Social media

Cara Mengunggah Reel Instagram untuk Engagement Maksimal

Perluas jangkauan video sosial kamu dengan panduan ini untuk mengoptimalkan dan mengunggah Reel Instagram di ponsel, Mac, dan PC.

Ingatkah saat Instagram hanyalah sebuah aplikasi yang digunakan orang-orang untuk menerapkan filter pada foto? Bagaimana dengan perdebatan mengenai apakah Instagram benar-benar merupakan bentuk fotografi? Ya, masa-masa itu sudah lama berlalu—dan Instagram telah berkembang sangat pesat.

Saat ini, Instagram adalah komunitas yang ramai dengan lebih dari 2,4 miliar pengguna bulanan, menjadikannya tujuan utama bagi para marketer dan content creators yang ingin meningkatkan engagement, dan memperluas followers mereka.

Jika kamu ingin memanfaatkan Instagram sepenuhnya, panduan untuk mengoptimalkan dan mengunggah Reel Instagram ini siap membantu kamu. Baik kamu menggunakan PC, Mac, atau seluler, atau menggunakan alat dalam aplikasi atau perangkat lunak pihak ketiga, berikut cara meningkatkan kehadiran digital kamu dengan menguasai seni memposting video Instagram.


Cara Membagikan Reel ke Instagram dari Perangkat Seluler

Seperti yang akan kamu lihat pada langkah pertama, kamu dapat mengunggah video ke Instagram dari beberapa tempat berbeda di aplikasi seluler.

Langkah 1: Akses Feed Reel

Pada feed Reel (diakses dengan memilih clapperboard dengan ikon putar), kamu dapat mengunggah Reel dengan memilih tombol kamera di pojok kanan atas. Ini akan membawa kamu ke layar Reel, tempat kamu dapat merekam atau mengunggah Reel kamu.

Atau, jika kamu berada di halaman profil, kamu dapat mengetuk tanda + di pojok kanan atas, dan memilih Buat Reel.

Terakhir, kamu dapat menekan opsi posting (tombol tengah). Awalnya, ini akan membawa kamu ke halaman yang memungkinkan kamu untuk mengunggah gambar, tetapi kamu dapat beralih ke Reel. Namun dashboard ini lebih disesuaikan untuk konten yang sudah ada dan siap untuk diunggah.

Langkah 2: Pilih Video

Jika kamu tidak membuat Reel secara spontan, dan kamu lebih memilih menggunakan media yang sudah ada, lakukan sebagai berikut:

  • Akses halaman Reel, dan cari ikon persegi di kiri bawah.
  • Ketuk ikon ini untuk membuka perpustakaan media kamu, dan pilih video yang ingin kamu gunakan.
  • Pilih video kamu, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya: mengedit video dengan antarmuka pengeditan Reel.
Langkah 3: Edit Video

Ketuk video kamu, dan kamu akan dapat mengedit video kamu. Saat kamu menelusuri opsi pengeditan, pertimbangkan untuk memotong video, menerapkan filter, dan menambahkan stiker, teks, dan audio.

Sesuaikan pendekatan kamu berdasarkan audiens dan tujuan kamu. Perhatikan tren saat ini dan rekomendasi audio Instagram jika ingin menjangkau lebih luas.

Langkah 4: Pilih Sampul dan Tulis Judul yang Bagus

Buat deskripsi yang menarik untuk video Instagram kamu. Manfaatkan fitur Lokasi dan hashtag agar Reel kamu lebih mudah ditemukan. Pilih sampul dari video kamu, atau unggah gambar kamu sendiri dengan mengetuk Edit Sampul dan Tambahkan dari Rol Kamera.

Langkah 5: Pilih Opsi Add-On Anda

Sebelum memposting video kamu ke Instagram, pertimbangkan untuk menandai orang, lokasi, atau produk untuk meningkatkan visibilitas.

Jika kamu ingin menonjol dari yang lain, pastikan konten kamu sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan Instagram.


Spesifikasi yang Direkomendasikan untuk Reel Instagram

Saat mengupload media yang telah diedit sebelumnya, penting untuk memastikan video memiliki spesifikasi yang benar agar dapat diupload dengan cepat. Inilah yang perlu diketahui tentang ukuran Reel Instagram yang tepat:

  • Durasi video yang diperlukan: Up to 90 detik jika dibuat di aplikasi Instagram. Maksimal 15 menit jika diunggah.
  • Dimensi video yang diperlukan: Minimum 720×1280, tetapi disarankan 1080×1920 piksel (rasio aspek 9:16).
  • Format pilihan: MP4 (dengan Codec H.264 dan audio AAC, bitrate video 3.500 kbps).
  • Kecepatan bingkai: 30fps atau lebih rendah.

Mengetahui dimensi Reel Instagram kamu sangat penting untuk engagement. Kamu tahu pepatah lama: Kamu hanya punya satu kesempatan untuk membuat kesan pertama? Buat ini berarti! Ukuran Reel Instagram yang salah dapat membahayakan kualitas dan minat konten.


Merekam Reel dari Aplikasi Instagram

Jika merekam beberapa video dan mengeditnya dalam editing software terasa membosankan, jangan khawatir! Kamu dapat merekam dan mengedit langsung dari aplikasi Instagram. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

1: Buka Instagram dan Akses Reel
  • Ketuk ikon ‘+’ di kanan atas layar beranda kamu.
  • Pilih ‘Reel’ dari menu bawah untuk mulai membuat.
2: Rekam atau Unggah Video
  • Tekan dan tahan tombol rekam untuk mengambil rekaman baru, atau ketuk ikon galeri di kiri bawah untuk mengunggah dari perangkat kamu.
3: Memangkas Klip Kamu
  • Setelah merekam atau mengunggah, gunakan alat potong untuk menyesuaikan panjang klip kamu. Seret tepi garis waktu klip kamu untuk melakukan pengeditan yang tepat.
4: Tambahkan Audio
  • Ketuk ikon logo musik untuk menelusuri dan memilih lagu atau audio dari perpustakaan musik Instagram, atau gunakan audio asli kamu sendiri.
5: Gunakan Fitur Pengeditan
  • Efek: Ketuk wajah tersenyum untuk menambahkan efek atau filter khusus.
  • Kecepatan: Sesuaikan kecepatan video kamu dengan memilih ikon putar.
  • Timer dan Hitung Mundur: Atur timer jika kamu memerlukan perekaman handsfree.
6: Sejajarkan Klip Sebelumnya
  • Jika menambahkan beberapa klip, gunakan alat penyelarasan untuk membuat transisi mulus di antara setiap klip.
7: Tambahkan Teks dan Stiker
  • Ketuk ikon teks ‘Aa’ untuk menambahkan teks. Sesuaikan font, warna, dan posisi.
  • Gunakan ikon stiker untuk menambahkan stiker, GIF, atau fitur interaktif seperti polling.
8: Sulih Suara dan Teks
  • Tambahkan sulih suara dengan memilih ikon mikrofon dan merekam suara kamu.
  • Gunakan stiker teks untuk menyalin dialog di Reel kamu secara otomatis.
9: Bagikan

Proses share sama seperti jika kamu mengupload video yang sudah diedit sebelumnya. Selamat, kamu sekarang sedang dalam perjalanan untuk menjadi terkenal di Insta!


Cara Mengunggah Video Instagram di Mac atau PC

Meskipun ada aplikasi seluler untuk mengedit video, beberapa lebih suka melakukan editing video di layar yang lebih besar. Jika kamu memilih untuk tidak mengirim kembali video yang telah diedit ke perangkat seluler untuk diunggah, kamu juga dapat mengunggah Reel melalui desktop kamu.

Setelah masuk, cari tombol Buat di sisi kiri. Dari sana, pilih file video dari desktop kamu.

Sekarang, meskipun kamu dapat menambahkan beberapa video, mengubah resolusi, memangkas file video, dan menambahkan info teks, kamu tidak dapat menambahkan banyak efek dan aset seperti yang dapat kamu lakukan di aplikasi Instagram asli. Jadi, kamu kehilangan sedikit fungsionalitas.

Proses ini lebih cepat daripada menggunakan aplikasi, tetapi lebih cocok dengan Reel yang sudah diedit sepenuhnya dan siap digunakan.


Apa yang Terjadi dengan IGTV?

Jika kamu penasaran bagaimana cara upload video ke IGTV,  sayangnya sudah tidak bisa. Fitur ini dihentikan secara bertahap pada tahun 2021. Awalnya diluncurkan sebagai jawaban Instagram terhadap YouTube, IGTV telah diintegrasikan ke dalam penawaran video Instagram yang lebih luas.

Baik video in-feed, live, atau bentuk video lainnya, semuanya kini termasuk dalam kategori Reel Instagram, bukan IGTV.

Lisensi gambar ini via Kaspars Grinvalds.

Konsolidasi fitur ini berarti mengunggah video berkualitas tinggi ke Instagram menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Selain itu, dengan tersedianya durasi video yang fleksibel, kamu memiliki kebebasan untuk menyusun narasi kamu menggunakan berbagai format video Instagram, memungkinkan kamu melibatkan pemirsa dengan cara yang lebih dinamis.


Bisakah Kamu Mengunduh Reel?

Berbeda dengan foto Instagram, Reels dapat diunduh, karena (tentu saja) sifat fitur ini adalah untuk berbagi, mencampur, dan bereaksi terhadap konten yang diunggah. Namun, perlu dicatat bahwa jika kamu mengunduh Reel, nama pengguna pembuat Reel tersebut akan dimasukkan ke dalam rekaman.

Sekarang, menavigasi pengaturan privasi Reel Instagram kamu sangat penting untuk mengontrol siapa yang dapat mengunduh dan membagikan konten kamu. Berikut rincian perbedaan setelan ini berdasarkan sifat akun kamu.

Akun Publik:

  • Akses Umum: Setiap pengguna Instagram dapat mengunduh dan membagikan Reel kamu secara default jika akun kamu bersifat publik. Aksesibilitas luas ini adalah standar, namun kamu tetap memegang kendali melalui pengaturan unduhan Reel kamu.
  • Akun Remaja: Instagram memprioritaskan keamanan bagi pengguna berusia di bawah 18 tahun yang memiliki akun publik dengan menyetel opsi pengunduhan default untuk Reels ke ‘nonaktif’. Namun, pengguna yang lebih muda ini dapat memilih untuk mengaktifkan pengunduhan jika mereka mau.

Akun Pribadi:

  • Akses Terbatas: Privasi ditingkatkan untuk akun pribadi. Kecuali kamu mengalihkan akun kamu ke publik, Reel kamu tetap tidak dapat diakses untuk diunduh oleh orang lain di Instagram. Pengaturan ini memastikan bahwa hanya pengikut kamu yang disetujui yang dapat melihat dan berinteraksi dengan Reel kamu.

Masa Depan Instagram

Masa depan Instagram tidak dapat disangkal terkait dengan video. Seiring perkembangannya, tetap update dengan tren video terkini di Instagram dan platform lain seperti TikTok atau YouTube sangatlah penting. Pantau musik, suara, dan slogan populer untuk memastikan konten kamu disukai para audiens.

Selain itu, stok video adalah pelengkap yang bagus untuk stok foto, terutama saat waktunya terbatas atau kamu menghadapi rintangan kreatif. Pertimbangkan untuk memanfaatkan sumber daya seperti Shutterstock untuk stok video, memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu sambil menghormati aturan perizinan untuk mendukung artis dan menghindari masalah hukum.

Ingat, menguasai postingan video Instagram hanyalah permulaan. Dunia video menawarkan peluang kreatif tanpa batas. Jadi, keluarkan kreativitas kamu dan bagikan visi kamu kepada dunia. Kemungkinannya tidak terbatas, dan kami sangat senang melihat apa yang akan kamu buat!


Tingkatkan Desain Kamu ke Tingkat Selanjutnya dengan Shutterstock Flex

Butuh fotografi indah untuk menjadi fondasi proyek kamu berikutnya? Kami siap membantu Anda. Dengan Shutterstock Flex, kamu akan memiliki akses lengkap ke perpustakaan besar kami, ditambah FLEXibilitas yang kamu perlukan untuk memilih perpaduan aset yang sempurna setiap saat.

Artikel ini adalah terjemahan dari artikel asli yang ditulis oleh :

https://www.shutterstock.com/blog/upload-videos-instagram-pc-mobile

Related posts

12 Ide Konten Instagram Kreatif untuk Meningkatkan Engagement

Admin Original

Jangkau Milenial dan Gen Z dengan Video Berdurasi Panjang

Villda Regina

Rahasia Membuat Konten TikTok FYP Dengan Stok Foto

Admin Original

Yuk Bikin Desain End Screens Youtube Stylish Buat Channel-mu

Admin Original

Tips Mempromosikan Produk dan Layanan yang Jitu

Admin Original

Tingkatkan Citra Kamu di LinkedIn dengan Stok Foto

Villda Regina

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp