Objek fotografi
  • Home
  • Fotografi
  • Kreatif & Cuan Dengan 10 Objek Foto Alam Hingga Man-Made
Fotografi

Kreatif & Cuan Dengan 10 Objek Foto Alam Hingga Man-Made

Salah satu kesulitan yang terkadang ditemui fotografer adalah kehabisan ide objek foto yang menarik dan otentik. Memang tidak mudah apalagi jika kamu ingin menghasilkan foto dengan nilai jual yang tinggi.

Untuk itu cobalah untuk mencari objek yang sesuai dengan ketertarikanmu atau menggarap yang ada di sekitarmu. Mulai dari teras, tanaman, benda, maupun aktivitas yang sedang berlangsung.

Namun jika kamu masih tetap bingung ide apa yang cocok, berikut ini Riz visual akan memberikan bantuan melalui infromasi terbaik berikut ini

Jenis objek fotografi yang menarik dan bernilai tinggi

Objek foto dapat berupa apapun, namun ada beberapa jenis yang memiliki nilai jual tinggi dapat digunakan sebagai sumber penghasilan.

Pemandangan alam (gunung, air terjun, pantai, sawah, sungai)

Objek Foto pemandangan

Foto pemandangan alam laku dijual karena memiliki beberapa keunggulan dan daya tarik, seperti:

1. Populer

Saat ini, banyak orang yang gemar menikmati dan mempelajari alam, sehingga foto pemandangan alam menjadi populer dari waktu ke waktu.

2. Nilai estetika yang tinggi

Hadir dengan daya tarik estetika yang sangat kuat, seperti keindahan panorama alam dan warna-warni alami yang menyejukan mata. Sehingga bisa dikatakan objek ini bukan saja indah, tapi juga memiliki nilai seni tinggi.

3. Otentik

Keunikan dan karakteristik yang khas akan membuat foto mudah dikenali dan berbeda dengan lainnya.

4.Kebutuhan bisnis

Tahukah kamu kalau perusahaan pariwisata, perusahaan properti, dan media massa memerlukan banyak data untuk memperkuat bisnisnya? karena itu tidak ada salahnya mencoba untuk memulai fotografi dari objek pemandangan.

Dengan alasan di atas, terlihat bukan mengapa foto pemandangan alam memiliki daya tarik yang kuat dan laku saat dijual. Namun, pastikan untuk memilih pemandangan alam yang memiliki kualitas visual yang tinggi, dengan warna, bentuk, serta detail yang menarik

Aneka masakan

Objek foto Mie

Foto makanan memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi di dunia fotografi dengan berbagai alasan berikut:

1.Kebutuhan pasar yang luas

Foto makanan dibutuhkan oleh berbagai bisnis, seperti restoran maupun catering untuk mempromosikan menu baru atau memperkenalkan variasi makanan.

2.Nilai estetika tinggi

Tidak mudah mengambil gambar makanan yang memiliki nilai estetika tinggi. Karena itu cobalah untuk meningkatkannya dengan aneka dekorasi dan tampilan menarik.

3.Menstimulasi selera makan

Setuju nggak sih? foto makanan dapat dikatakan berhasil jika dapat menstimulasi selera makan dan membuat orang tertarik untuk mencobanya.

4. Selalu menjadi tren

Dari waktu ke waktu gambar makanan selalu menjadi primadona di berbagai platform penjualan mikrostok. Sebagai contoh foto makanan sehat, atau makanan vegan, yang memiliki value relevan dengan gaya hidup masa kini.

Meskipun menjadi objek yang laku dijual, kamu harus memastikan untuk menonjolkan kualitas visual yang terbaik, sehingga membuka potensi pasar yang semakin luas.

Foto makro (tumbuhan, serangga, benda kecil)

Objek foto mikro

Dari objek foto yang sudah disebutkan, jenis ini memiliki potensi terbesar di pasaran. Sebab perlu keahlian khusus untuk mengambil gambar. Namun, masih ada alasan lainnya kenapa foto makro laris di pasaran

1.Detail dan unik

Memperlihatkan detail yang tidak terlihat oleh mata manusia, seperti tekstur, bentuk, serta warna. Keunikan inilah yang menciptakan daya tarik berbeda bagi banyak orang.

2. Konsep seni yang menarik

Hadir dengan konsep menarik, yang memungkinkan fotografer untuk mengeksplorasi dengan sudut pandang yang berbeda.

3.Pasar yang luas

Foto makro sangat populer di kalangan fotografer profesional maupun amatir, dan memiliki pasar yang luas. Sehingga dapat dikatakan foto makro menjadi produk yang menguntungkan untuk dijual.

4.Beragam penggunaan

Bukan saja dapat berfungsi sebagai dekorasi rumah, atau kalender. Tapi juga cocok diaplikasikan pada buku, poster, dan banyak lagi.

5.Tingkat Kesulitan

Untuk bisa mengambil objek foto ini perlu keterampilan dan teknik yang tinggi, sehingga membuat foto ini memiliki nilai yang lebih tinggi untuk dijual.

Objek foto ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan dan hal mendetail. Berani mencoba?

Arsitektur (Cafe, restoran, bangunan bersejarah)

Arsitektur

Tahukah kamu foto ragam bangunan dapat menjadi ide objek fotografi yang menarik karena hadir dengan keuntungan ganda

1.Kebutuhan pasar di dunia properti

Berbagai penjual produk atau jasa di dunia bisnis properti, kontruksi, membutuhkan objek foto arsitektur untuk mempromosikan properti baru atau menawarkan jasa desain interior. Di samping itu media massa membutuhkan foto menarik untuk memikat banyak pengguna agar mau untuk mencoba layanan mereka.

2. Unik dan bernilai tinggi

Foto bangunan memiliki nilai estetika tinggi, ditambah adanya desain, arsitektur, dan warna yang apik. Nilai inilah yang membuat setiap objek memiliki keunikan serta karakteristik yang khas.

3. Objek foto populer

Saat ini objek foto cafe, hotel dan restaurant menjadi incaran banyak orang karena keunikannya sehingga dapat menjadi potensi besar untuk dijual.

Untuk memaksimalkan penjualan, kunci utama yang perlu diingat adalah memilih bangunan yang menarik serta ambil foto yang berkualitas tinggi.

Objek foto hobi (hiking, rafting, snorkeling)

Snorkeling

Banyak orang membutuhkan foto hobi atau aktivitas untuk berbagai macam alasan, antara lain:

1.Dokumentasi

Foto dapat menjadi pengingat visual dari hobi atau aktivitas yang dilakukan, sehingga kamu dapat mengingat kembali kenangan di masa depan.

2.Sharing

Dapat digunakan untuk berbagi dengan teman, keluarga, atau melalui media sosial. Cara ini digunakan untuk menunjukkan apa yang sedang kamu lakukan di waktu luang.

3. Kreativitas

Bukan saja menjadi karya seni untuk mengekspresikan hobi atau aktivitas . Tapi, juga berfungsi untuk mencari masukan.

4. Referensi

Jenis hobi ini dapat menjadi referensi bagi orang lain yang tertarik dengan minat yang sama atau ingin memulai aktivitas baru.

Secara keseluruhan, foto hobi atau aktivitas membantu orang untuk mengejar minat, berbagi dengan orang lain, serta meningkatkan kreativitas.

Objek foto fashion dan model (busana, model, makeup)

Foto model

Foto model, busana, maupun make up menjadi salah satu objek yang laris dari masa ke masa, karena alasan yang kuat.

1.Pangsa pasar luas

Dari waktu ke waktu foto model, busana, dan make up selalu dibutuhkan oleh berbagai bisnis, seperti industri fashion, kecantikan, hingga berbagai jenis media beragam.

2. Memikat mata

Foto gaya selalu berhasil menjadi tren populer. Meskipun harus diakui tren ini akan selalu berubah dan karena hal inilah fotografer wajib mengikuti informasi terbaru setiap saat.

3.Berfungsi untuk menjual produk atau jasa

Dengan menghasilkan kualitas visual yang tinggi maka akan banyak pihak industri yang menggunakannya untuk mempromosikan busana baru atau menawarkan jasa make up.

4. Meningkatkan kreativitas

Menjadi salah satu objek yang dapat kamu eksplor sesuai gaya, dan keinginan secara bebas. Sudah tahu dong, kenapa jenis objek ini memiliki daya tarik terbaik sepanjang masa.

Foto keluarga dan bayi (pernikahan, ulang tahun, bayi baru lahir)

Foto bayi

Foto bukan saja cara untuk merekam dan mengingat kenangan, tapi juga memiliki makna yang lebih luas

1.Nilai senitmental

Setiap foto memiliki nilai yang berbeda bagi setiap orang. Misalnya foto ulang tahun dan pernikahan sering dicari karena merupakan momen-momen penting dalam hidup seseorang. Selain itu foto bayi juga sering dicari karena mereka merupakan momen pertama kali dimana seseorang mengalami perubahan besar dalam hidup mereka.

2. Arsip sejarah hidup

Jenis foto ini juga bisa menjadi kenang-kenangan bagi generasi berikutnya dan diingat sepanjang masa.

3. Objek terbaik sepanjang masa: 

Manusia dan momen bahagia selalu menjadi objek foto yang akan selalu dicari untuk berbagai kebutuhan media massa, hingga sosial media.

Makna di atas menjadi alasan kuat mengapa banyak orang yang terus mencari foto-foto di atas.

Foto produk (elektronik, peralatan rumah tangga, produk fashion)

Foto produk kecantikan

Banyak hal yang menjadi alasan mengapa foto produk dapat laku terjual

1.Kebutuhan industri yang beragam

Foto produk berkualitas tinggi dibutuhkan oleh berbagai jenis industri, seperti periklanan, desain, jurnalistik, dan lainnya. Guna merepresentasikan produk, ide, hingga kebutuhan media.

2. Meningkatnya permintaan

Di era digital banyak perusahaan yang membutuhkan foto untuk menjual produk mereka secara digital. Karena permintaan bisnis inilah banyak orang bersedia membayar untuk penggunaan pribadi atau komersial.

3.Dapat dicetak dan disesuaikan

Seringkali foto produk disulap dalam berbagai bentuk, seperti bingkai, mug dan bentuk lainnya yang menarik. Karena alasan inilah objek foto ini tidak pernah lekang oleh waktu.

Namun untuk bisa bersaing dengan lainnya kamu harus menyediakan konten unik dan kreatif, yang nantinya bisa dijual melalui platform raksasa Shutterstock. Melalui platform penyedia gambar raksasa ini, kamu bisa mengubah hobi menjadi cuan. Bahkan membuka peluang baru bagi fotografer untuk mengeksplor diri sesuai gaya dan tujuan.

Objek foto wildlife (binatang liar, burung, reptil)

Objek foto hewan

Banyak alasan mengapa foto hewan laku laris manis di pasaran

1. Popularitas hewan peliharaan

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, hamster, dan lainnya memiliki popularitas tinggi sehingga foto mereka sangat laku saat dijual.

2. Keunikan dan kecantikan

Beberapa hewan memiliki keunikan dan kecantikan yang membuat mereka sangat menarik bagi pembeli. Terlebih foto yang diambil dengan tepat dan terang dapat menunjukkan keindahan hewan tersebut lebih menonjol.

3. Kebutuhan marketing

Foto hewan yang bagus dapat dipergunakan untuk kebutuhan marketing untuk menjual produk atau jasa mereka, hingga menarik perhatian audiens.

4. Dekorasi

Beberapa pelanggan memiliki minat yang kuat untuk membeli foto hewan peliharaan untuk dijadikan sebagai dekorasi atau untuk mengingat hewan mereka yang sudah lama pergi.

Agar laku di pasaran dan menonjol kamu harus bisa menangkap kepribadian hewan yang juga memainkan peran penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah foto.

Foto artis (foto personal, pemotretan untuk media, pemotretan musik)

Foto BTS

Salah satu objek lainnya yang memiliki nilai tinggi adalah foto artis, kok bisa? ini dia alasannya

1.Popularitas Artis

Artis yang terkenal dan memiliki jutaan pengikut memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemar. Foto mereka memiliki nilai koleksi tinggi yang akan terus dicari oleh penggemar.

2. Eksklusivitas

Foto artis yang tidak tersebar luas atau eksklusif memiliki nilai yang lebih tinggi.

3. Moment spesial

Foto-foto artis yang diambil pada saat-saat spesial seperti acara penting, pemotretan, atau momen pribadi memiliki nilai keunikan yang nantinya akan digunakan lebih lama.

4. Nostalgia

Bagi penggemar yang sudah lama mengikuti karir seorang artis, foto-foto masa lalu mereka memiliki nilai nostalgia.

5. Investasi

Beberapa penggemar membeli foto artis sebagai bentuk investasi, karena mereka percaya bahwa harga foto akan naik dengan waktu.

Namun, kembali lagi yang membuat foto tersebut laris di pasaran adalah ketika kualitas yang baik dan memiliki estetika yang menarik.

Setelah mengetahui objek foto yang laris dipasaran, langkah selanjutnya yang harus kamu ambil adalah mengubahnya menjadi cuan. Gimana caranya? gabung aja jadi Shutterstock kontributor dan segera unggah foto-foto tersebut. Buat yang belum tahu caranya lihat melalui link cara daftar menjadi kontributor yang menghasilkan.

 

Related posts

Rahasia Sukses, Cara Menjual Stok Foto yang Menguntungkan

Cindy Halida

Apa Perbedaan Gambar Berlisensi dan Gambar Tanpa Lisensi

Cindy Halida

10 Teknik Dalam Fotografi yang Bikin Hasil Foto Melongo

Cindy Halida

Bongkar Rahasia Foto Produk Baju yang Eye-catching

Cindy Halida

Apa Itu Exposure dan Peran Pentingnya Pada Fotografi

Cindy Halida

10 Pilihan Lensa Kamera yang Menaklukkan Dunia Fotografi

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp