Makanan untuk kesehatan otak dan produktivitas
shutterstock_1679593333
Uncategorized

10 Makanan Sehat yang Baik Untuk Kinerja Otak dan Produktivitas

Agar kinerja otak maksimal, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat yang dipenuhi nutrisi penting, seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan. Selain itu, beberapa artikel kesehatan seperti Klikdokter, Alodok, juga menegaskan bahwa mengonsumsi makanan sehat dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi. 

Tapi perlu diingat, meskipun banyak jenis makanan yang baik untuk kesehatan otak, kamu juga harus tetap memilah makanan yang terbaik

Makanan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak

Makanan sehat untuk otak
shutterstock_448110259

Ikan salmon

Kaya akan asam lemak omega-3 sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memperbaiki daya ingat. Untuk mengolahnya kamu dapat membuat ikan salmon panggang, sushi, atau mengonsumsinya secara mentah.

Telur

Kandungan kolin yang tinggi merupakan nutrisi terbaik untuk membangun membran sel dan meningkatkan kinerja otak. Agar tidak bosan mengonsuminya setiap hari, buat ragam kreasi berbeda, seperti telur rebus, telur dadar, omelet maupun dikombinasikan dengan sayuran.

Alpukat

Memiliki asam lemak tak jenuh tunggal, yang sangat baik untuk meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kognisi. Buah ini baik dimakan tanpa tambahan apapun, atau dapat disulap menjadi smoothie, hingga guacamole.

Kacang-kacangan

Memiliki magnesium, vitamin E, dan asam lemak omega-3, kandungan tersebut mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Untuk mendapatkan ketiga nutrisi bermanfaat tersebut konsumsi kacang almond, kacang kenari, kacang merah.

Blueberry

Superfood dengan kandungan flavonoid berperan penting untuk melindungi otak dari kerusakan dan memperbaiki kinerja kognitif. Selain itu di dalam blueberry juga terdapat karotenoid, vitamin C  yang memperlambat proses penuaan. Kamu boleh mengonsumsinya begitu saja, atau mengubahnya menjadi smoothie, hingga mencampurkannya dengan oat.

Dark chocolate

Kaya akan flavonoid, sehingga mampu meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kognisi. Jika suka, konsumsi coklat batangan secara langsung, atau olah menjadi minuman coklat panas, maupun menjadi kreasi kue sehat.

Sayuran hijau

Terdiri atas vitamin K, folat, dan beta-karoten. Kandungan ini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari kerusakan. Dapatkan kandungan tersebut dengan mengonsumsi sayur bayam, kale, dan brokoli.

Teh hijau

Kaya akan katekin, yaitu antioksidan yang melindungi otak, dan efektif meningkatkan konsentrasi serta memperbaiki daya ingat. Beberapa jenis teh hijau yang mudah ditemui misalnya matcha, atau greentea.

Kurma

Makanan yang mengandung nilai religius sekaligus kaya akan serat, vitamin B, dan antioksidan. Kandungannya dinilai  dapat meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja otak. Selain memakannya secara langsung, kamu juga dapat membuat segelas smoothie nikmat dari kurma.

Yogurt

Menjadi salah satu makanan dengan kandungan protein dan probiotik yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kesehatan otak. Di pasaran saat ini terdapat berbagai jenis Yogurt yang sesuai dengan selera seperti Yogurt plain, yogurt buah, smoothie yogurt.

Rekomendasi menu makan pagi, siang dan malam yang menyehatkan 

gambar jenis makanan
shutterstock_2150827021

Jika ingin mencoba kamu bisa menyusun jadwal menu harian seperti di bawah ini, atau mengombinasikan dengan bahan makanan sehat lainnya

Menu makan pagi

  • Oatmeal dengan pisang, kacang almond, dan madu
  • Telur rebus dengan roti gandum panggang
  • Smoothie buah-buahan dengan yoghurt dan chia seed

Menu makan siang

  • Salmon panggang dengan nasi merah dan sayuran hijau
  • Salad ayam dengan kacang almond dan keju feta
  • Sup kacang-kacangan dengan roti gandum panggang

Menu makan malam

  • Nasi merah dengan ayam panggang
  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale 
  • Sup ikan dengan sayuran

Penting untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, tetaplah aktif berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Cara Menikmati Makanan Sehat untuk Otak dan Produktivitas

Jenis makanan sehat
Shutterstock-134773112

Untuk menikmati manfaat maksimal dari makanan sehat bagi otak dan produktivitas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, pastikan untuk mengombinasikan jenis makanan sehat dalam menu makan harian seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan.

Kedua, pastikan untuk minum banyak air. Konsumsi air yang cukup dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memori. Selain itu, juga dapat membantu mengurangi stres serta meningkatkan energi.

Terakhir, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi penting, seperti kacang almond, ikan salmon, biji chia, dan biji labu. Dengan melakukan ketiga hal di atas, maka kamu akan mendapatkan manfaat maksimal setiap harinya.

Alasan Penting Mengonsumsi Makanan Sehat Selain Untuk Otak dan Produktivitas

Turun berat badan
Shutterstock – 525472375

Menjaga kesehatan jangka panjang

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan daging akan membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Meningkatkan energi tubuh

Inilah salah satu alasan kenapa kita harus menjaga makanan yang dikonsumsi. Makanan sehat yang kompleks seperti protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat dapat memberi tubuh nutrisi lengkap yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengontrol gula darah

Sangat penting untuk menjaga keseimbangan gula darah terutama untuk kamu yang mengidap diabetes. Tapi bagi yang memiliki kadar gula normal juga perlu tetap waspada karena rasa lelah dan mengantuk sering terjadi setelah mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Membantu menjaga berat badan

Ingin memiliki berat badan yang ideal? Cobalah memulai hidup sehat. Memang ini bukan satu-satunya cara, karena kamu juga harus mengimbangi dengan olahraga teratur.

Tapi setidaknya setelah mengonsumsi makanan sehat, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat.

Dengan mengetahui alasan-alasan di atas, kamu semakin yakin bukan untuk mulai mengonsumsi makanan sehat. Oh ya, dari kebiasaan baik ini kamu juga bisa mengubahnya menjadi penghasilan loh. Caranya dengan mengambil foto dari menu makanan harian kamu dan  menjualnya melalui platfrom Shutterstock.

Saat mengambil foto jangan lupakan beberapa elemen seperti warna, penggunaan bahan, pencahayaan, serta sudut pengambilan gambar sehingga menampilkan kelezatan makanan yang sempurna. Tambahkan juga dekorasi atau aksen unik untuk menonjolkan foto makanan yang dijual.

Dengan menggunakan elemen foto di atas, kamu akan memiliki hasil akhir berkualitas tinggi dan laris manis saat dijual melalui Shutetrstock, platform raksasa yang menjadi wadah bagi para kontributornya untuk bisa membagikan karya secara mendunia 

Related posts

Cara cepat cari gambar model Indonesia di Shutterstock

Riz V

Kenapa Hari Senin Dibenci ? Ini 5 Alasannya & Cara Mengatasinya

Riz V

16 Ucapan Valentine Bahasa Korea Lengkap (ENG-IND)

Admin Original

Eksplorasi 10 Macam-Macam Hobi yang Menyehatkan Mental

Admin Original

13 Destinasi Liburan Murah di Indonesia yang Bikin Hati Adem

Admin Original

Shutterstock x Dall – E2 : Ciptakan Gambar Spesifik Hanya Dengan Teks

Admin Original

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp