kenapa hari senin dibenci
shutterstock_1920798542
Uncategorized

Kenapa Hari Senin Dibenci ? Ini 5 Alasannya & Cara Mengatasinya

Kenapa hari Senin dibenci banyak orang? beberapa penyebabnya karena sulitnya kembali ke rutinitas setelah menikmati akhir pekan dan rasa lelah yang berlebihan.

Hal ini dapat disebabkan karena perubahan yang signifikan dalam aktivitas maupun pola tidur. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya, dengan tips sederhana di bawah ini kamu dapat membuat hari Senin lebih bahagia dan produktif.

Apa penyebab hari Senin Dibenci ?

Kenapa hari senin dibenci
Shutterstock -398844676

Kembali ke rutinitas

Setelah menikmati akhir pekan, kembali ke rutinitas dan tugas-tugas yang menumpuk pada hari Senin akan membuat banyak orang merasa tertekan dan tidak bersemangat. Inilah alasan umum yang menyebabkan hari Senin tidak disukai banyak orang.

Sleep pattern

Ketika hari libur, umumnya orang -orang memiliki kecenderungan untuk bergadang dan bangun lebih siang. Sleep patern di akhir pekan inilah yang mengganggu pola tidur dan mempersulit untuk tidur lebih awal di hari selanjutnya. Akibatnya, pada hari Senin, kita merasa sangat sulit untuk bangun pagi maupun merasa lelah sepanjang hari.

Perubahan mood

Perbedaan suasana hati dan energi kita pada hari Minggu dan Senin yang sangat berbeda, ternyata juga dapat berdampak besar pada kesehatan mental hingga fisik.

Perasaan tertekan dan frustrasi yang memengaruhi produktivitas ini wajar terjadi. Karena pada hari Minggu, kita merasa bahagia setelah menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman, hingga melakukan kegiatan yang disukai. Sedangkan pada hari Senin, kita kembali ke rutinitas pekerjaan yang merupakan kewajiban.

Meningkatnya kortisol

Perubahan mood dan pola tidur menyebabkan hormon stress atau kortisol meningkat pada hari Senin. Selain itu, hal ini terjadi juga akibat rasa tegang dan cemas dalam menghadapi tugas-tugas yang menumpuk setelah akhir pekan yang menyenangkan. Sehingga, tidak heran hormon kortisol meningkat dan sistem kekebalan tubuh juga terpengaruh.

Kurangnya waktu bersantai

Karena banyak orang memiliki jadwal kerja atau sekolah yang padat pada hari Senin, maka tak heran mereka sering merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk bersantai atau menikmati hobi mereka. Sehingga tak heran pada hari Senin rasa lelah datang secara berlebihan.

Apa yang sebaiknya dilakukan di akhir pekan?

Hari minggu
shutterstock_270599726

Pertahankan pola tidur yang konsisten

Menjaga pola tidur yang konsisten dapat membantu tubuh kita terbiasa untuk tidur pada jam yang sama setiap hari. Serta dapat meningkatkan kualitas tidur kita secara keseluruhan, serta membantu tubuh merasa lebih segar di pagi hari. Efeknya lainnya sendiri adalah produktivitas yang meningkat.

Lakukan aktivitas yang membuat bahagia

Definisi bahagia itu beragam, jadi cobalah untuk meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang membuat kamu bahagia di hari Minggu untuk meningkatkan mood serta mempersiapkan tubuh maupun pikiran untuk kembali di hari Senin.

Atur prioritas pekerjaan

Atur prioritas pekerjaan dengan baik dan jangan biarkan tugas-tugas menumpuk di minggu sebelumnya. Untuk mempermudahnya, buatlah daftar tugas yang harus diselesaikan pada hari Senin dan alokasikan waktu untuk menyelesaikannya secara bertahap agar dapat membantu mengurangi stres yang berlebihan.

Beri diri waktu Bersantai

Rasanya sulit bersantai mengingat pekerjaan yang sudah siap menanti. Cobalah mengatasinya dengan tetap memberikan waktu  untuk bersantai dan menikmati waktu yang tersedia. Maksimalkan waktu tersebut dengan aktivitas yang kamu sukai, seperti membaca buku atau menonton film, untuk membantu mengurangi stres maupun memperbaiki mood.

Membuat rencana untuk sepekan

Luangkan waktu di akhir pekan untuk membuat rencana sepekan ke depan. Tuliskan tugas atau proyek apa saja yang perlu diselesaikan, serta deadline dan prioritasnya. Dengan begitu, kamu bisa memulai hari Senin dengan jelas tentang apa yang perlu dilakukan.

Beristirahat dengan baik

Jangan lupa untuk beristirahat pada hari Minggu, dan batasi waktu beraktifitas yang menghabiskan energi berlebihan. Cara ini dilakukan agar kamu memiliki energi untuk memulai hari Senin dengan semangat yang baru.

Menyelesaikan tugas kecil

Selesaikan tugas kecil yang masih tertunda, seperti membersihkan meja kerja atau menyelesaikan email. Hal ini dapat membantu mengurangi stres pada awal pekan.

Terlihat bukan alasan kenapa hari Senin dibenci, terjadi karena beberapa faktor yang terkait dengan mental dan fisik. Namun, jangan khawatir dengan mengikuti tips-tips sederhana di atas, kamu dapat memperbaiki mood dan membuat hari kerja lebih bahagia. Jangan ragu untuk mencoba semua tips ini dan lihat bagaimana efeknya.

Related posts

Shutterstock x Dall – E2 : Ciptakan Gambar Spesifik Hanya Dengan Teks

Admin Original

Tren stock photo paling berpengaruh di tahun 2022 ~ 2023

Riz V

Dall-E2 Teknologi Futuristik yang Mendukung Konten Kreator

Admin Original

15 Kado Valentine yang Romantis & Penuh Makna

Admin Original

16 Ucapan Valentine Bahasa Korea Lengkap (ENG-IND)

Admin Original

16 Tempat Liburan Murah di Jakarta yang Ramah Kantong

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp