ukuran upload foto di shutterstock
shutterstock_2036243834
  • Home
  • Fotografi
  • Wajib Tahu! Ukuran Upload Foto di Shutterstock yang Optimal
Fotografi

Wajib Tahu! Ukuran Upload Foto di Shutterstock yang Optimal

Dalam perjalananmu sebagai kontributor di Shutterstock, penting untuk memahami pedoman dan tips profesional yang akan membantu foto kamu tetap menarik dan diterima oleh platform mikrostok buatan Jon Oringer ini.

Salah satu aspeknya yang harus kamu perhatikan adalah ukuran upload foto di Shutterstock. Untuk memudahkan pemahamanmu, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Ukuran upload foto di Shutterstock

Resolusi Foto

minimal ukuran pixel untuk upload foto di shutterstock
shutterstock_1841845708

Minimal ukuran pixel untuk upload foto di shutterstock adalah sebagai berikut:

  • 4,8 MB: Ukuran file minimal sebesar 4,8 MB berarti foto harus memiliki 2000 piksel lebar dan 2400 piksel tinggi.
  • 3,6 MB : Ukuran file minimal sebesar 3,6 MB berarti foto harus memiliki1200 piksel lebar dan 3000 piksel tinggi.

Ratio Foto

Ratio Foto
Shutterstock- 2263096325

Untuk memberikan hasil foto terbaik untuk setiap penggunanya, Shutterstock memberikan pilihan ratio foto yang beragam.

Ratio foto sendiri mengacu pada perbandingan antara lebar dan tinggi gambar, yang dapat kamu lihat di bawah ini

  • 3:2: Sangat umum dalam fotografi dan digunakan pada kamera DSLR standar. Dengan menggunakan rasio ini, hasil foto akan memiliki keseimbangan visual yang menyenangkan.
  • 4:3: Ukuran ini sangat populer dalam fotografi dan sering ditemukan pada kamera compact dan kamera smartphone.¬†Foto dengan ratio ini memberikan tampilan yang lebih proporsional dan nyaman di mata.
  • 16:9:¬† Populer digunakan dalam konten video dan foto widescreen. Foto dengan rasio ini cocok untuk presentasi dan memberikan pengalaman visual yang menarik.

Selain itu, Shutterstock juga menerima foto dengan ukuran khusus seperti format persegi (1:1). Pastikan kamu memperhatikan ratio yang ditetapkan untuk mengoptimalkan tampilan visual pada platform mikrostok ini.

Extra Tips !

sHUTTERSTOCK cONTRIBUTOR
shutterstock_527722327

Selain memperhatikan ukuran upload foto di Shutterstock, berikut adalah beberapa tips tambahan yang akan membantu kamu meraih keberhasilan sebagai Shutterstock Contributor

Berinovasi dengan Kreativitas

Jangan takut untuk menciptakan foto dengan konsep yang unik dan menarik. Cari ide-ide kreatif, eksplorasi sudut pandang unik, atau temukan perspektif baru menarik. Pendekatan segar ini akan menarik perhatian pembeli dan membuat karya kamu lebih menonjol.

Pilih Subjek Populer

Tetaplah update dengan tren terkini dalam fotografi. Jelajahi situs web, dan platform media sosial untuk mengetahui gaya visual yang sedang populer. Dengan memahami tren maupun keinginan pembeli, kamu dapat menciptakan foto yang relevan serta diminati.

Perhatikan Kualitas

Pastikan setiap foto yang kamu unggah memiliki kualitas yang tinggi dan tajam. Hindari noise berlebihan atau blur yang tidak diinginkan. Sebab, di tengah persaingan industri fotografi, foto-foto yang dengan kualitas tinggi akan menjadi pembeda, serta menarik minat calon pembeli.

Gunakan Pencahayaan yang Seimbang

Pencahayaan yang tepat dapat menciptakan suasana dan efek dramatis dalam foto kamu. Eksplorasi berbagai jenis pencahayaan, mulai dari cahaya alami hingga cahaya studio, untuk menghasilkan hasil yang menarik perhatian.

Fokus pada Detail

Perhatikan detail kecil seperti tekstur, pola, atau ekspresi wajah yang dapat menambah dimensi dan menarik perhatian. Dalam fotografi, detail-detail ini seringkali menjadi titik fokus yang menarik.

Pilih Komposisi seimbang

Eksperimen dengan berbagai komposisi untuk menciptakan tata letak foto yang menarik dan memperkuat daya tarik visualnya. Jangan ragu untuk mencoba sudut, hingga penempatan objek secara kreatif untuk menciptakan hasil yang unik.

Jaga Konsistensi Gaya

Dalam mengunggah hasil fotomu, usahakan untuk tetap konsisten dalam gaya, warna, dan estetika. Hal tersebut akan membantu menciptakan identitas yang kuat untuk portofolio kamu di Shutterstock.

Kembangkan Keahlian Editing

Menguasai keterampilan editing foto dapat memberikan sentuhan khusus pada hasil akhir. Pelajari teknik pengeditan yang relevan untuk meningkatkan kualitas foto tersebut, namun tetap ingat selalu pertahankan  estetika dalam setiap pengeditan.

Terus Mengasah Kemampuan

Fotografi adalah proses pembelajaran yang berkelanjutan. Teruslah mengasah keterampilan dengan mengeksplorasi teknik baru, dan cari inspirasi dari fotografer lain. Semakin kamu berkembang, semakin baik juga keahlianmu untuk menangkap momen yang menarik.

Deskripsi yang menarik

Ketika mengunggah foto, berikan deskripsi yang menarik dan relevan untuk membantu calon pembeli menemukan foto tersebut. Gunakan kata kunci yang tepat namun sederhana untuk menggambarkan subjeknya.

Penggunaan judul dan tag

Selain deskripsi, gunakan judul dan tag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas foto dalam pencarian. Pilih kata kunci yang paling sesuai dengan konten foto untuk meningkatkan peluang ditemukan oleh calon pembeli.

Tinjauan dan rekomendasi

Setelah mengunggah foto-foto, jangan ragu untuk melihat rekomendasi dari Shutterstock atau pengguna lain. Meskipun sederhana hal ini dapat membantu kamu memperbaiki kualitas dan komposisi foto di masa mendatang.

Dengan memperhatikan pedoman ukuran upload foto di Shutterstock dan menerapkan tips tambahan ini, kamu dapat memaksimalkan potensimu sebagai Shutterstock Contributor. Selalu berinovasi, bereksplorasi, dan terus belajar untuk mencapai kesuksesan dalam dunia fotografi.

Related posts

Cara Merubah Aspek Rasio Foto Lewat Sentuhan Ajaib Tool Online

Cindy Halida

Intip 10 Jenis Komposisi Fotografi yang Bikin Hasil Foto Auto Dilirik

Cindy Halida

Ragam Citarasa 15 Menu Takjil Untuk Dibagikan

Cindy Halida

10 Teknik Dalam Fotografi yang Bikin Hasil Foto Melongo

Cindy Halida

Merangkul Masa Depan Fotografi Dengan Deteksi Wajah Online

Cindy Halida

Mengekplorasi Teknik High Speed Fotografi Dari Berbagai Sisi

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp