Lisensi gambar ini via Westend61 on Offset
Branding

Peran Fotografi Karyawan dalam Sebuah Brand

Summary: 
  • Tingkatkan engagement media sosial, reputasi perusahaan, dan customer relationship. 
  • Tunjukan budaya positif perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Pelanggan lebih cenderung membeli dari brand yang relatable dan memiliki nilai-nilai yang sama.

Kenapa sih kita harus mikirin tentang fotografi karyawan? Dan, apa sih sebenernya itu? Inilah manfaatnya bagi tim kamu.

Sebagai bagian dari apa yang secara luas disebut sebagai branding karyawan, fotografi kerja adalah tentang menampilkan bisnis kamu di luar produk kamu. Artinya menyoroti orang-orang yang melakukan kerja keras. Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis kamu, karyawan berhak untuk diakui, dan audiens menyukai jenis gambar ini. Mengapa?

Ini menambah wajah suatu brand. Atau lebih tepatnya, wajah-wajah. Ini membuka tirai fotografi produk yang sempurna, menyuntikkan emosi, dan menjawab pertanyaan tentang bagaimana memanusiakan suatu brand.

Singkatnya, penting jika kamu ingin membangun hubungan yang lebih kuat dengan orang-orang.

Lisensi gambar ini via Jacob Lund Photography

Apa yang Membuat Fotografi Karyawan Bagus

Baik kamu memilih stok fotografi atau menyewa fotografer, penting untuk memahami elemen fotografi karyawan yang baik.

Gambar-gambar ini akan ditampilkan di situs web perusahaan kamu, bahkan mungkin ditampilkan di media sosial kamu. Jadi, kamu ingin visual yang bagus.

Berikut beberapa tip untuk mengkurasi atau membuat gambar tersebut:

Highlight Engagement Karyawan

Kurangi pengambilan gambar bagian kepala saja dan lebih banyak fotografi gaya hidup kantor. Soroti orang-orang yang sedang bekerja dan berdiskusi. Soroti kolaborasi dan tunjukkan kepada audiens bahwa perusahaan kamu mendorong kerja tim, bertukar pikiran, dan bertukar ide.

karyawan kantor wanita
Lisensi gambar ini via Maskot Images

Konsistensi dalam Gaya

Dalam hal visual, konsistensi selalu menjadi kuncinya. Salah satu dari banyak tips fotografi kantor yang tidak boleh kamu lupakan adalah memastikan gambar kamu memiliki gaya dan tema yang sama. Pertahankan mood dan vibe yang sama.

Jika mereka harus melalui pengeditan, pastikan komposisi, skema warna, dan bahkan filternya sama secara keseluruhan. Kamu ingin gambar-gambar ini saling melengkapi, dan kamu dapat mencapainya dengan tema yang menarik.

karyawan kantor berdiskusi
Lisensi gambar ini via Maskot Images.

Menonjolkan Kepribadian Orang

Elemen lain dari fotografi kerja yang bagus adalah ketika gambar kamu dapat menonjolkan kepribadian karyawan kamu. Mereka mungkin bekerja untuk perusahaan kamu, tetapi mereka tetap menjadi pribadi mereka sendiri.

Biarkan gambar kamu menyoroti hal itu, karena ini akan memberi audiens kamu gambaran yang lebih baik tentang siapa perusahaan kamu daripada apa sebenarnya perusahaan itu.

dua wanita karyawan kantor
Lisensi gambar ini via Jacob Lund Photography

Lisensi gambar ini via Jacob Lund

Mengapa Fotografi Kerja Penting

Ada banyak alasan penting mengapa perusahaan harus berinvestasi dalam fotografi kantor kreatif. Setiap bisnis memiliki reputasi yang harus dibangun, dan visual membantu kamu melakukan hal tersebut.

Visual yang tepat membantu membangun reputasi yang tepat.

Membantu Memanusiakan Brandmu 

Fotografi kantor yang solid memberi tahu orang-orang bahwa brand kamu lebih dari sekadar produk dan penjualan.

Menyertakan foto karyawan di situs web dan postingan media sosial dapat membantu memanusiakan brand kamu dan memungkinkan audiens untuk mengenal brand kamu lebih baik.

Mereka dapat mengetahui sekilas siapa yang mengemas pesanan mereka atau siapa yang membalas komentar mereka di media sosial.

karyawan kantor
Lisensi gambar ini via Westend61 on Offset

Ini adalah Langkah Ramah Media Sosial

Berbicara tentang media sosial, fotografi karyawan juga merupakan langkah yang social media-friendly. 

Salah satu cara terbaik untuk memecah rangkaian gambar produk di media sosial kamu adalah dengan memposting tentang karyawanmu. Perkenalkan mereka kepada audiens dan sampaikan mengapa mereka penting bagi perusahaan kamu.

Gunakan fotografi untuk menyoroti apa yang dilakukan karyawan kamu sehari-hari, dan biarkan gambar kamu mendorong pemilik usaha kecil lainnya untuk terus maju dan terus berusaha.

Lisensi gambar ini via IndiaPix on OFFSET

Membuat Brand Kamu Lebih Relatable

Gambar-gambar ini memudahkan orang untuk membangun relasi dengan brand kamu.

Ini bukan sekadar celana jins atau tas perjalanan atau aplikasi—apa pun produknya. Sekarang, mereka bisa melihat orang-orang yang sama seperti mereka, bekerja setiap hari. Orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap produk yang dijual perusahaan kamu.

Menambahkan elemen keterhubungan ini selalu baik untuk penjualan.

Lisensi gambar ini via Westend61 on Offset

Menampilkan Budaya Perusahaan Anda

Budaya perusahaan adalah nilai dan praktik bersama dalam brand kamu . Ini bukan sesuatu yang ditetapkan oleh manajer atau CEO, melainkan dibangun di dalam perusahaan seiring dengan pertumbuhannya.

Tradisi dan prinsip perusahaan merupakan salah satu hal yang membentuk budaya perusahaan. Dan memiliki gambar yang tepat akan menjadi dasar untuk menampilkan budaya perusahaan Anda secara akurat.

Lisensi gambar ini via Jacob Lund

Menggunakan Foto Stok untuk Fotografi Kantor

Jadi, bisakah Anda menggunakan fotografi stok sebagai pengganti fotografi kerja? Tentu saja! Meskipun menampilkan tim Anda dalam foto-foto tersebut lebih ideal, stok fotografi hadir untuk membantu semua kebutuhan visual setiap bisnis, termasuk fotografi kerja.

Baik Anda merupakan tim jarak jauh dan tidak dapat menempatkan semua orang di tempat yang sama untuk pemotretan tersebut, atau Anda masih tidak yakin bagaimana cara memotret karyawan Anda, stok foto dapat membantu.

Aturan yang sama juga berlaku dalam hal konsistensi gaya. Pastikan foto pilihan Anda memiliki nuansa yang sama, getaran yang sama. Pastikan tema dan skema warna yang sama digunakan di semua gambar. Dan, Anda juga ingin tema dan skema warna tersebut sesuai dengan merek Anda.

Pilih gambar yang menunjukkan inklusivitas dan keragaman, terutama jika Anda memiliki tim yang beragam—Anda tentu tidak ingin memberikan kesan yang salah kepada orang lain. Temukan gambar yang terasa autentik.

Telusuri kata kunci seperti “orang-orang di tempat kerja”, “multietnis di tempat kerja”, dan “kegembiraan di tempat kerja” untuk menemukan gambar yang autentik, penuh emosi, dan sangat dipersonalisasi. Fotografi staf kantor merupakan tema yang natural dan menggema.

Kata kunci ini akan memberi Anda gambar yang menunjukkan seperti apa bekerja di kantor atau studio, dan seperti apa kehidupan kantor dengan rekan kerja yang luar biasa.

Bahkan untuk merek kecil sekalipun, penting untuk menemukan cara untuk memasukkan fotografi ke dalam anggaran. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memanusiakan merek Anda, kuncinya adalah dengan menampilkan orang-orang yang bekerja untuk menjadikan merek Anda seperti sekarang ini.

Artikel ini adalah terjemahan dari artikel asli yang ditulis oleh   :

https://www.shutterstock.com/blog/employee-photography-humanize-your-brand

Related posts

6 Langkah Menghadapi Tantangan Visual Brand di Era Digital

Admin Original

Strategi Jitu Membuat Konten Visual yang Otentik dan Berinovasi

Admin Original

Rahasia Psikologi Warna Dalam Brand Identity

Admin Original

Cara Membangun Identitas Merek yang Kuat Lewat Visual

Admin Original

Tutorial Bikin Brand Style Guide (Plus 10 Inspirasinya)

Admin Original

Jangkau Milenial dan Gen Z dengan Video Berdurasi Panjang

Villda Regina

Leave a Comment

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp