan sehat untuk anggota keluarga.

Ayam Goreng

Potongan ayam yang digoreng dengan bumbu rempah khas Indonesia, sehingga menghasilkan aroma yang kuat dan menggoda. Memiliki rasa gurih yang cocok kalau dimakan dengan nasi hangat, kecap, dan kerupuk. Jangan lupa juga tambahkan sambal yang memberikan rasa pedas nagih pada hidangan ini.

Nasi Uduk

Nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia sehingga menghasilkan rasa yang cenderung gurih sedikit manis. Keunikan dari nasi uduk adalah aroma yang khas dan bumbu rempahnya yang lezat, sehingga membuat hidangan ini sangat populer di Indonesia. Umumnya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng atau empal, yang menambah kelezatan dari hidangan ini.

Baca juga: Menu Takjil Citarasa Indonesia

Sop Buntut

Sup buntut sapi dengan bumbu rempah khas Indonesia memiliki rasa gurih dan lezat yang sulit ditolak. Keunikan dari sop buntut adalah daging buntut sapi yang empuk dan gurih, serta bumbu rempah yang khas. Umumnya sajian berkuah ini disajikan dengan nasi hangat, bawang goreng, dan kerupuk.

Pempek

Pempek
shutterstock_2099318536

Makanan khas Palembang dari adonan ikan dan campuran tepung, yang membuat tekstur pempek kenyal dari gigitan pertama. Cara mengolahnya sendiri adonan yang digoreng kemudian ditambahkan telur, atau isian sesuai selera. Sajikan dengan cuka yang memiliki rasa asam manis segar serta ebi untuk menambahkan kelezatannya.

Martabak

Siapa sih yang nggak tahu kuliner makanan khas Indonesia satu ini, adonan tepung yang diisi dengan beragam isian yang  sesuai dengan selera kamu. Misalnya buat pecinta gurih, ada martabak telur yang terbuat dari telur, daging, sayuran, dan keju. Sementara itu buat pecinta manis, ada martabak coklat dengan ragam topping yang siap menggoyang lidah.

Siomay

Makanan yang terbuat dari ikan atau udang yang diisi dengan sayuran dengan rasa gurih, sedikit asam yang segar dan nikmat. Keunikan dari siomay adalah adonan ikan yang digunakan sebagai bahan dasar, serta bumbu rempah yang khas, yang membuatnya menjadi hidangan populer di Indonesia. Paling nikmat jika disajikan dengan saus kacang, yang menambah cita rasa manis dan pedas pada hidangan ini.

Rujak

Buah-buahan yang dicampur dengan bumbu kacang atau bumbu petis memiliki rasa manis, segar dan nikmat. Keunikan dari rujak adalah beragamnya jenis buah yang digunakan sebagai bahan dasar, sehingga memberikan variasi rasa yang berbeda. paling asyik dinikmati dalam keadaan dingin.

Gudeg

Makanan kuliner indonesia Gudeg
shutterstock_1843362973

Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka lalu dimasak dengan bumbu rempah yang beragam. Rasanya manis dan gurih, serta memiliki aroma yang khas. Keunikan rasa ini muncul dari bumbu yang digunakan dalam proses memasak, enak bukan main pokoknya.

Tahu Gejrot

Tahu yang digoreng dan dicampur dengan bumbu pedas dan gurih. Rasakan tekstur yang garing di setiap gigitannya namun tetep juicy pada bagian dalam. Makanan satu ini wajib banget buat pecinta tahu dimanapun kamu berada.

Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah campuran daging sapi atau kambing yang diaduk dengan nasi, kemudian disajikan dengan kerupuk yang memberikan sensasi renyah pada setiap suapan. Rasanya yang gurih dan pedas menjadi salah satu keunikan yang tidak bisa kamu tolak.

Rawon

Daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Indonesia dengan bahan utamanya yaitu kluwak, kemudian disajikan dengan nasi, telur asin serta acar timun segar. Meskipun rasa asli dari kluwak sedikit pahit, tapi saat diolah rasa tersebut akan berkolaborasi sempurna dengan bumbu lainnya.

Klepon

kuliner khas indonesia klepon
shutterstock_1481772290

Makanan khas dari Jawa Tengah berupa bola ketan yang diisi dengan gula merah dan digulingkan dalam kelapa parut. Berisi gula merah yang meleleh, sehingga di setiap gigitannya kamu akan menemukan kejutan yang menyenangkan. Enak banget jika dipadukan dengan teh hangat atau kopi pahit.


Jangan cuma menjadi penikmat, bagikan warisan budaya kita agar bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya, yang nantinya juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat maupun negara. Karena semakin populer makanan Indonesia di kancah internasional, maka pariwisata dan industri kuliner di Indonesia juga akan merasakan dampak positifnya.

Selain itu kamu juga bisa berkontribusi dalam melestarikan makanan Indonesia dengan cara mengambil foto makanan Indonesia yang unik dan menarik lalu dikontribusikan melalui situs penyedia gambar Shutterstock. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan gambar tersebut.

Yuk,  lestarikan kuliner Indonesia dan dapatkan manfaat lainnya dengan menjadi kontributor Shutterstock.

Related posts

Wajib Tahu! Ukuran Upload Foto di Shutterstock yang Optimal

Admin Original

17 Tips Liburan Low Budget Menyenangkan dan Balik Modal

Admin Original

Cara Memotret Objek Bergerak Dengan Kamera HP Ala Profesional

Admin Original

Kehebatan Lensa iPhone 15 Pro Max yang Mendorong Revolusi Fotografi

Admin Original

Intip 10 Jenis Komposisi Fotografi yang Bikin Hasil Foto Auto Dilirik

Admin Original

15 Skill yang Harus Dimiliki Fotografer Profesional

Riz V

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp