Jenis infografis dan contohnya
Shutterstock - 2196766293
Desain Grafis

10 Jenis Infografis yang Menjadi Magnet Bagi Audiens

Tahukah kamu Infografis merupakan salah satu bentuk konten visual yang menyulap informasi kompleks menjadi visual informatif. Namun, dalam penerapannya wajib tahu bagaimana menentukan jenis infografis yang tepat untuk data yang akan kamu sajikan.

Untuk mendapat informasi selengkapnya simak sampai habis informasi di bawah ini

Jenis infografis dan contohnya yang menarik audines

Infografis Statistik

Infografik statistik

Mengubah angka-angka yang kompleks menjadi grafik, diagram, atau tabel yang menarik dan informatif. Melalui jenis infografis ini data yang rumit akan mudah dipahami oleh audiens.

Cocok digunakan untuk menyajikan data numerik seperti hasil survei, statistik pasar, atau perbandingan angka-angka penting.

Infografis Timelines

Infografik Timelines
shutterstock_2175031225

Memvisualisasikan peristiwa atau perkembangan suatu topik dalam urutan kronologis, sehingga akan mempermudah audiens untuk mengerti alur cerita secara mendetail. Ideal untuk menggambarkan sejarah perusahaan, perkembangan produk, atau perkembangan industri dari waktu ke waktu.

Infografis Peta

Jenis infografis
shutterstock_1403466494

Jenis infografis ini memanfaatkan peta atau peta dunia untuk memvisualisasikan data geografis. Mereka dapat menyoroti lokasi, demografi, atau tren regional yang relevan dengan kampanye pemasaranmu. Umumnya digunakan untuk memvisualisasikan data demografi, penyebaran produk, lokasi acara maupun cabang bisnis.

Infografis Proses

Jenis infografis proses
shutterstock_707036368

Infografis proses membantu menjelaskan langkah-langkah atau prosedur secara visual dan mendetail. Bentuk visual ini sering digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah dalam penggunaan produk, prosedur operasional, atau proses produksi.

Infografis Perbandingan

Infografis perbandingan
shutterstock_2202614845

Infografis ini membandingkan beberapa elemen secara bersamaan. Sehingga kehadirannya akan membantu audiens memahami perbedaan serta keunggulan pada fitur produk, harga, pertumbuhan penjualan hingga kepuasan pelanggan.

Infografis Hierarki

Infografis Hierarki
shutterstock_2121837116

Jenis infografis ini berfungsi untuk menunjukkan hubungan antara elemen dalam suatu hierarki. Ideal digunakan untuk menggambarkan struktur organisasi, jenjang karir, atau tingkat kepentingan dalam suatu konteks.

Infografis Tips dan Panduan

Infografis Tips
shutterstock_1748750627

Bentuk visual yang menyajikan informasi dalam bentuk tips, panduan, atau daftar yang mudah dipahami dan diterapkan. Melalui infografis ini, kamu dapat memberikan nilai tambah kepada audiens secara siginifikan serta menciptakan daya tarik yang kuat.

Infografis Ilustratif

infografis ilustrasi
shutterstock_1784616302

Melalui kombinasi ilustrasi, ikon, dan gambar, infografis ini dapat menyampaikan pesan atau cerita dengan cara yang menarik serta memikat. Cocok untuk digunakan pada berbagai jenis keperluan yang ingin menampilkan data dengan cara bercerita.

Infografis berbasis daftar atau informasi

Infografik Informasi
shutterstock_487280590

Jenis infografis yang mengutamakan penyajian informasi dalam bentuk teks, seperti dalam bentuk kalimat pendek maupun paragraf. Meskipun teks menjadi fokus utama, elemen visual seperti ikon dan warna masih digunakan untuk memperkuat pesan yang disampaikan. Jenis infografis ini ideal untuk menyajikan informasi yang terpercinci seperti langkah-langkah, aturan, atau tips.

Infografis Flowchart

Infografik Flowchart
shutterstock_2180684945

Infografis flowchart adalah jenis infografis yang menggunakan grafik berbentuk alur kerja atau proses yang terhubung satu sama lain. Visual ini memvisualisasikan urutan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan tertentu. Umumnya, elemen visual seperti garis, panah, dan simbol digunakan untuk menggambarkan hubungan antara informasi tersebut.

Setelah melihat jenis jenis infografis di atas, terlihat jelas jika bentuk visual ini dapat membantu audiens untuk menggambarkan statistik, bercerita, dan menggambarkan proses dengan cara yang menarik daripada teks pada umumnya. Di samping, juga membantu audiens untuk menyerap informasi penting dengan cepat.

Sehingga, dengan kekuatan komunikatifnya, Infografis menjadi alat yang efektif dalam pemasaran, pendidikan, dan komunikasi visual secara umum.

Pelajari lebih lanjut tentang penggunaan infografis dalam pemasaran dan komunikasi visual, dengan mengunjungi blog RizVisual. Temukan juga lebih banyak informasi lainnya yang bermanfaat untuk digital marketingmu.

Related posts

10 Contoh Tipografi Simple yang Mencuri Hati

Admin Original

Tips Praktis Membuat Infografis yang Berbicara Lebih Dari Kata

Admin Original

Rahasia Sistem Manajemen Konten yang Efektif Bagi Tim Desainer

Admin Original

Langkah Praktis Menggunakan Generative AI Pada Proyek Kreatif

Admin Original

12 Tips Profesional Meningkatkan Desain Dengan Tipografi

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp