Apa itu watermark
shutterstock_2195600821
Desain Grafis

Telisik Apa itu watermark, Fungsi, Contoh dan Penerapannya

Apakah kamu tahu apa itu watermark? sebuah elemen visual penting yang berada di atas gambar untuk memberikan identifikasi atau perlindungan terhadap sebuah karya.

Watermark biasanya berupa teks, logo, atau gambar transparan yang terlihat di bagian depan atau sepanjang gambar. Untuk memahaminya lebih lanjut, mari jelajahi definisi, fungsi, contoh, dan bagaimana kamu dapat menerapkannya pada gambar konten visualmu.

Apa itu watermark ?

Watermark
shutterstock_2195600843

Watermark adalah tanda atau cap khusus yang ditempatkan pada gambar untuk memberikan identifikasi atau perlindungan terhadap karya tersebut.

Jadi jika ada yang bertanya “pentingkah watermark” tentunya sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh.

Elemen visual ini hadir dalam ragam jenis, fungsi dan penerapan. Agar lebih mudah memahaminya baca informasi ini sampai akhir.

Apa fungsi watermark ?

Fungsi watermark
shutterstock_1906974061

Identifikasi

Watermark digunakan untuk mengidentifikasi siapa pemilik gambar, maupun menjelaskan sumber platfrom mikrostok gambar tersebut. Hal ini akan membantu melindungi hak cipta, serta memastikan bahwa karya tersebut diakui dengan benar oleh orang lain.

Perlindungan

Salah satu fungsi watermark yang penting adalah sebagai pelindung gambar dari penggunaan ilegal atau pencurian. Dengan adanya watermark yang terlihat jelas, tentunya dapat mencegah orang lain untuk menggunakan gambar tersebut tanpa izin atau menyebarkannya tanpa mencantumkan atribusi yang sesuai.

Promosi

Elemen visual ini juga dapat digunakan sebagai alat promosi yang brilian, untuk memperkenalkan merek atau situs web terkait dengan gambar tersebut, meningkatkan kesadaran merek, dan mengarahkan pengguna ke sumber asli.

Contoh Watermark

Contoh watermark
shutterstock_2091114646
  • WatermarkTeks: Menambahkan nama, situs web, atau simbol hak cipta (©) sebagai teks yang berada di atas gambar.
  • Watermark Logo: Menempatkan logo perusahaan atau merek di salah satu sudut gambar sebagai bukti kepemilikan.
  • Tanda Tangan Digital Unik: Membuat tanda tangan digital pribadi yang mengidentifikasi pencipta gambar.
  • Pola Transparan: Menerapkan pola transparan yang menutupi seluruh gambar dengan tingkat kejernihan rendah.

Cara Membuat Watermark

Cara membuat watermark
shutterstock_462376603

Menggunakan Perangkat Lunak Pengeditan Gambar

kamu dapat menggunakan perangkat lunak seperti Shutterstock atau aplikasi pengeditan gambar online lainnya untuk membuat watermark sendiri. Tambahkan teks, logo, atau gambar yang kamu inginkan, dan atur posisinya tepat di atas gambar.

Menggunakan Aplikasi Watermark

Ada berbagai aplikasi watermark yang dapat kamu gunakan di perangkat mobile. Cara pakainya juga mudah, cukup unggah gambar, sesuaikan teks atau logo, kemudian tentukan posisi watermark secara seimbang

Memanfaatkan platfrom mikrostok

Beberapa platform penyedia gambar stok, seperti Shutterstock, akan memberikan elemen visual kepemilikan secara langsung saat foto di approve. Dengan cara ini , kamu akan mendapatkan pengakuan langsung atas kepemilikan terhadap konten visual yang diunggah.

Platform mikrostok seperti Shutterstock menyediakan cara yang mudah bagi fotografer dan kreator konten untuk memonetisasi karya mereka dengan menjual lisensi gambar kepada pengguna yang berada di seluruh dunia.

Namun, kamu harus melalui proses verifikasi sebelum karyamu diterima Shutterstock, pastikan juga kamu sudah memenuhi syarat yang diberikan agar lebih mudah oleh platfrom mikrostok berlogo merah putih ini. Jadilah Kontributor Shutterstock yang berdampak bagi banyak orang melalui karya-karyamu

Related posts

Cara Desain Kalender yang Mudah, Cepat, dan Online!

Cindy Halida

12 Tips Profesional Meningkatkan Desain Dengan Tipografi

Cindy Halida

10 Contoh Tipografi Simple yang Mencuri Hati

Cindy Halida

Ini Dia Prediksi Tren Design 2024 By Canva

Cindy Halida

Cari Tahu Manfaat Tipografi Pada Komunikasi Visual

Cindy Halida

Manfaat Mengintegrasikan Ikon Media Sosial Pada Email Signature

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp