Keamanan data
shutterstock_1813101946
  • Home
  • Marketing
  • 10 Cara Menjaga Keamanan Data dan Informasi Bisnis Secara Maksimal
Marketing

10 Cara Menjaga Keamanan Data dan Informasi Bisnis Secara Maksimal

Keamanan data bisnis adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Terutama, di era digital yang semakin canggih ini ada beberapa pihak yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan Cyber Hack

Mengerti akan pentingnya data bisnismu, dalam panduan ini, kami akan membagikan langkah-langkah praktis yang dapat kamu terapkan untuk melindungi aset berharga perusahaan.

Mari jelajahi cara mengamankan data dan informasi bisnis

Cara mengamankan data informasi
shutterstock_521382670

Jangan biarkan bisnismu menjadi sasaran. Dengan tindakan yang tepat, kamu dapat mencegah pencurian identitas, pelanggaran privasi, dan ancaman lain yang dapat merugikan perusahaanmu secara serius.

Gunakan kata sandi yang kuat

Cara mengamankan data dari hacker yang efektif, gunakan kata sandi yang kuat dan kompleks untuk akun-akunmu. Kombinasikan huruf besar dan kecil, angka, serta simbol untuk membuat kata sandi yang sulit ditebak oleh orang lain.

Aktifkan otentikasi dua faktor

Dengan memanfaatkan fitur otentikasi dua faktor, kamu menambahkan lapisan keamanan ekstra.

Karena, untuk login tidak hanya membutuhkan kata sandi yang benar, tetapi juga perlu memiliki akses ke perangkatmu untuk mendapatkan kode tambahan tersebut. Dengan demikian, langkah ini secara signifikan dapat meningkatkan keamanan akun dan data bisnismu.

Lindungi jaringan Wi-Fi bisnis

Pastikan jaringan Wi-Fi bisnismu terlindungi dengan baik. Gunakan enkripsi yang kuat dan kata sandi yang kompleks untuk mengakses jaringan. Batasi juga akses hanya kepada orang-orang yang membutuhkannya, di samping juga tetap lakukan pemantauan secara berkala terhadap aktivitas jaringan.

Perbarui software terbaru secara berkala

Jangan abaikan pentingnya memperbarui sistem operasi, aplikasi, dan perangkat lunak di perusahaanmu. Pembaruan ini sangat penting karena seringkali mengandung perbaikan keamanan yang krusial untuk melindungi perangkat dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan memastikan perangkat lunak selalu diperbarui dengan versi terbaru, kamu menjaga sistem agar aman dari Cyber Hack, maupun memperbaiki bug secara maksimal.

Edukasi karyawan

Sediakan kebijakan keamanan data yang jelas di perusahaanmu. Edukasi karyawan mengenai pentingnya menjaga privasi dan keamanan data perusahaan, seperti, menghindari klik tautan atau lampiran yang mencurigakan, serta pastikan untuk menjaga kerahasiaan informasi kredensial.

Lindungi perangkat karyawan

Cara mengamankan data bisnis berikutnya, yaitu dengan menginstall perangkat lunak keamanan yang dapat mendeteksi, mencegah, dan menghapus ancaman yang mungkin menginfeksi perangkatmu. Jangan lupa juga untuk memperbarui perangkat lunak secara teratur untuk memastikan perlindungan yang optimal.

Perhatikan privasi data pelanggan

Data pelanggan menjadi salah satu informasi bisnis yang krusial. Untuk melindunginya, kamu dapat menggunakan enkripsi data, yang akan mengamankan data pelanggan dari pihak luar.

Dengan menerapkan enkripsi ini, data pelanggan akan terlindungi saat berpindah melalui jaringan maupun penyimpanan.

Selain itu, untuk mengurangi risiko akses yang tidak sah, pastikan hanya orang- orang berwenang yang dapat mengakses data krusian ini. Serta, terus perbarui kebijakan privasi sesuai perubahan regulasi yang berlaku untuk perlindungan optimal bagi pelanggan.

Backup data bisnis

Lakukan backup data bisnismu secara teratur dan simpan salinannya di tempat yang aman. Guna, membantu mengurangi risiko kehilangan data akibat serangan malware, kegagalan perangkat keras, atau ancaman lainnya.

Periksa keamanan penyedia layanan

Jika kamu menggunakan penyedia layanan cloud atau pihak ketiga lainnya untuk penyimpanan data atau layanan bisnis, pastikan mereka memiliki langkah-langkah keamanan yang memadai. Verifikasi kebijakan keamanan mereka, protokol enkripsi, dan langkah-langkah perlindungan data yang diimplementasikan.

Hindari mengunduh konten visual sembarangan

Cara menjaga keamanan data bisnis yang lainnya yang perlu diperhatikan adalah dengan menghindari mengunduh konten visual dari sumber yang tidak terpercaya. Konten visual seperti gambar atau foto seringkali menjadi sasaran untuk menyebarkan malware yang berbahaya bagi data bisnismu.

Selalu waspada agar tidak tergiur dengan konten konten yang mengandung risiko keamanan cyber dan pelanggaran hak cipta. Pastikan kamu mendapatkan konten dari sumber terpercaya serta menikmati keamanan maksimal yang datang dari agen resmi Shutterstock di Indonesia.

Shutterstock sendiri adalah platform mikrostok, penyedia gambar berlisensi valid. Sehingga, dengan memiliki lisensi yang resmi, kamu dapat memastikan keaslian maupun keamanan konten visual yang digunakan dalam bisnismu.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kamu dapat meningkatkan keamanan data bisnismu serta melindungi aset digitl ini dari ancaman yang mungkin timbul.

Related posts

Growth Hacking Kunci Menyulap Bisnis Dari Nol Menjadi Hero

Admin Original

15 Tips Profesional Biar Kamu Jago Copywriting Iklan

Admin Original

6 Kesalahan Pada Digital Marketing yang Bikin Bisnis Stuck

Admin Original

11 Cara Menjadi Digital Marketing Profesional

Admin Original

Cara Membuat Email Marketing yang Menarik & Interaktif

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp