Tips liburan low budget
shutterstock_1316909930
  • Home
  • Fotografi
  • 17 Tips Liburan Low Budget Menyenangkan dan Balik Modal
Fotografi

17 Tips Liburan Low Budget Menyenangkan dan Balik Modal

Setuju nggak sih kalau liburan yang menyenangkan nggak harus mahal? karena dengan perencanaan dan strategi yang bijak kamu dapat menghemat uang saat berlibur dan bahkan bisa balik modal loh! Pasti penasaran gimana caranya? simak langsung tips liburan low budget di bawah ini

Tips liburan low budget tanpa mengurangi keseruan

Tips liburan
shutterstock_1109787200

1. Lakukan riset sebelum berpergian

Memang perlu ya melakukan riset destinasi wisata sebelum berpergian? sangat perlu, karena hal ini akan mempermudah kamu untuk menghitung perkiraan biaya transportasi, akomodasi, dan pengeluaran lainnya. Bahkan strategi ini juga dapat membantu untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

2. Tentukan anggaran dengan bijak

Tips Menabung
shutterstock_1106158253

Sebelum memulai perjalanan, wajib banget menentukan anggaran yang sesuai dengan kantongmu. Hitung semua biaya yang diperlukan, seperti transportasi, akomodasi, makanan, dan aktivitas selama liburan. Setelah itu, cobalah untuk alokasikan sesuai prioritas utama, sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan dana seperlunya.

3. Cari tiket dan akomodasi hemat biaya

Tips liburan low budget berikutnya penting banget, karena biasanya tiket dan akomodasi menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat melakukan liburan. Sangat disarankan untuk mencari kebutuhan liburan ini jauh jauh hari agar bisa mendapatkan harga miring.

Jangan ragu untuk melakukan perbandingan harga melalui platform penjualan tiket atau agen perjalanan sebelum memutuskan untuk membeli. Jika kamu tidak mengutamakan kenyamanan, penginapan seperti homestay dan transportasi dengan fasilitas terbatas dapat menjadi pilihan tepat.

4. Mengambil foto dan menjualnya melalui mikrostok terpercaya

Fotografi
shutterstock_offset_2269896785

Siapa bilang liburan cuma buang buang duit? dengan mengambil foto menarik dan menjualnya melalui platform seperti Shutterstock, kamu bisa menghasilkan penghasilan pasif dalam jangka panjang yang signifikan.

Foto-foto yang sudah kamu upload melalui Shutterstock, tersebut dapat terus dijual dan menghasilkan penghasilan tanpa harus melakukan kegiatan yang berulang. Oleh karena itu, mengambil foto dan menjualnya melalui platform smikrostok bisa menjadi tips liburan low budget dan menguntungkan secara finansial.

Bahkan, dengan mendominasi liburan dengan aktivitas memotret, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk kegiatan yang membutuhkan biaya besar, seperti makan di restoran mahal atau melakukan aktivitas wisata lainnya.

5. Perhatikan waktu perjalanan

Jika ingin lebih hemat saat berlibur, kamu bisa membeli tiket dan menginap di hotel pada hari biasa atau di luar musim liburan. Strategi ini, dapat memangkas biaya yang harus kamu alokasikan untuk tiket dan penginapan. Dengan begini liburan tetap nyaman, hemat dan menyenangkan bukan?

6. Gunakan transportasi umum

Angkot
shutterstock_1309239610

Menggunakan transportasi umum saat liburan dapat menjadi pilihan yang lebih hemat dibandingkan menyewa kendaraan. Dengan menggunakan transportasi umum, kamu dapat menghemat biaya kendaraan dan mengalokasikan anggaran untuk hal- lainnya seperti penginapan, makanan, atau tiket wisata.

Selain itu, kamu tidak perlu membayar biaya parkir yang biasanya cukup mahal, dan tidak perlu repot mencari jalan. Liburan yang efektif dan efisien bukan? Namun, jangan lupa juntuk mempertimbangkan lagi kemudahan mencari trasnportasi umum di tujuan lokasi liburan kamu ya.

7. Carilah makanan dengan harga miring

Bagi sebagain orang, membeli makanan dapat menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat liburan. Entah karena ingin mencoba kuliner lokal, atau ingin memperkaya pengalaman liburan melalui kuliner. Tidak ada salahnya, karena setiap orang punya cara sendiri untuk menikmati liburannya.

Tapi, jika ingin berhemat, kamu bisa menjelajahi tempat makanan dengan harga lebih terjangkau. Dengan strategi ini, tentunya dapat mengurangi pengeluaran makanan dan mengalokasikannya untuk keperluan liburan lainnya.

Selalu pastikan untuk mencari rekomendasi dari penduduk setempat atau membaca ulasan online, sebelum memutuskan tempat makan yang akan dikunjungi.

8. Cari tahu aktivitas gratis atau murah

Pantai
shutterstock_1501512122

Liburan low budget, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas menyenangkan. Karena, masih banyak aktivitas gratis atau murah di sekitar destinasi.

Contohnya, jika berlibur ke pantai, kamu bisa melakukan aktivitas berenang atau berselancar tanpa harus membayar biaya tambahan. Pilihan lainnya, jelajahi sekitar pantai dengan berjalan kaki.

Sementara itu, jika destinasi liburan berada di tengah kota, kamu bisa mengunjungi museum atau tempat wisata lainnya yang menawarkan tiket masuk murah atau gratis. Kamu dapat menemukan semua informasi terbaik melalui dunia maya, maupun meminta rekomendasi penduduk setempat.

9. Berbelanja dengan bijak

Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu hanya karena berada di tempat wisata. Jika ingin membeli barang barang unik, pastikan untuk membelinya dari toko lokal yang menjual dengan harga miring. Jangan ragu juga untuk menawar harga jika berbelanja di pasar tradisional, namun menawar dengan harga sewajarnya.

10. Pergi menjelajah bersama teman

Liburan hemat bersama teman
shutterstock_769512469

Tips liburan low budget lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berpergian bersama teman-teman, yang dapat menghemat biaya transportasi, akomodasi, dan pengeluaran lainnya selama liburan. Alasannya, kamu dapat membagi rata biaya yang dikeluarkan , sehingga mengurangi beban biaya individu.

11. Tips liburan low budget memilih penginapan strategis

Memilih penginapan yang strategis dapat membantu menghemat biaya transportasi selama liburan. Sebab, kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos yang besar untuk mengunjungi objek wisata, dengan begini anggaran transportasi jauh lebih efisien dan terkontrol. Selain itu, kamu dapat dengan mudah menjelajahi sekitar destinasi tanpa harus memakan waktu yang lama.

12. Membeli oleh-oleh dengan bijak

Oleh oleh liburan
shutterstock_offset_1878064747

Membawakan oleh-oleh setelah berlibur, menjadi salah satu budaya orang Indonesia sampai saat ini. Bahkan dapat terbilang, pengeluaran untuk membeli buah tangan lebih besar jika dibandingkan pengeluaran individu itu sendiri.

Oleh karena itu, penting untuk merencanakan anggaran dengan bijak dan mempertimbangkan anggaran yang kamu miliki. Berbelanja dengan cerdas dapat membantu menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

13. Memilih destinasi liburan terdekat

Memilih destinasi liburan terdekat dapat membantu menghemat biaya karena biaya transportasi akan menjadi lebih murah dan waktu perjalanan akan lebih singkat. Sebaliknya, ketika memilih destinasi yang jauh, maka biaya transportasi seperti tiket pesawat atau kereta api menjadi sangat signifikan.

Tak hanya itu, mengunjungi destinasi terdekat dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi, yang mana akan memangkas biaya perjalanan, dan menghemat waktu.

14. Membawa makanan dan minuman sendiri

Botol minum
shutterstock_2156465773

Membawa bekal sendiri menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi pengeluaran lainnya. Cara ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran berlebihan akibat membeli makanan atau minuman di tempat-tempat wisata. Pada saat yang sama, kamu juga dapat mengontrol rasa makanan maupun kualitasnya sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi harian.

Tapi, ingat tidak semua destinasi liburan mengizinkan pengunjung untuk membawa bekal dari area luar, dan karena itu kamu harus tetap mematuhi aturan yang ada.

15. Susun prioritas liburan

Menyusun prioritas liburan dapat membantu liburan kamu lebih efektif dalam perjalanan. Pertama, membantu kamu memprioritaskan tempat wisata yang lebih penting dan sesuai dengan anggaran liburan. Kedua, menghemat biaya karena kamu dapat fokus pada kegiatan yang penting.

16. Hindari pengeluaran impulsif

Budget liburan
shutterstock_1425904178

Sulit memang menghindari godaan untuk membeli barang atau melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak benar-benar kamu inginkan. Namun, untuk mengatasinya kamu dapat membuat prioritas agar dapat mengurangi pengeluaran impulsif yang seringkali menjadi biaya tambahan.

17. Membatasi makan di restoran mewah

Boleh saja jika kamu ingin menikmati sajian di restoran mewah, tapi tetap harus bijak guna menghemat biaya yang dapat dialokasikan untuk pengeluaran lainnya yang lebih penting. Pastikan juga untuk mempertimbangkan anggaran dengan matang agar tidak berlebihan dalam mengalokasikan pengeluaran makanan.

Alternatif lainnya, kamu dapat mengeksplorasi kuliner lokal, yang menawarkan hidangan enak namun harga lebih terjangkau.  Trik barusan dapat membuat kamu tetap menikmati liburan namun tetap hemat.

Shutterstock
shutterstock_2254589801

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bukan saja dapat menghemat biaya liburan dan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Tapi juga mendapatkan penghasilan pasif dengan menjual foto foto melalui mikrostok terpercaya, seperti Shutterstock. Yakin kamu ingin melewaktan kesempatan ini?

Related posts

Kupas Tuntas, Rahasia Nge-Boost Visibilitas Foto di Shutterstock

Cindy Halida

Wajib Tahu! Ukuran Upload Foto di Shutterstock yang Optimal

Cindy Halida

Cara Merubah Aspek Rasio Foto Lewat Sentuhan Ajaib Tool Online

Cindy Halida

19 Kuliner Makanan Khas Indonesia yang Lezat Dan Visual Menawan

Riz V

6 Rekomendasi Lensa Untuk Food Photography Profesional

Cindy Halida

Fakta Tentang AI yang Menyulap Lanskap Pekerjaan dan Peran Profesional

Cindy Halida

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp