tIPOGRAFI
shutterstock_1947109630
Desain Grafis

Intip 9 Tren Tipografi yang Mewarnai Dunia Desain di 2023

Buat kamu para desainer dan marketers wajib banget tahu tren tipografi tahun 2023.

Sebab tipografi merupakan elemen penting dari desain yang memengaruhi kesan dan pesan visual dari sebuah karya. Fungsi utamanya yaitu  membuat desain lebih mudah dibaca, menarik perhatian, dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Bahkan, dengan pemilihan tipografi yang tepat, pengguna akan merasakan pengalaman positif secara optimal. Mengerti akan hal pentingya penggunaan tipografi pada desain, RizVisual akan membagikan beberapa tren terpopuler pada 2023.

Tren Tipografi yang wajib diketahui para desainer dan marketer

Tren tipografi
shutterstock_1883190655

Cari tahu yuk, pemilihan jenis huruf terbaik untuk desain kamu yang akan memperkuat pesan visual dan identitas merek, serta meningkatkan pengalaman pengguna dan daya tarik visual.

1. Bold Serif Fonts

Huruf serif dengan garis tebal Serif menjadi tipografi populer pada tahun 2023. Font klasik ini mampu menyampaikan sisi anggun, otoritas dan modern, sehingga menjadikannya sempurna untuk penggunaan merek kelas atas.

Contoh tipografi

  • GT Super Display – font serif dengan gaya modern dan stylish. Font ini memiliki garis tipis dan tebal yang terlihat berimbang, sehingga memberikan kesan elegan namun tetap mudah dibaca
  • Playfair Display – menonjol dengan gaya klasik dan berani, sangat cocok digunakan untuk desain yang ingin memberikan kesan mewah dan elegan.

2. Layered Fonts

Pilihan sempurna untuk menciptakan kedalaman dan dimensi dalam desain. Dengan mengombinasikan layer, gaya, dan warna yang berbeda, para desainer dapat menciptakan tipografi yang unik dan menonjol.

Contoh tipografi

  • Campfire Stories masuk dalam kategori layered font yang menyenangkan dan playful, sangat pas digunakan untuk desain yang berhubungan dengan hal-hal yang ringan dan kreatif seperti poster untuk acara musik atau perayaan.
  • Beaufort: masuk dalam kategori bold serif dan umumnya ditemukan pada desain yang ingin memberikan kesan formal dan profesional, seperti untuk desain logo atau undangan resmi.

3. Variable Fonts

Variable fonts merupakan tren tipografi yang populer dikalangan para desainer. Sebab, mereka dapat berekspresi dan menyesuaikan font ini dalam ukuran yang berbeda. Cocok untuk brand yang ingin menonjolkan sisi konsisten di segala platfrom

Contoh tipografi

    • Recursive – dirancang untuk menghadirkan tampilan futuristik dan inovatif. Font ini juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan banyak situasi desain, karena memiliki gaya huruf yang unik dengan  sentuhan modern.
    • Inter – sangat fleksibel, karena memiliki berbagai gaya huruf yang berbeda. Sehingga tak mengeherankan jika font ini cocok untuk banyak jenis desain, dari tampilan yang simpel hingga yang rumit.

4. Geometric Sans-Serifs

Pada tahun 2023, sans-serif geometrik tetap populer dengan keunikannya, garis bersih yang sederhana namun mampu menyampaikan nilai estetika modern dan minimalis. Karena garis-garisnya yang sederhana dan jelas, font ini sangat mudah dibaca bahkan pada ukuran kecil sekalipun, ideal banget untuk digunakan pada desain web dan mobile.

Contoh tipografi

  • Circular – Disebut “Circular” karena bentuk maupun garisnya terinspirasi dari bentuk lingkaran dan bentuk geometris lainnya. Memiliki tampilan ramping dan elegan sehingga cocok untuk desain modern minimalis.
  • Futura – tipografi klasik serba guna, yang dirancang pada tahun 1927 oleh Paul Renner. Ideal untuk berbagai jenis desain, termasuk iklan, poster, dan tata letak majalah.

5.Custom Fonts

Custom fonts memiliki kelebihan dalam memberikan identitas visual yang unik dan konsisten untuk sebuah brand atau produk. Sehingga tidak heran jika font ini lebih mudah diingat audiens. Dengan menggunakan tipogrfi ini, brand dapat membedakan diri dari pesaingnya dan menciptakan pengalaman yang konsisten untuk audiensnya.

Contoh tipografi

  • Netflix Sans – font yang simpel namun kuat. Memiliki bentuk huruf yang bulat dan lebar, sehingga memberikan kesan yang ramah dan mudah diingat. Bisa digunakan untuk desain modern dan minimalis.
  • Miffy – menonjol dengan tampilan playful dan whimsical, karena memiliki bentuk huruf yang bulat serta garis lembut. Tipografi ini cocok digunakan untuk desain yang ingin memberikan kesan yang imut, lucu, namun tetap menyenangkan

6. Handwritten Fonts

Kelebihan font handwritten adalah memberikan sentuhan personal seperti tulisan manusia pada desain, sehingga memberikan kesan yang lebih ramah dan hangat.

Tipografi ini juga membuat desain terlihat lebih unik dan kasual. Sehingga cocok digunakan untuk proyek desain yang bersifat personal atau casual.

Contoh tipografi

  • Kristen ITC – jenis font Handwritten yang terkesan feminin, elegan, dan romantik. Biasa ditemukan pada desain yang berkaitan dengan kecantikan, mode, dan pernikahan.
  • Bradley Hand: memberikan kesan kasual dan santai, sehingga dapat kamu gunakan untuk desain yang berhubungan dengan gaya hidup, rekreasi, dan hiburan.
  • Notera – menonjol dengan tampilan unik, kreatif, dan eksperimental. Menjadi salah satu pilihan alternatif untuk membuat logo, kartu ucapan, dan undangan.

7. Vintage Fonts

Tipografi vintage dan retro, yang masih populer pada tahun 2023 ini. Secara umum jenis font vintage memiliki tampilan klasik, elegan, dan berkelas. Ideal untuk desain yang ingin menonjolkan kesan unik, menarik, dan memiliki daya tarik visual yang tinggi.

Contoh tipografi

  • Butler – font yang menggabungkan antara gaya serif dan sans-serif, sehingga menghasilkan tampilan yang unik dan elegan.
  • Bodoni – populer untuk digunakan dalam desain cetak, karena font ini memiliki tampilan elegan, halus, dan berkelas.
  • Garamond – font dengan karakteristik yang elegan, ringan, dan mudah dibaca.

8. Animated Typography

Animated typography adalah jenis tipografi yang menambahkan elemen animasi pada huruf atau kata-kata dalam desain, sehingga menciptakan efek gerak yang menarik dan mengundang perhatian seluruh konten desain.

Contoh tipografi

  • Animography – Sebuah font animasi yang didesain oleh sekelompok animator, menawarkan berbagai gaya animasi yang kreatif dan unik.
  • Type Hype – menjadi tipografi unik yangmenampilkan berbagai efek animasi seperti eksplorasi, rotasi, dan transisi.

9. Minimalist Fonts

Salah satu font yang memiliki desain yang sederhana, simpel, dan tidak terlalu rumit. Karakteristik dari font ini adalah garis tipis dan simpel, serta penekanan pada kesederhanaan dalam desain, sehingga mudah dibaca maupun memudahkan saat mengomunikasikan pesan.

Contoh tipografi

  • Avenir -font rancangan Adrian Frutiger pada tahun 1988 ini, memiliki garis-garis tipis dan sederhana, sehingga memberikan kesan modern dan elegan. Sering digunakan dalam desain branding, publikasi, dan iklan.
  • Helvetica -font yang memiliki tampilan simpel namun elegan merupakan rancangan Max Miedinger dan Eduard Hoffmann pada tahun 1957. Memiliki karakteristik garis-garis yang bersih, sehingga cocok untuk penggunaan teks pada majalah, buku, dan website.
  • Montserrat – menonjol dengan garis yang simpel dan tipis, namun memberikan kesan modern yang bersih. Biasa diaplikasikan pada desain website, majalah, dan poster.

Nah, dari infromasi di atas sangat terlihat kalau setiap font memiliki kegunaan dan menghasilkan kesan yang berbeda. Karena itu, pahami secara detail sebelum penggunaannya. Serta pastikan untuk selalu mengikuti tren tipografi terkini agar desain tetap relevan dengan gaya terpopuler.

Temukan semua informasi menarik seputar dunia desain dan marketing hanya melalui blog RizVisual.

Related posts

Unlocking Color Secrets: Panduan Menciptakan Mood Lewat Warna

Cindy Halida

Keajaiban Hex Warna: Pesona di Setiap Kode Warna

Cindy Halida

Cara Mendesain Website yang Praktis Ala Profesional

Cindy Halida

Raster vs. Vector: Pilih yang Cocok untuk Kreativitasmu

Cindy Halida

Kupas Tuntas Infografis, Media Komunikasi Modern yang Efektif

Cindy Halida

5 Trend Design yang Akan Mewarnai 2024

Cindy Halida

3 comments

Mengenal Tipografi Lebih Dekat: Sejarah, Klasifikasi, dan Fungsinya May 5, 2023 at 5:27 pm

[…] terus update seputar dunia desain seperti tren terbaru dan info menarik lainnya , jangan lupa terus nantikan informasi menarik dari […]

Reply
Tips Praktis Membuat Infografis yang Berbicara Lebih Dari Kata May 8, 2023 at 9:03 pm

[…] Pemilihan tipografi sangat memengaruhi audiens saat menerima pesan infografis. Maka itu, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan banyak jenis huruf yang berbeda. Selain itu ukuran huruf yang cukup besar agar mudah dibaca. […]

Reply
10 Contoh Tipografi Simple yang Mencuri Hati - Rizvisual January 24, 2024 at 1:05 pm

[…]  Intip 9 Tren Tipografi yang Mewarnai Dunia Desain di 2023 […]

Reply

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp