preloader
Cara mengetahui reseller Shutterstock Indonesia yang resmi?

Cara mengetahui reseller Shutterstock Indonesia yang resmi?

  • Hanya ada satu reseller Shutterstock resmi di Indonesia: Riz Visual
  • Membeli Image atau Video lewat reseller/ agen tidak resmi berpotensi melanggar hak cipta
  • Reseller resmi Shutterstock dapat menunjukkan Surat Penunjukan
  • Reseller resmi menawarkan produk Shutterstock dengan harga yang wajar
  • Reseller resmi memberikan License Agreement untuk menjamin pemakaian konten secara legal

Dengan semakin luas dan beragamnya kebutuhan akan konten Shutterstock, banyak individu dan perusahaan yang akhirnya membutuhkan cara transaksi yang lebih fleksible, lebih cepat, lebih hemat dan lebih mudah.

Oleh karena itu, Anda sebetulnya punya pilihan lain untuk bertransaksi selain lewat website Shutterstock. Yaitu lewat reseller Shutterstock yang berlokasi di Indonesia.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa banyak reseller yang beredar bukan merupakan reseller resmi untuk Shutterstock.

Kebanyakan reseller ini menjual konten Shutterstock dengan harga satuan yang murah. Ini memungkinkan karena mereka membagikan quota download yang mereka beli, untuk digunakan orang lain.

Dengan demikian, pengguna yang membeli image atau konten tersebut akhirnya mendapatkan konten tanpa lisensi. Hal ini dapat dianggap sebagai penggunaan hak cipta yang ilegal. Sehingga membahayakan kredibilitas pengguna.

Sampai dengan saat artikel ini ditulis, hanya ada satu reseller yang ditunjuk langsung secara resmi oleh Shutterstock untuk mewakilkan kehadiran mereka di Indonesia. Riz Visual merupakan satu satunya reseller resmi untuk Shutterstock di Indonesia.

Berikut ciri ciri untuk mengetahui apakah Anda bertransaksi melalui reseller yang resmi:

1.Harga produk yang ditawarkan tidak berbeda jauh dari yang tersedia di Shutterstock.com

Harga paket reseller resmi Shutterstock tidak jauh berbeda

Reseller resmi Shutterstock tidak mendapatkan untung dengan mengambil selisih harga dari paket Shutterstock. Sehingga, harga yang ditawarkan pun tidak akan berbeda jauh. Justru dengan pembelian yang berkomitmen lebih tinggi, reseller dapat menawarkan harga discount yang lebih menarik.

2. Dapat menunjukkan surat penunjukan reseller langsung dari Shutterstock

 

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan meminta reseller untuk menunjukkan surat Authorized Partner langsung dari Shutterstock. Pastikan surat tersebut dilengkapi oleh tanda tangan dari pejabat Shutterstock.

Surat ini menjadi bukti bahwa, reseller tersebut berhak untuk menjual produkproduk Shutterstock di Indonesia. Di mana setiap produk yang dijual sudah terjamin ijin penggunaannya.

3. Memberikan Persetujuan Lisensi (License Agreement) dengan Kop Surat Resmi Shutterstock
Contoh Shutterstock License Agreement yang akan diberikan sebelum plan diaktifkan

Setelah pembelian setuju dilakukan, reseller resmi akan terlebih dahulu memberikan License Agreement Shutterstock atau Persetujan Lisensi Shutterstock untuk ditandatangani oleh pihak pengguna dan Shutterststock. License Agreement ini memuat semua jaminan dan batasan penggunaan konten sesuai dengan lisensi yang dipilih.

Dengan demikian Anda dapat lebih tenang dalam menggunakan konten yang Anda download, karena sudah terjamin dan terlindungi hak pemakaiannya.

4. Akses akun (login ID dan password) dikirimkan langsung oleh sistem ke email Anda

Jika Anda bertransaksi dengan reseller yang tidak resmi, maka Anda akan mendapatkan akses login (berupa username dan password) yang diberikan langsung oleh si penjual. Password tersebut biasanya sudah diaktifkan dan tidak dapat diubah. Atau Anda bahkan hanya dapat memberikan kode gambar yang Anda inginkan, kemudian penjual akan mengirimkan file file yang sesuai.

Lewat reseller resmi Shutterstock, Login details berupa password dan username akan dikirimkan langsung ke email Anda lewat sistem Shutterstock. Usernam dan password ini dapat Anda pilih sendiri dan ubah sewaktu waktu. Sehingga keamanan akun Anda lebih terjamin, dan Anda dapat membuktinkan pembelian lisensi dengan menunjukkan Download History yang ada pada akun tersebut.

Meskipun menawarkan harga lebih murah, membeli melalui reseller tidak resmi akan lebih merugikan Anda. Resiko yang harus ditanggung adalah mulai dari tuntutan hukum dari pencipta konten / kontributor, hingga resiko tercemarnya kredibilitas perusahaan.

Dengan membeli lisensi langsung dari reseller resmi Shutterstock di Indonesia, Anda akan merasa lebih tenang karena tidak perlu khawatir untuk menggunakan konten Shutterstock pada keperluan komersil. Khususnya jika image atau video yang digunakan akan dipasang pada media yang tinggi visibilitasnya.

Hubungi kami pada link di bawah ini jika Anda perlu mengklarifikasi lebih lanjut mengenai status Riz Visual sebagai partner resmi Shutterstock.  Anda juga dapat berdiskusi bagaimana Riz Visual dapat memberikan solusi untuk kebutuhan Anda.

Contact Us

Selamat Berkarya!

 

Daniel Riswandi

http://www.rizvisual.com

I help designers and brand managers to get the most comprehensive knowledge about how to use licensed content effectively with secured warranty.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Konsultasi via WhatsApp
Konsultasi via WhatsApp