Marketing Stok Foto

Tips Menggunakan Stok Foto pada Iklan Digital

Summary:
  • Hindari klise dan pilih gambar yang autentik serta emosional untuk menarik perhatian audiens.
  • Pastikan memiliki lisensi yang tepat untuk penggunaan stok foto dalam iklan.
  • Gunakan format interaktif, lakukan pengujian A/B, dan pastikan memiliki CTA yang kuat.

Eksplorasi iklan digital dan stok foto, serta gunakan praktik terbaik untuk menciptakan gambar yang lebih menarik dan efektif untuk mencapai target audiens kamu.

Di tengah kompleksitas algoritma dan jumlah pesaing yang tak terhitung, semakin sulit untuk menarik perhatian audiens online kamu dengan sebuah iklan. Terutama jika kamu tidak memiliki sumber daya untuk membuat kampanye khusus atau kustom. Di sinilah stok fotografi berperan.

Namun, bagaimana cara memaksimalkan efektivitas gambar stok khususnya untuk ruang digital?

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi iklan digital, stok fotografi, dan praktik desain terbaik untuk menggabungkan keduanya.

Selain itu, kami akan membagikan panduan untuk memilih gambar yang kuat guna meningkatkan keterlibatan dan efektivitas.


Memahami Fotografi Stok untuk Iklan Digital

Ada tempat untuk sesi pemotretan khusus, tetapi hasilkan bisa menjadi mahal dan memakan waktu. Stock foto menawarkan alternatif yang lebih ekonomis tanpa mengorbankan kualitas. Perpustakaan stok menyediakan berbagai pilihan gambar profesional yang dioptimalkan dan siap digunakan dalam kampanye digital kamu.

Mereka juga memudahkan kamu untuk tetap sesuai jadwal saat bekerja dengan tenggat waktu yang ketat.

Dengan Shutterstock, kamu dapat dengan cepat memilih, membeli, dan bahkan mengedit foto stok langsung dari halaman lisensi. Ini mempercepat proses desain dan memungkinkan kamu menciptakan aset yang diperlukan lebih cepat dari sebelumnya.

Persaingan untuk mendapatkan perhatian audiens sangat tinggi. Orang-orang hanya mengklik sekitar satu dari setiap 250 iklan Google yang mereka lihat (setara dengan satu dari setiap 1.000 iklan).

Di Facebook, orang hanya mengklik satu dari setiap 1.961 iklan yang mereka lihat. Dengan pemilihan yang cermat, stok foto dapat menembus keramaian tersebut dengan meningkatkan daya tarik visual kampanye kamu dan membuat pesan kamu lebih menarik.

Pertimbangkan hal-hal berikut untuk memilih gambar stok yang beresonansi dengan pelanggan dan meningkatkan konversi.

Hindari Klise

Audiens kamu kemungkinan besar akan melihat iklan kamu (dan pesaing kamu) berulang kali. Penelitian menunjukkan bahwa konsumen perlu melihat iklan 7-8 kali sebelum mereka tertarik.

Pastikan kamu tidak bergantung pada stok foto yang terlalu sering digunakan dan sudah dilihat oleh audiens jutaan kali sebelumnya untuk mencegah audiens melewatkan kampanye kamu.

Sebaliknya, pilih visual yang lebih unik yang terasa autentik dengan merek kamu.

Lisensi gambar ini via eing and Okrasiuk.

Sentuh Emosi Audiens Kamu

Memilih gambar yang dapat terhubung dengan audiens kamu memiliki dampak langsung pada hasil yang diperoleh iklan kamu. Kampanye dengan konten emosional berkinerja sekitar dua kali lebih baik dibandingkan dengan yang hanya mengandalkan konten rasional.

Lisensi gambar ini via theshots.co

Tetap Relevan

Saat scanning sebuah konten, hanya sebagian kecil orang yang mencapai 15 detik, bahkan lebih sedikit yang sampai 30 detik. Sebagian besar orang hanya akan melihat iklan kamu selama 1,7 detik.

Bantu audiens kamu memahami dengan cepat tentang apa yang iklan kamu dengan memilih gambar yang relevan.

Jika kamu mempromosikan program kebugaran untuk membangun otot, gambar stok orang-orang mengangkat beban akan lebih relevan dan menarik daripada gambar generik sebuah gym. Audiens kamu tidak seharusnya harus menebak.

Lisensi gambar ini via theshots.co

Apakah Boleh Menggunakan Stok Foto dalam Iklan Digital?

Memahami cara menggunakan stok foto secara legal sangat penting, terutama dalam konteks iklan. Kamu harus memiliki lisensi khusus yang mengizinkan penggunaan komersial. Menyiapkan anggaran khusus untuk gambar stok adalah langkah terbaik karena ini akan memberikan kamu berbagai pilihan yang luas.

Setelah membayar untuk stok foto, biasanya kamu akan menerima lisensi yang memberikan hak untuk menggunakan gambar tersebut dalam cara-cara tertentu. Pastikan lisensi kamu mencakup kasus penggunaan kamu sebelum kamu mulai mendesain.


Stok Foto + Display Ads

Jika kamu tidak yakin dari mana memulai dengan gambar-gambar ini, kami di sini untuk membantu. Display Ads adalah bentuk periklanan online yang menggunakan elemen seperti gambar, audio, dan video untuk menyampaikan pesan.

Berikut yang perlu kamu ketahui sebelum kamu terjun ke dalam proses desain:

Ketahui Pilihan Kamu

Setiap format periklanan digital memiliki keunggulan, batasan, dan kasus penggunaan idealnya sendiri.

Berikut adalah beberapa jenis iklan digital yang paling umum:

Lisensi gambar ini via theshots.co dan cosmic_pony.
  • Display Ads: Ini adalah iklan visual yang kamu lihat di situs web, biasanya sebagai banner di bagian atas, bawah, atau sisi halaman. Mereka dapat mencakup teks, gambar, dan elemen video.
  • Search Ads: Ini adalah iklan yang muncul di bagian atas atau bawah hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci tertentu. Biasanya berbasis teks dan muncul sebagai hasil pencarian alami untuk mendorong klik.
  • Iklan Media Sosial: Platform seperti Facebook, Instagram, X, dan LinkedIn memungkinkan kamu untuk membuat iklan dalam format yang spesifik untuk lingkungan mereka. Iklan ini biasanya dapat mencakup berbagai jenis media yang sudah ada di platform tersebut.
  • Iklan Mobile atau In-App: Ini adalah iklan yang muncul khususnya di situs mobile atau dalam aplikasi. Biasanya muncul sebagai banner atau video.
  • Iklan Email: Ini adalah iklan yang dikirim langsung ke kotak masuk email pengguna, dan biasanya digunakan untuk melibatkan pengunjung situs web atau pelanggan sebelumnya.

Perhatikan Spesifikasi Platform

Pastikan dimensi dan ukuran file aset kamu sesuai dengan persyaratan platform iklan digital yang kamu gunakan, entah itu Facebook, TikTok, atau platform lainnya di antaranya. Hal ini dapat membuat perbedaan besar, karena kamu mungkin tidak dapat mengunggah iklan kamu, dan bahkan jika berhasil diunggah, tampilannya mungkin tidak sesuai di layar.

Sebagai contoh, dimensi yang direkomendasikan untuk iklan Facebook adalah 1080 x 1080 piksel dan ukuran file maksimum adalah 30 MB. Untuk iklan gambar TikTok, dimensi yang direkomendasikan adalah 720 x 1280 piksel dengan ukuran file maksimum 100 MB.

Beberapa platform mungkin memerlukan dimensi atau rasio aspek yang berbeda untuk hasil terbaik dengan penempatan yang berbeda pula. Misalnya, untuk iklan video di umpan Facebook, rasio 4:5 ideal untuk mobile saja, sementara 1:1 direkomendasikan untuk desktop.

Lisensi gambar ini via InkheartX dan xiaoxiao9119.

Jangan Lupa Tentang Retargeting

Banyak pengguna tidak akan membeli pada pertemuan pertama dengan sebuah produk atau merek. Kabar baiknya adalah retargeting dapat mengurangi tingkat peninggalan produk di keranjang belanja sebesar 6,5% dan meningkatkan penjualan online hampir 20%.

Iklan retargeting ditampilkan kepada orang-orang yang mengunjungi situs web kamu namun tidak melakukan tindakan. Mereka dirancang untuk mengingatkan calon pelanggan tentang produk atau layanan kamu. Kamu bisa memiliki beberapa desain dengan tujuan mendapatkan lima hingga 10 impresi per pengguna.

Namun demikian, manfaat retargeting hanya terjadi jika dilakukan dengan benar. Ketika menggunakan retargeting dan beberapa kampanye iklan, mempertahankan konsistensi visual di seluruh iklan digital dengan menggunakan foto stok adalah kunci. Ini membangun pengenalan merek dan kepercayaan.

Pertimbangkan Pengalaman Setelah Klik

Setelah kamu berhasil mendapatkan lead untuk mengklik iklan kamu, apa yang akan mereka lihat selanjutnya? Apakah mereka akan bingung atau jalur yang mereka ambil akan terasa sempurna?

Pastikan konten dari gambar stok sesuai dengan apa yang kamu tawarkan dan nilai-nilai merek kamu. Jika tidak, tingkat konversi kamu bisa menderita.

Faktor pada Ad Longevity

Jika kamu merencanakan kampanye iklan yang berjalan lama, padukan gambar stok dengan desain yang tidak akan cepat terasa ketinggalan zaman atau terkait dengan musim tertentu. Ini adalah keseimbangan yang harus kamu pertimbangkan. Kamu perlu menimbang tren visual dengan elemen-elemen yang tidak ketinggalan zaman.

Sebagai contoh, kamu bisa mencoba menggunakan salah satu warna tren tahun ini dalam lapisan gradasi klasik untuk gambar stok kamu.


Bagaimana Meningkatkan Engagement dengan Foto Stok dalam Iklan Digital

Sekarang kamu sudah tahu cara menggunakan gambar stok dalam strategi kamu, bagaimana cara mendapatkan hasil terbaik?

Gunakan ide-ide ini untuk meningkatkan keterlibatan dengan iklan digital kamu:

Manfaatkan Format Interaktif

Dari iklan karusel hingga cerita slide, ada banyak pilihan dalam hal iklan digital. Cobalah menggunakan gambar stok dalam aset kamu di berbagai format.

Banyak platform seperti Instagram, Facebook, dan Snapchat bahkan menawarkan iklan augmented reality (AR), yang memungkinkan pengguna untuk menyisipkan gambar 3D ke dalam lingkungan mereka menggunakan kamera perangkat mobile.

Menurut Shopify, iklan AR memiliki tingkat konversi 94% lebih tinggi dibandingkan iklan tampilan tradisional.

Lakukan Pengujian A/B

Salah satu keuntungan dari iklan digital adalah memberikan umpan balik yang cepat. Manfaatkan ini dengan melakukan pengujian A/B untuk mencoba berbagai gambar stok.

Metode ini memungkinkan kamu membandingkan dua versi iklan untuk menentukan mana yang lebih baik performanya. Mungkin kamu akan terkejut bahwa perubahan kecil dapat memiliki dampak besar. (Misalnya: Menunjukkan subjek atau item yang sama dalam pose atau sudut pandang yang berbeda.)

Lisensi gambar ini via theshots.co

Review Across Devices

Iklan digital tidak satu ukuran untuk semua. Target audiens kamu kemungkinan akan melihatnya melalui desktop, tablet, dan smartphone.

Pastikan bahwa foto stok dan desain iklan kamu berfungsi dengan baik di semua lingkungan ini. Dengan begitu, tidak peduli dari mana mereka mengklik atau mengetuk, iklan kamu akan terlihat jelas.

Sertakan Panggilan Aksi (CTA) yang Kuat

CTA mendorong audiens kamu untuk melakukan tindakan yang diinginkan, baik itu mendaftar, membeli, atau mempelajari lebih lanjut. Saat memilih gambar untuk iklan digital kamu, pertimbangkan bagaimana bagian-bagian ini akan bekerja bersama dan apa yang dapat kamu lakukan untuk meminimalkan gangguan.

Sebagai contoh, kamu mungkin mencari gambar yang memiliki ruang negatif, sehingga lebih mudah menambahkan teks overlay tanpa membuat pemirsa terlalu terganggu.

Ketika kamu merencanakan CTA, pilih beberapa kata kuat untuk menjelaskan tindakan yang ingin kamu dorong. (Pikirkan: Tempat Terbatas—Booking Sekarang! Untuk paket liburan sewaan.)

Lisensi gambar ini via theshots.co

Temukan Kehebatan Gambar Stok dalam Iklan Digital

Cerita kamu, ditambah dengan visual yang kuat, dapat meninggalkan kesan yang berkesan dan mendorong pengunjung untuk mengklik. Sekarang, giliran kamu untuk menguji pengetahuan ini dan melihat bagaimana penggunaan foto stok dalam iklan dapat memperkuat aset kamu.

Coba Sekarang! 

 

Artikel ini adalah terjemahan dari artikel asli yang ditulis oleh :

https://www.shutterstock.com/blog/advertising-best-practices-stock-photo-tips

Related posts

Rahasia Email Marketing yang Menarik Audiens

Admin Original

Cara Meningkatkan Brand Awareness Produk dan Layanan

Admin Original

Cara Membuat Email Marketing yang Menarik & Interaktif

Admin Original

15 Tips Profesional Biar Kamu Jago Copywriting Iklan

Admin Original

Demi Keamanan, Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Gambar Online

Admin Original

7 Strategi Mengatasi Tantangan Identitas Merek di Dunia Digital

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp