Infografis
shutterstock_533700334
Desain Grafis

Kupas Tuntas Infografis, Media Komunikasi Modern yang Efektif

Infografis menjadi media komunikasi modern yang menggabungkan informasi teks dengan elemen visual seperti gambar, ilustrasi, dan grafik.

Dengan cara modern ini, informasi yang kompleks hadir dengan visual yang menarik, dan lebih mudah dipahami oleh audiens terutama dalam dunia yang penuh dengan informasi berlimpah. Dalam tulisan ini, RizVisual akan membawa kamu untuk mendalami pengertian infografis, jenis dan langkah-langkah untuk membuatnya.

Apa itu infografis ?

Apa itu infografis
shutterstock_485715877

Infografis adalah media informasi yang disusun menggunakan kekuatan visual untuk menjelaskan konsep cerita, menyajikan fakta, hingga memvisualisasikan data yang kompleks. Sehingga, secara singkat tujuan informasi visual ini yaitu menjembatani data dan audiens secara efektif.

Jenis-Jenis Infografis

Infografis
shutterstock_533700334

Infografis Statis: Keindahan dalam Kesederhanaan

Mari kita mulai dengan jenis infografis sederhana namun mampu menggugah minat dan menginspirasi audiens, yaitu infografis statis. Dimana infografis ini menggunakan gambar dan ilustrasi yang kemudian menjelma menjadi sebuah pesan menarik.

Infografis Animasi: Pernyataan Kuat yang Bergerak

Infografis animasi, merupakan gabungan audio dan visual dalam gerak. Media yang hadir pada 2D hingga 3D ini, menjadi magnet yang menghipnotis audiens melalui platform YouTube, televisi, atau media sosial sekalipun.

Tambahkan narasi yang menarik untuk memikat audiens, atau gunakan audio yang mencolok untuk memberikan efek kejut.

Infografis Interaktif: Bermain dengan Informasi

Interaktif menjadi komunikasi dua arah yang membuat audiens mau mendekat dan menggali lebih dalam sebuah informasi secara sukarela.

Biasanya data ini dibentuk dalam pertanyaan, maupun objek interaktif, sehingga menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan. Jadi, jika kamu ingin menarik audiens lebih dekat, infografis interaktif adalah senjata rahasianya.

Jadi, jangan takut untuk menjelajahi majinasi tanpa batas dan gaya penulisan yang kreatif, untuk menciptakan data visual yang menarik.

Cara membuat infografis dengan metode ICCORE

Cara membuat infografis
shutterstock_1069544213

Membuat informasi visual yang menarik dan profesional membutuhkan pendekatan yang terstruktur. Salah satu metode yang bisa kamu terapkan adalah metode ICCORE, yang terdiri dari Inform, Compare, Change, Organize, Relationship, dan Explore.

Inform (Berikan Informasi)

Pertama-tama, sebelum menyampaikan sebuah informasi pastikan kamu sudah melakukan identifikasi dan mengecek relevansi. Gunakan juga teks yang singkat, jelas, dan mudah dipahami untuk menyampaikan informasi tersebut.

Compare (Bandingkan)

Langkah selanjutnya adalah membandingkan informasi yang kamu miliki. Untuk memvisualisasikan perbandingan tersebut, gunakanlah grafik, diagram, atau ilustrasi yang mudah dipahami. Misalnya untuk membandingkan pertumbuhan penjualan antara dua produk, kamu dapat menggunakan grafik batang atau grafik lingkaran untuk menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Change (Perubahan)

Infografis yang menarik juga harus mampu menyajikan perubahan informasi dari waktu ke waktu atau suatu kondisi ke kondisi lainnya dengan cara yang mudah dipahami. Misalnya, dengan menggunakan grafik garis, grafik area, atau animasi, yang dapat menyampaikan perubahan dengan jelas dan dimengerti oleh audiens.

Organize (Pengaturan)

Susun informasi dan elemen visual kamu menggunakan tata letak yang jelas, serta berikan penekanan  pada poin-poin penting. Dengan, struktur infografis yang baik, audiens dapat mengikuti alur informasi dengan mudah.

Relationship (Hubungan)

Penting untuk menunjukkan keterkaitan antara informasi yang kamu sampaikan. Gunakan elemen visual seperti panah, garis, atau ikon yang relevan untuk menunjukan keterkaitan tersebut. Misalnya, jika ingin menunjukkan hubungan sebab-akibat antara beberapa faktor, gunakan flowchart yang mudah dimengerti.

Explore (Jelajahi)

Untuk memudahkan audiens menjelajahi lebih dalam informasi yang disampaikan, penting untuk menyediakan referensi tambahan, seperti tautan ke artikel terkait, video penjelasan atau sumber data asli yang digunakan.

Akses inilah yang membuat pembaca dapat menggali lebih dalam, serta memperoleh pemahaman yang  komprehensif dan mendapatkan konteks lebih luas terkait dengan topik yang disajikan.

Dengan menerapkan metode ICCORE ini, kamu dapat menciptakan informasi visual yang menarik, informatif, dan mudah dipahami oleh audiens. Pastikan untuk menggunakan elemen visual yang sesuai, memilih tata letak yang baik, serta memberikan informasi yang relevan.

Faktor lainnya ingat selalu untuk mempertimbangkan konten yang ingin kamu sampaikan, target audiens , serta platform distribusi yang akan digunakan.

Jika dilihat secara keseluruhan, infografis merupakan media komunikasi yang menggabungkan elemen visual seperti gambar, ilustrasi, dan grafik. Sehingga, dapat menjadi solusi kreatif untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Mengerti akan hal di atas, Riz Visual ( partner resmi SHUTTERSTOCK) hadir memberikan ragam konten visual yang akan membantu kamu memenuhi kebutuhan bisnis dengan lisensi resmi

Related posts

Serba Serbi Seni AI dan Penggunaanya yang Aman

Cindy Halida

PixelSquid; Rahasia Desainer 2D Menciptakan Objek 3D Tanpa Software

Cindy Halida

Cara Bikin Kalender Custom Dengan Cepat dan Mudah

Cindy Halida

Ini Dia Prediksi Tren Design 2024 By Canva

Cindy Halida

Mengupas 15 Istilah Dalam Desain Grafis dan Pemahamannya

Cindy Halida

Mengenal Tipografi Lebih Dekat: Sejarah, Klasifikasi, dan Fungsinya

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp