Infografis
Shutterstock - 2048359613
Desain Grafis

Sejarah infografis dan Perkembanganya di Era Digital

Kisah menarik seputar sejarah infografis dan penemunya, akan membawa kamu melintasi waktu untuk mengungkap bagaimana elemen visual telah mengambil peranan penting dalam pembuatan media komunikasi modern.

Sejarah Infografis Dari Masa ke Masa

Apa itu infografis
Shutterstock -2041846232

Q: Bagaimana sejarah Infografis

A: Sejarah infografis dimulai sejak manusia pada zaman prasejarah menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan. Pada zaman itu, lukisan digunakan untuk menceritakan kisah sehari-hari dan aktivitas berburu.

Kemudian, pada abad ke-17 perkembangan infografis modern dimulai oleh William Playfair, yang menghadirkan visualisasi dengan bentuk data terstruktur seperti grafik batang dan diagram lingkaran.

Lanjut pada abad ke-19, penggunana visual grafik ini mulai dimanfaatkan surat kabar untuk memperkaya laporan berita mereka. Hingga pada abad ke-20 kemajuan infografis yang bertemu dengan teknologi semakin berkembang seperti yang kita kenal sekarang ini.

Q: Darimana munculnya istilah Infografis?

A: Istilah “infografis” diciptakan oleh Bill Hogarth pada tahun 1970-an ini berasal dari gabungan dua kata yaitu “informasi” dan “grafis”. Infografis ini mengacu pada representasi visual yang menggabungkan elemen-elemen grafis, seperti gambar, diagram, grafik, dan teks.

Q: Siapa penemu Infografis?

A: Khan merupakan ahli dan perintis dalam dunia infografis, yang telah meninggalkan warisan besar pada industri seni. Bahkan sepanjang hidupnya, ia berjuang untuk mengomunikasikan informasi visual tersebut melalui beragam media. Sehingga, tak heran meskipun Khan telah pergi cukup lama, nama dan karyanya tetap diingat.

Q: Apa peran Infografis dalam menyampaikan informasi?

A: Infografis memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi dengan cara yang singkat, padat, dan menarik. Dengan menggabungkan teks serta elemen visual secara harmonis maka menghasilkan visual yang menarik.

Selain itu, informasi grafis ini juga menjadi solusi untuk mempermudah informasi kompleks menjadi lebih mudah dimengerti oleh audiens. Serta, memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berinteraksi lebih dalam.

Q: Bagaimana Perkembangan Infografis di era teknologi digital?

A: Dalam era teknologi digital, infografis semakin populer dan menarik perhatian. Mereka menjadi media efektif untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik.

Saat ini sendiri, Infografis semakin mengesankan dengan penggunaan teknologi seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), yang menggabungkan dunia digital dengan dunia nyata, yang akhinya menciptakan pengalaman lebih mengesankan.

Jadi, jangan lewatkan kekuatan infografik yang dapat memperkuat pesan dan menyampaikan informasi secara efektif. Terlebih lagi saat ini sudah ada Rizvisual, (partner resmi Shutterstock) yang siap membantu kamu menemukan visual  terbaik untuk kebutuhanmu.

Related posts

Serba Serbi Seni AI dan Penggunaanya yang Aman

Admin Original

Yuk Bikin Email Header yang High Impact Untuk Digital Marketing

Admin Original

Optimalkan Konten Visualmu Dengan Palet Warna Perfilman

Admin Original

Keajaiban Hex Warna: Pesona di Setiap Kode Warna

Admin Original

Perkuat Visual Identity Lewat Jenis Jenis Logo Ini

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp