Baker Story

Kekuatan Tema dalam Fotografi Makanan

Summary: 
  • Tema fotografi makanan penting untuk menghasilkan foto yang kuat, konsisten, dan menarik.
  • 4 tema fotografi makanan: modern, klasik, rustic, dan whimsical.
  • Setiap tema memiliki ciri khas dan target audiensnya masing-masing.
Lisensi gambar ini via ViDI Studio

Frustasi? Bingung? Kesal? Kue dan roti yang kalian buat sudah lezat banget, tapi foto-foto yang kalian ambil malah terlihat datar dan gak menarik?

Jangan khawatir, kalian gak sendirian kok!

Banyak fotografer lain yang juga mengalami kesulitan yang sama. Tapi tau kah kalian? Rahasia untuk menaklukkan foto-foto yang membosankan ini adalah dengan kekuatan tema!

Tema adalah langkah awal yang sering kali terlewatkan, padahal bisa membantu kalian dalam proses fotografi menjadi lebih lancar dan terarah.

Mengapa Tema Fotografi Makanan Penting?

Dengan adanya tema, hasil fotografi kamu akan menjadi kuat dan konsisten. Konsistensi dalam penggunaan tema juga memungkinkan audiens untuk mengenali bahwa gambar-gambar tersebut adalah bagian dari satu set atau kampanye yang sama.

Tema juga dapat membantu dalam menyusun elemen-elemen visual agar terlihat lebih harmonis, sehingga meningkatkan daya tarik visualnya. Ini penting untuk membuat hasil fotografi kamu menonjol dan menggugah selera audiens.

Tema juga berfungsi sebagai alat komunikasi brand kamu, dimana tema yang dipilih dapat mencerminkan karakter brand, apakah itu elegan, modern, atau sederhana. Kamu juga bisa manfaatkan tema untuk membantu kamu dalam menyampaikan cerita di balik makanan tersebut.

Bagaimana Memilih Tema yang Efektif?

Lisensi gambar ini via ViDI Studio

Tanyakan pada diri kamu pertanyaan ini:

  • Siapa target audiens kamu? Apa minta dan preferensi mereka? Memahami target audiens adalah langkah pertama dalam menentukan tema yang tepat. Pertimbangkan demografi, gaya hidup, dan kebiasaan konsumsi mereka.
  • Apa jenis makanan yang akan difoto? Apakah berupa kue ulang tahun yang meriah atau roti tradisional? Pertimbangkan juga jenis kue dan roti yang ingin kamu foto. Misalnya, kue ulang tahun mungkin membutuhkan tema yang ceria dan penuh warna, sementara roti tradisional mungkin lebih cocok dengan tema yang hangat dan rustic.
  • Apakah kamu sudah menggunakan Mood Board? Sudah kah kamu mengumpulkan gambar, teksur, dan warna dari tema kamu?  Mood board adalah alat yang sangat berguna untuk memvisualisasikan konsep dan memastikan semua elemen visual bekerja sama dengan baik. Ini yang akan membantu kamu menjaga konsistensi dan arah yang jelas dalam fotografi kamu.

Jenis Tema dalam Fotografi Makanan

Modern

Tema ini biasanya sering digunakan untuk melengkapi roti artisan atau jenis-jenis kue yang memiliki desain dan gaya modern. Biasanya dengan bentuk unik dan teksturnya yang menarik, namun memiliki dekorasi yang minimalis.

Jika ingin menggunakan tema ini, pilih latar belakang yang bersih dan minimalis, seperti papan putih untuk memberikan kesan modern dan elegan. Kamu juga bisa gunakan properti seperti tanaman hijau atau bunga sebagai elemen pendukung. Sentuhan alami tersebut dapat menambah visual yang menarik.

Tema modern biasanya dituju bagi target audiens para penggembar makanan, mereka yang mencari inspirasi untuk kreasi makanan mereka sendiri akan tertarik dengan tampilan yang modern dan segar. Tema ini dapat juga menginspirasi para profesional dalam industri kuliner untuk menciptakan karya mereka sendiri.

Klasik

Untuk tema kali ini cocok untuk digunakan di kue-kue tradisional dengan frosting yang halus serta roti pedesaan yang renyah dan bertekstur padat.

Kamu bisa melengkapi kue tersebut dengan properti-properti tradisonal seperti sendok kayu atau mangkuk tembaga. Untuk latar belakang, kamu bisa memanfaatkan kain linen atau kayu tua untuk terlihat bergaya vintage. Tapi, kamu juga bisa bereksperimen dengan bunga-bunga segar untuk sentuhan romatis.

fotografi kue tradisional dengan tema klasik
Lisensi gambar ini via Ketut Mahendri

Tema ini bisa ditujukan bagi para keluarga, mereka yang sedang mencari inspirasi untuk acara-acara keluarga atau acara tradisional lainnya. Tema ini juga bisa ditujukan bagi mereka yang bekerja di restoran atau kafe untuk mencari inspirasi untuk menonjolkan suasana elegan dan klasik.

Rustik

Tema ini bisa dibilang cocok untuk kue dan roti yang memiliki topping buah seperti pie buah. Namun tema ini juga cocok untuk roti-roti tradisional lainnya yang menggunakan biji-bijian utuh.

fotografi kue dengan tema rustik
Lisensi gambar ini via 77 Studio

Untuk melengkapi tema, kamu bisa menggunakan kayu kasar atau kain goni sebagai latar belakang untuk menciptakan suasana pedesaan. Pilih juga peralatan makan kayu atau keramik kasar sebagai properti foto kamu. Tambahkan dekorasi alami juga seperti buah-buahan segar atau sayuran dari kebun.

Tema ini cocok bagi kamu yang memiliki target audiens para koki rumah yang mencari resep-resep sederhana dan bahan-bahan alami. Selain itu, tema ini juga cocok untuk menonjolkan produk-produk alami dan organik sehingga cocok bagi para pasar petani.

Whimsical

Tema ini biasanya sering digunakan bagi meraka yang sedang mengambil gambar kue ulang tahun yang dihias dengan ceria. Tema ini juga sering digunakan pada cupcake atau kue kering yang memiliki dekorasi kreatif.

Untuk mendalami tema ini, kamu bisa menggunakan properti yang menyenangkan dan imajinatif seperti mainan atau karakter-karakter kartun. Kamu juga bisa tambahkan permen dan taburan meses berwarna warni untuk sentuhan manis. Gunakan juga latar belakang yang penuh warna dan balon maupun confetti.

Tema ini bisa kamu gunakan untuk mencapai target audiens anak-anak atau orang dewasa yang berjiwa muda, atau para Gen-Z. Ini juga cocok bagi target audiens kamu yang sedang merencanakan pesta atau perayaan.

fotografi kue ulang tahun dengan tema whimsical
Lisensi gambar ini via Pixel-Shot

Masih banyak lagi tema-tema fotografi yang bisa kamu temukan dan eksplor lebih detail. Namun, keempat tema di atas adalah titik awal yang bagus untuk pemula. Dengan mengikuti tema-tema ini, kamu bisa mulai mengasah keterampilan fotografi kamu dan menemukan gaya yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.


Untuk belajar dan praktek langsung, jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media kami agar tetap update dengan workshop-workshop fotografi yang kami adakan. Di sana, kamu bisa berlatih langsung dan mendapatkan bimbingan dari para profesional. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan fotografi kamu dan berinteraksi dengan komunitas fotografi yang inspiratif.

Mulailah perjalanan fotografi makanan dengan Riz Visual! 

Related posts

Cara Sederhana Foto Makanan Biar Terlihat Lebih Menggiurkan

Villda Regina

Komposisi pada Fotografi Kue dan Roti

Villda Regina

Guna Panca Indera bagi Fotografi Makanan

Villda Regina

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp