Uncategorized

Tren Desain 2023 yang Bikin Melongo

Penasaran sama tren desain 2023, bakal seperti apa ya? intip bocorannya disini

Menurut data terbaru Shutterstock, tahun ini akan banyak tren yang mind blowing. Mendorong batasan desain, aturan desain konvensional, dan menonjol dengan karya yang lebih hidup.

Perubahan signifikan ini terjadi dengan cepat selama pandemi, apalagi sejak adanya platform sosial baru seperti TikTok yang menjadi pusat perhatian. Platform yang digandrungi milenial ini, memberi penggunanya sensasi sensorik, warna menyala hingga konsep yang unik.

Berdasarkan data tersebut muncul prediksi kuat yang juga ikut mengubah arah desain tahun ini.

Intip Tren desain yang menarik perhatian tahun ini

Wah perubahan tren desain apa saja yang akan berpengaruh baik itu pada desain interior, grafis, hingga dunia UX? 

Desain 3D

Tren desain

3D telah mengambil posisi terdepan dalam tren desain yang muncul pada tahun 2023. Pasalnya Metaverse telah memberi pengaruh besar pada konsep yang menonjol dengan realitas visual. 

Realitas virtual atau Virtual reality merupakan teknologi yang diciptakan dari imajinasi dan teknologi. Sehingga penggunanya dapat berinteraksi di dunia maya seperti di dunia nyata, serta menghasilkan pengalaman visual inderawi yang juga digunakan dalam pembuatan film, video game, animasi, yang lebih hidup.

Desain Retro 

Desain retro

Retro menonjol dengan kedamaian, cinta, dan saturasi warna unik. Sempat meramaikan dunia desain pada era-1960 hingga awal 1990-an, kemudian kembali meledak pada tahun 2022.

Selalu hadir dengan mengikuti perkembangan di era dan dekade yang berbeda, serta mendapatkan pengaruh dari perkembangan industri lainnya. Misalnya jika kembali ke tahun 60-an dan 70-an, desain ini berpadu dengan palet warna yang lebih cerah maupun elemen desain yang lebih berani.

Namun yang paling menonjol tren ini biasanya muncul dengan banyak tipografi. Melakukan penekanan pada font membulat, serta bercampur dengan ketebalan maupun garis tebal. Hadir dengan sedikit sentuhan warna gradien yang menghidupkan desain agar lebih menarik.  Tren desain ini cocok untuk dunia marketing dan menarik anak muda.

Trend desain surreal world atau dunia nyata

Surreal World

Kolaborasi serta interaksi dunia realita dan virtual semakin erat. Terlihat dari desain surreal world yang memberikan kejutan, dengan menjadikan fantasi seperti dunia nyata.

Tren desain ini sedang menciptakan hal baru, serta bercerita tentang elemen yang menyenangkan, dunia lain, asimetri, dan menembus batas yang pernah ada. Namun yang paling menonjol adalah palet warna serta elemen unik. 

Mode gelap

Foto model Tren Desain

Tren ini berpengaruh sangat besar untuk desain UX/UI di tahun ini. Sebab, bukan rahasia lagi bahwa hampir semua orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat layar HP, itulah sebabnya mode gelap berdampak besar.

Selain itu desain dengan mode gelap menghadirkan keuntungan seperti

  1. Menghemat baterai pada ponsel pintar yang menggunakan layar AMOLED
  2. Lebih mudah dilihat pada kondisi cahaya gelap atau cahaya rendah
  3. Memberikan kesan lebih modern dan elegan
  4. Ramah bagi mata dan mencegah kelelahan mata.

Dari kelebihan di atas, terlihat bukan alasan desain ini sering digunakan dalam aplikasi, situs web, dan brand produk.

Tipografi distorsi

Tren Desain Tipografi distorsi

Jika kemarin font serif sempat muncul dengan pendekatan yang lebih minimalis. Sekarang,  tren sudah semakin bergeser ke arah yang lebih menyenangkan yaitu distorsi tipografi.

Distorsi bicara tentang karateristik yang menonjol pada warna, gaya, perbedaan warna, hingga ukuran.

Cara lainnya dilakukan dengan mengkombinasikan ukuran huruf, peregangan huruf, tingkat keburaman yang berbeda, dan kejutan elemen di dalam font itu sendiri.

Palet warna unik

Warna desain yang menarik

Hanya mengingatkan segala desain di 2023 adalah tentang mendobrak aturan desain yang ada. Ini berarti warna dapat berpasangan secara acak. Hal ini dapat terlihat dari warna neon yang dipasangkan dengan warna unik lainnya.

Contoh lainnya, palet pelangi berwarna cerah yang mencakup hijau, jingga, ungu dan hitam. Memang terlihat unik dan mendobrak aturan yang ada bukan?

Jangan takut memasangkan warna yang tidak biasa bersama-sama. Karena kamu dapat menciptakan pengalaman visual yang ajaib dan nyata. Serta memiliki kekuatan untuk melepaskan diri dari palet warna yang membosankan atau berulang yang telah digunakan secara konvensional sebelumnya.

Jadi dapat disimpulkan bermain dengan warna adalah cara ampuh untuk bereksperimen dengan elemen desain yang lebih berani maupun menggambarkan tema yang unik.

Tren Desain dan warna

 

Tren desain saat ini bekerja sama untuk membawa manusia untuk mendorong batas dalam desain dan menjelajahi dunia baru. Berkolaborasi dengan waktu sehingga membentuk sejarah, desain baru yang inspirasional, dan futuristik.

Jadi tunggu apalagi, ciptakan karyamu sendiri tanpa rasa takut, tembus batas dan bergabunglah menjadi kontributor Shutterstock sekarang juga. Platform raksasa yang menjadi wadah kreatif bagi para konten kreator.

Dengan menjadi kontributor Shutterstock kamu bisa menyulap karya menjadi pendapatan , serta membuka peluang untuk dikenal dunia dengan karyamu loh!

Related posts

Shutterstock x Dall – E2 : Ciptakan Gambar Spesifik Hanya Dengan Teks

Admin Original

Cara cepat cari gambar model Indonesia di Shutterstock

Riz V

15 Kado Valentine yang Romantis & Penuh Makna

Admin Original

19 Menu Sarapan Pagi Simple dan Bergizi Yang Mudah Dibuat

Admin Original

10 Makanan Sehat yang Baik Untuk Kinerja Otak dan Produktivitas

Riz V

Memilih foto editorial Shutterstock yang berdampak positif kepada pembaca

Riz V

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp